Ilustrasi One Piece (sumber gambar Twitter One Piece/ Toei Animation)

Jadi Mangaka Terkaya di Dunia, Intip Pendapatan Eiichiro Oda dari Komik One Piece 

26 June 2023   |   15:43 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Mendengar kata komik atau manga, benak seseorang tentu akan melayang pada karya-karya mangaka terkenal seperti Akira Toriyama (Dragon Ball), Masashi Kishimoto (Naruto), atau Aoyama Gosho (Detektif Conan). Namun, sepertinya ada yang terlupa, dia adalah Eiichiro Oda, sosok dibalik karya komik One Piece.

Ya, siapa yang tidak kenal komik petualangan bajak laut Luffy Si Topi Jerami dkk yang kini diadaptasi menjadi anime dan live action itu. One Piece memang telah menjadi salah satu seri manga Jepang yang laris manis di seluruh dunia, bahkan menjadi komik terlaris sepanjang sejarah Shonen Jump.

Baca juga: Profil Eiichiro Oda, Mangaka yang Sukses Menelurkan One Piece

Mengutip Jagran TV, penjualan manga One Piece berhasil mencapai US$20,9 miliar atau senilai Rp327 triliun. Komik One Piece diterbitkan dalam bentuk tank?bon dan telah mencapai volume 106 yang akan terbit pada 4 Juli 2023, sementara adaptasi animenya telah mencapai episode 1066 dan masih terus diproduksi. Tak hanya itu, pada 2022 komik ini bahkan berhasil memecahkan rekor dunianya sendiri dengan penjualan sebanyak 500 juta kopi di seluruh dunia. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Eiichiro Oda (@eiichiro.oda)



Eiichiro Oda, sosok mangaka dibalik serial One Piece juga didapuk sebagai salah satu komikus terkaya di dunia. Mangaka asal Jepang itu memiliki kekayaan mencapai US$150 juta atau sekitar Rp2,3 triliun. Namun, seiring larisnya One Piece, CBR menulis kekayaan lelaki berusia 47 tahun itu diperkirakan meningkat hingga US$230 juta atau senilai dengan Rp3,6 triliun. 

Mengutip One Piece Fandom, sejak masih kecil lelaki kelahiran Prefektur Kumamoto, Jepang pada 1 Januari 1975 itu memang telah bermimpi menjadi sosok bajak laut. Semasa kecil dia bahkan menyukai serial animasi televisi berjudul Vicky the Viking yang juga menceritakan bajak laut. Dari sinilah mimpinya mewujud dalam serial Romance Dawn One Piece.

Terinspirasi sosok Akira Toriyama yang terlebih dulu membuat komik Dragon Ball, Eiichiro Oda lalu menciptakan karyanya sendiri tentang avonturisme bajak laut. Hal ini tentu saja ditambah pengalamannya saat dia menjadi asisten dari seorang mangaka terkenal bernama Nobuhiro Watsuki dengan karyanya, Rurouni Kenshin atau Samurai X.

Terbit pertama kali pada 1997 kisah Luffy beserta krunya dalam mencari harta karun milik raja bajak laut Gold D. Roger sontak memberi kejutan baru bagi penggemar komik di Jepang dan dunia. Setelah berhasil memenangkan penghargaan Tezuka Award dan Hot Step Award, sebuah riset yang dilakukan Oricon bahkan menempatkan Oda sebagai lima besar seniman manga terfavorit sepanjang masa. 

Belum lama ini penerbit asal Prancis, JBE Books juga mencetak ulang seluruh volume One Piece, yang pernah diserialkan ke dalam satu manga terbatas. Dalam prosesnya, JBE  bahkan turut menggandeng ilustrator Ilan Manouach untuk menggarap total 21.540 halaman komik petualangan itu.

Kehidupan pribadi Oda pun cukup menarik. Dia menikahi Chiaki Inaba, seorang pemeran panggung dari sosok Nami di panggung Jump Festa One Piece. Keduanya menikah pada 2004 dan sudah dikaruniai dua orang anak. Namun sepertinya para pencinta serial One Piece juga harus bersabar hingga 10 Juli 2023  karena Oda sedang menjalani operasi mata akibat astigmatisme.

"One Piece akan hiatus dari Weekly Shonen Jump No. 29 ke No. 32, yang akan dirilis minggu depan, karena operasi mata Oda-sensei. Kami mohon maaf karena membuat pembaca kami menunggu," tulis staff Eiichiro Oda dikutip dari akun Twitter @Eiichiro_Staff.

 

SEBELUMNYA

Konser Rex Orange County di Jakarta Bakal Digelar Dua Hari, Cek Cara Beli Tiketnya

BERIKUTNYA

Jelang Libur Sekolah dan Iduladha, Potensi Sektor Wisata Indonesia di Era Endemi Meningkat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: