Diablo IV (Sumber gambar: Blizzard)

Diablo IV Terkena Serangan DDoS, Gamers Keluhkan Server Sempat Down

26 June 2023   |   10:24 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Belum sebulan sejak peluncurannya, Diablo IV, salah satu game hits yang dinanti-nantikan menemui masalah serius untuk pertama kalinya. Server game Diablo IV dinyatakan down dalam beberapa jam. Ini merupakan kasus pertama sejak game tersebut dirilis pada 6 Juni 2023.

Rupanya, serangan DDoS menjadi pemicu gangguan server tersebut. Hingga Senin (26/6/2023), lebih dari 6.300 tweets tentang DDoS menciptakan trending topic di Twitter. Cuitan tersebut datang dari gamers yang mengeluhkan gangguan besar di tengah memainkan game Action RPG ini.

Baca juga: Rilis Besok, Cek Harga & Spesifikasi Game Diablo IV dari Blizzard Entertainment

Sebagian gamers memiliki masalah kesulitan saat login ke dalam game. Beberapanya mengeluhkan timed out saat mencoba masuk ke dalam game. Sementara yang lainnya murka dengan oknum yang membuat serangan siber ini ke server milik Blizzard Entertainment.

Blizzard Entertainment selaku developer dan publisher Diablo IV menerima keluhan tersebut dan memberikan pernyataannya melalui Twitter. “Kami sedang menyelidiki masalah login yang memengaruhi Diablo IV dan berupaya menyelesaikannya secepat mungkin. Pemain mungkin mengalami antrean saat kami menangani masalah tersebut,” jelas Blizzard Entertainment dikutip dari Twitter @BlizzardCS pada Minggu (25/6/2023).
 

Masalah DDoS ini membuat upaya login gagal dan lambat ke dalam game. Gangguan tersebut mempengaruhi server autentikasi Diablo sehingga koneksi ke dalam game cenderung memakan waktu dari pada biasanya. Blizzar Entertainment sudah menyatakan serang DDoS selesai pada Senin (26/6/2023), pukul 00.18 dini hari. Namun sebagian pemain masih merasakan efek DDoS yang tak merata.

Blizzard menyebut sedang aktif dalam menangangi masalah ini hingga akhir. Setelahnya, Blizzard mengumumkan lagi jika serangan DDoS resmi berakhir. Mereka meminta pemain segera mencoba login ke game untuk memastikan gangguan telah usai.  

Apa Itu Serangan DDoS?

 

Ilustrasi serangan siber (Sumber gambar: Markus Spiske/Unsplash)

Ilustrasi serangan siber (Sumber gambar: Markus Spiske/Unsplash)


Melansir Cloudflare, Distributed Denial of Service (DDoS) merupakan serangan berupa upaya jahat untuk mengganggu lalu lintas normal dari server, layanan, atau jaringan yang ditargetkan dengan membanjiri sistem sekitarnya dengan membeludaknya lalu lintas internet.

Serangan ini akan menyusup ke sistem komputer dan jaringan lalu menganggu lalu lintas server. Serangan DDoS dilakukan dengan paduan jaringan yang terhubung ke internet. Jaringannya dihubungkan dengan perangkat IoT yang sudah terkena malware, sehingga penyerang bisa mengendalikan servernya dari jauh melalui bot.

Bot ini akan menerima perintah jarak jauh dari penyerang untuk menyusup ke sistem. Serangan DDoS bekerja dengan membuat bot mengirimkan perintah tertentu ke alamat IP yang ditargetkan. Ini akan membuat server kebingungan dan dibanjiri banyak permintaan, sehingga layanan lalu lintas server tidak bertindak normal sebagaimana mestinya. Ibaratnya, serangan DDoS ini menciptakan sumbatan yang membuat lalu lintas server menjadi macet.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Tayangkan Video Singkat, Teaser Comeback NewJeans Bikin Fans Penasaran

BERIKUTNYA

5 Fakta Terbaru Spy x Family Code: White, Cek Jadwal Tayangnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: