Desainer Lisa Fitria presentasikan 3 look di peluncuran JMFW 2024, Jumat (23/6/2023). (Sumber gambar: Indonesian Fashion Chamber)

Desainer Lisa Fitria Akan Tampilkan Fesyen Muslim yang Terinspirasi dari Kartini

24 June 2023   |   15:25 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Desainer Lisa Fitria akan menampilkan koleksi yang berbeda dengan gayanya selama ini di ajang Jakarta Muslim Fashion Week 2024 pada Oktober 2023 nanti. Meski tetap mengusung gaya heritage dan sporty, kali ini dia akan menyuguhkan karya yang terinpirasi dari Raden Ajeng Kartini.

Untuk koleksi modest fashion-nya, Lisa mengatakan bahwa dia mengambil sudut pandang berbeda dari inspirasi yang kebanyakan menonjolkan perjuangan emansipasi Kartini. Kali ini dia akan mencoba menampilkan karya rancangannya yang terinspirasi dari kehidupan Kartini sebelum dan sesudah menikah.

Baca juga: Jakarta Muslim Fashion Week 2024 Targetkan Indonesia Sebagai Kiblat Modest Fashion

"Koleksi fesyen muslim yang akan ditampilkan di ajang Jakarta Muslim Fashion Week 2024 itu akan berbeda jika dibandingkan dengan gaya yang dimiliki dalam karya yang pernah dibuat. Perbedaan itu berasal dari spirit jiwa Raden Ajeng Kartini yang memiliki karakter anti mainstream," katanya kepada Hypeabis.id pada Jumat (23/6/2023), di Jakarta.

Adapun, koleksinya yang akan datang terdiri dari elemen khas Lisa Fitria yang terdiri dari sarung dan kebaya untuk unsur heritage serta gaya yang sporty, dan tentu saja terlihat berbeda dari yang lain. 

Dia menuturkan latar belakang mengambil inspirasi kehidupan Raden Ajeng Kartini dalam membuat karya berawal dari sebuah program pendampingan pelatihan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang dilakukan Lisa di Rembang, Jawa Tengah.

Selama menjalani program di Rembang sepanjang dua tahun, Lisa berkesempatan untuk menyelami kisah kehidupan pahlawan wanita yang disebut sebagai pejuang emansipasi wanita itu melalui Museum Raden Ajeng Kartini.

Museum itu menampilkan perjalanan hidup sang tokoh sejak masih gadis hingga setelah menikah dan berkeluarga. Tidak hanya itu, museum ini juga mengingatkan kita akan perjuangan, karakteristik, dan sifat Kartini semasa hidupnya. "Itu yang menjadikan saya mesti mengangkat dia dengan karakteristik yang beda," katanya.


EUFORIA SEPA KBOLA

Dalam peluncuran Jakarta Muslim Fashion Week 2024 di Jakarta, Lisa menampilkan tiga look yang terinspirasi dari euforia sepak bola beberapa waktu belakangan, baik dari Piala Dunia 2022 sampai dengan momen FIFA Matchday antara tim nasional Argentina melawan Indonesia.

Rancangan terbarunya memiliki gaya sporty karena mengangkat tentang bola. Karya-karya itu terdiri dari seperti jaket dan kemeja yang di mix and match dengan gaya modest wear. Dia menambahkan, presentasi yang dilakukannya juga memberikan panduan kepada para pencinta mode di dalam negeri yang hendak tampil anti mainstream dengan gaya modest wear.

"[Desain] ini memberi tahu cara berpakaian mix match. Banyak orang punya jiwa seperti itu tapi malu atau bingung cara mix match. Ini saya kasih inspirasi. Mix match-nya, padu padannya seperti ini gayanya sporty," katanya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jakarta Muslim Fashion Week 2024 Targetkan Indonesia Sebagai Kiblat Modest Fashion

BERIKUTNYA

Bursa Seni Art Moments Bali Libatkan 100 Seniman dari 15 Galeri Seni di Dalam & Luar Negeri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: