Ilustrasi senam. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

4 Lagu dari Indonesia Timur yang Populer Sebagai Pengiring Senam

23 June 2023   |   12:21 WIB

Senam irama atau senam ritmik merupakan salah satu jenis olahraga paling mudah yang bisa dilakukan semua orang, mulai dari anak sekolah hingga orang dewasa usia lanjut. Selain gerakannya yang tidak menggunakan banyak alat, senam irama sesuai namanya diiringi dengan musik gembira yang membuat semangat.

Untuk melakukan senam irama, gerakan yang dilakukan mengacu pada ketukan irama musik. Dalam beberapa set senam irama juga secara khusus dibuat agar temponya menyesuaikan dengan tubuh dalam urutan pemanasan, olahraga utama dan pendinginan.

Baca juga: Cek Manfaat Senam Aerobik yang Enerjik, Bisa Bakar Kalori Hingga Bikin Badan Ideal

Senam ini juga dapat dikategorikan sebagai salah satu jenis tari gerak. Para penggerak senam irama tentu harus menguasai irama dan gerakan yang dilakukan agar tiap gerakan menyerupai gerakan tari yang selaras. Dalam senam irama membutuhkan panduan dan pola-pola yang harus dikuasai seperti kesesuaian gerakan, keseimbangan, serta ketepatan dengan irama, dan lain-lain.

Genhype juga mungkin mengenali bahwa di Indonesia, lagu pengiring senam irama seringkali menggunakan lagu-lagu riang dari Indonesia Timur.  Bagi masyarakat Indonesia Timur, gerakan dan lagu-lagu ini merupakan alunan yang wajib atau tradisi yang selalu ada disetiap kegiatan baik itu olahraga maupun acara kebudayaan.

Hal ini tentu menjelaskan bagimana sejati masyarakat Indonesia bagian timur akan kecintaan terhadap budaya lewat lagu dan tarian. Bahkan, sebagaian besar gerakan dalam senam populer merupakan sebagai dari gerakan tarian daerah.  Meskipun terdapat banyak modifikasi gerak sebagai bentuk kebaruan, cara ini tetap menjadi langkah pelestarian tarian dan lagu daerah.

Masyarakat Indonesia bagian timur memiliki ciri khas menampilkan rasa senang dan bersyukur, serta kebahagian lewat gerak tubuh yang meriah dan bersemangat. Selain itu tentu senam irama ini diberikan dan dibagi bagi masyarakat luas bahkan semua dan menarik untuk dicoba.

Berikut ini daftar lagu populer yang sering digunakan dalam senam irama serta beberapa contoh gerakan yang bisa kalian ikuti di rumah:


1. Ge Mu Fa Mi Re (Senam Maumere)

 

Lagu Gemu Fa Mi Re sudah menjadi fenomena sejak 2012 hingga kini. Pencipta lagu tersebut adalah Frans Cornelis Dian Bunda, atau akrab disebut Nyong Franco, yang berasal dari Maumere, Nusa Tenggara Timur. Senam Maumere merupakan jenis senam irama yang dilakukan secara enerjik dalam suasana ceria dan gembira.

Senam Maumere dapat dilakukan dengan tiga gerakan dasar, yaitu: bergerak ke kiri atau ke kanan sesuai dengan lirik lagu dan membuat gerakan berputar. Gerakan energik lainnya adalah mengangkat tangan ke atas dengan gerakan kaki yang lincah. Kemudian lakukan gerakan memutar dari kanan ke kiri sesuai dengan irama lagu Maumere, sembari mengangkat kedua tangan ke atas secara bergantian sesuai irama lagu.


2. Poco-Poco (Senam Poco-Poco)

 


Senam poco-poco adalah bentuk senam yang berasal dari Manado. Mulanya, poco-poco adalah sebuah tarian tradisional yang dilakukan di daerah Manado, Sulawesi Utara. Seiring berjalannya waktu, poco-poco bertransformasi menjadi senam yang disertai dengan musik khas Manado.

Irama yang enerjik membuat senam poco-poco ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pada awal 2000-an, senam poco-poco mengalami popularitas yang pesat di mana hampir semua orang di Indonesia mengenal dan bisa melakukannya.

Meski senamnya berasal dari Manado, lagu Poco-Poco merupakan lagu berbahasa daerah yang dinyanyikan oleh penyanyi asal Maluku, Yopi Latul, dan diciptakan oleh Ferry Sapulette.


3. Tobelo (Senam atau Goyang Tobelo)

 

Goyang tobelo atau Hioko Tobelo II diciptakan oleh Kelvin Fordatkosu kelahiran Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Kelvin merupakan penyanyi yang mengusung genre hip-hop, pop, R&B soul Ambon Manise. Lagu Hioko Tobelo II mengandung makna yang cukup dalam, yakni tentang kerinduan seorang anak rantau terhadap tanah kelahirannya nan permai, Tobelo.

Dengan cepat, lagu ini merebak ke berbagai daerah di luar Maluku Utara, terutama di Papua, Ambon, dan Manado. Goyang Tobelo bahkan kerap menjadi tarian yang dilombakan dalam berbagai kesempatan.
 

4. Goyang Maju Mundur Kiri Kanan

 


Lagu terbaru yang mulai naik dan menjadi salah satu lagu populer saat senam di Indonesia timur ini yaitu Lagu Goyang Maju Mundur Kiri Kanan ciptaan Ryan JN yang berasal dari Daerah Nusa Tenggara Timur. Lagunya yang enerjik dan ceria dengan tanpa perlu waktu lama sudah banyak digunakan oleh para instruktur senam untuk menciptakan gerakan olahraga senam yang penuh semangat

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Fakta Menarik Webtoon Pasutri Gaje yang Akan Difilmkan

BERIKUTNYA

Pasangan Perupa Isabel dan Alfredo Aquilizan Gelar Pameran Survei Besar di Museum MACAN

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: