Simone Biles (Dok. Simone Biles/Instagram)

Demi Kesehatan Mental, Pesenam AS Simone Biles Mundur di Final Gimnastik Olimpiade Tokyo

28 July 2021   |   20:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Pesenam Amerika Serikat Simone Biles mengejutkan publik dengan keputusannya untuk meninggalkan pertandingan final  beregu putri cabang olahraga gimnastik di Olimpiade Tokyo 2020. Keputusan itu diambil setelah Biles mengakui bahwa dirinya mengalami ketakutan dalam situasi penuh tekanan tinggi.

Melansir dari The Guardian, dalam sebuah konferensi pers di Pusat Senam Ariake pada Selasa (27/7/2021), Biles dengan tegas mengungkapkan kondisi mentalnya akan makin memburuk jika dia tetap melaju dalam pertandingan final untuk memperebutkan medali emas.

Petenis berusia 24 tahun itu sebelumnya diperkirakan akan tampil habis-habisan dalam pertandingan final, tetapi Biles justru mengejutkan publik ketika dia memberi tahu kepada pelatihnya bahwa dia tidak bisa melanjutkan pertandingan. “Saya tidak ingin melakukannya. Saya selesai,” ungkapnya.

Walhasil, tiga anggota tim AS yang tersisa terpaksa tetap melaju ke babak final tanpa Biles yang berhasil memenangkan medali perak setelah kalah dari tim Rusia dan medali perunggu diraih oleh tim dari Britania Raya.

Keputusannya itu juga didukung sepenuhnya oleh sang pelatih. Biles mengatakan bahwa pelatihnya mengetahui kondisi mentalnya dan mendukung penuh keputusannya untuk lebih mengutamakan kesehatan mentalnya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Simone Biles (@simonebiles)


Selain itu, Biles juga mengungkapkan bahwa selama ini dirinya telah berjuang dengan tuntutan atlet gimnastik paling terkenal di AS bahkan dunia yang telah melekat pada dirinya. Tetapi tekanan Olimpiade dan tantangan Covid-19 membuat dirinya akhirnya menyerah.

“Saya tidak percaya diri seperti dulu. Saya tidak tahu apakah itu faktor usia atau saya merasa lebih gugup ketika melakukan senam,” jelasnya.

Biles juga mengatakan bahwa pada olimpiade kali ini, dia tidak merasa menikmatinya. Dia ingin melakukan pertandingan untuk kesenangan dirinya sendiri, tetapi nyatanya hal itu tidak terjadi sehingga dia merasa melakukannya untuk orang lain. 

“Saya sakit hati ketika tahu bahwa melakukan apa yang saya sukai tetapi untuk menyenangkan orang lain. Saya ingin fokus pada kesejahteraan saya. Ada kehidupan yang lebih dari sekadar senam,” tandasnya.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Suka Baca Buku Berbahasa Inggris? Wonwoo SEVENTEEN Rekomendasikan 5 Judul Ini

BERIKUTNYA

Coach Luncurkan Kampanye Musim Gugur 2021 Dibintangi Jennifer Lopez dan Michael B. Jordan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: