Ilustrasi operasi katarak (sumber gambar : KMN Eye Care)

Katarak Bukan Hanya Menyerang Orang Tua, Yuk Kenali Gejalanya

22 June 2023   |   13:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu penyakit mata yang banyak dikeluhkan terutama oleh mereka yang telah memasuki usia lanjut adalah katarak. Penyakit ini dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Apabila dibiarkan, katarak dapat menyebabkan seseorang kehilangan penglihatan secara permanen. 

Selama ini katarak identik dengan penyakit orang tua, tetapi bukan berarti orang yang lebih muda bisa terhindar dari katarak loh Genype. Nah, untuk itu penting bagi kita mengetahui gejala katarak agar tetap selalu waspada menjaga kesehatan mata kita.

Baca juga: Kenali Faktor Risiko Penyebab Katarak

Gejala Katarak yang Patut Diwaspadai

Seringkali pada tahap awal katarak, penderita tidak menyadari bahwa matanya sudah mengalami katarak. Penderita mungkin menganggap bahwa penglihatannya kabur karena terdapat gangguan seperti debu atau masalah perubahan refraksi atau ukuran kacamata dan sebagainya. 

Dokter spesialis mata dari Klinik Mata Nusantara  Maria Magdalena Purba mengatakan pada tahap awal katarak, biasanya kekeruhan hanya terjadi pada sebagian kecil dari massa lensa. Seiring berjalannya waktu ketika derajat katarak akan semakin parah yang ditandai dengan lensa yang bertambah keruh, keras dan tebal, sehingga menutup sebagian besar bahkan semua bagian lensa mata sehingga membuat penglihatan bertambah buram.

Menurutnya, katarak dapat memengaruhi salah satu atau kedua mata. Gejala katarak yang paling umum dirasakan oleh penderita, meliputi:

1. Penglihatan Menjadi Kabur

Seiring berkembangnya katarak, penglihatan seseorang akan menjadi kabur seperti berkabut. Semakin parah derajat katarak, semakin buruk pula tajam penglihatan.

2. Lebih Sensitif Terhadap Cahaya

Orang yang menderita katarak mungkin merasa lebih sensitif terhadap cahaya terang. Cahaya terang dapat menyebabkan silau dan ketidaknyamanan di mata.

3. Terjadi Perubahan Warna pada Objek yang Dilihat

Katarak dapat menurunkan sensitivitas kontras sehingga warna yang biasanya terlihat terang dan cerah mungkin tampak lebih kusam atau pudar.

4. Penglihatan ganda

Beberapa orang dengan katarak mungkin melihat objek ganda.

Maria mengatakan, katarak yang dibiarkan dan tidak diobati dapat menyebabkan terjadinya kebutaan permanen. Sejauh ini, belum ada obat-obatan yang terbukti efektif untuk mengatasi katarak. Pengobatan yang sudah terbukti untuk mengatasi katarak adalah melalui operasi katarak. 

"Operasi katarak adalah prosedur yang dapat membantu mengembalikan penglihatan yang hilang karena katarak. Selama operasi, lensa yang keruh karena katarak akan diangkat dan diganti dengan lensa buatan," tuturnya.

Ada beberapa metode operasi katarak yang kini berkembang, salah satunya adalah menggunakan teknologi fakoemulsifikasi. Lensa yang mengalami katarak akan dipecah menjadi partikel-partikel kecil terlebih dahulu, kemudian disedot keluar dari mata hingga bersih.

Teknologi fakoemulsifikasi membuat pasien yang menjalani operasi katarak merasa nyaman dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Selain teknologi, peralatan dan bahan habis pakai (BHP) yang digunakan juga selalu berkualitas tinggi. Pada prosedur operasi katarak, KMN EyeCare menggunakan lensa intraokular dari perusahaan kelas dunia seperti Alcon, Johnson & Johnson dan Zeiss.

Dia menjelaskan tindakan operasi di KMN EyeCare, pasien akan mendapat pendampingan dari dokter spesialis anestesi. Selain itu, pihaknya juga menerapkan standar yang tinggi untuk proses sterilisasi alat sehingga menjamin seluruh proses yang dilakukan berjalan aman dan nyaman.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

6 Informasi Penting Game Final Fantasy XVI yang Rilis Hari Ini

BERIKUTNYA

Eksklusif Profil Jim Supangkat: Membaca Peta Seni Rupa Dunia Setelah Satu Abad Gagal Paham

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: