Ilustrasi persiapan sebelum liburan keluarga. (Sumber gambar: Lifestylememory/Freepik)

5 Persiapan Sebelum Berangkat Liburan Sekolah

20 June 2023   |   21:27 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Musim libur sekolah telah tiba. Ini menjadi waktu yang tepat untuk menikmati momen bersama keluarga dengan berlibur ke tempat wisata atau menikmati sejenak suasana di kampung halaman. Namun demikian, situasi ini bisa menjadi tantangan apabila tidak direncanakan dengan matang. 

Berlibur dengan si kecil tentu memerlukan banyak persiapan. Selain harus memikirkan transportasi dan akomodasi, orang tua harus menjaga mood mereka yang mudah sekali berubah. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Destinasi Wisata untuk Mengisi Libur Sekolah & Iduladha

Nah, agar liburan keluarga menyenangkan, berikut beberapa kiat yang perlu disiapkan.  
 

1. Riset

Ya, langkah pertama yang perlu ayah atau bunda lakuka yakni riset. Mulai dari tempat yang ingin dituju, bagaimana keadaan di sana, hingga fasilitas apa yang nanti diperlukan. Dengan melakukan riset secara seksama, Genhype bisa meminimalisasi ketidaknyamanan saat berlibur dengan keluarga.  

Kalian juga bisa membandingkan berbagai moda transportasi yang akan dipilih untuk liburan. Cek harga tiket pesawat, kereta api, dan hotel, lalu pesan sesuai dengan anggaran liburan.

Saat ini sudah ada peningkatkan transaksi tiket pesawat, kereta api, dan hotel ke beberapa destinasi domestik loh. Jadi, jangan sampai kehabisan tiket ya Genhype. 
 

2. Cek Promo 

Supaya biaya liburan sekolah lebih hemat, coba deh cek beragam promo yang dihadirkan ragam aplikasi jasa akomodasi, transportasi, bank, hingga e-commerce. Tidak jarang sejumlah platform itu menyediakan promo atau voucher hotel, vila dan apartemen, tiket pesawat, hingga berbagai tiket tujuan wisata serta atraksi, baik di Indonesia maupun luar negeri.


3. Siapkan Aktivitas Menyenangkan

Sebelum liburan bareng si kecil, orang tua harus merencanakan aktivitas yang menyenangkan bareng mereka. Sebagai contoh, ketika liburan ke pantai, kalian bisa menyiapkan perangkat permainan untuk membangun istana pasir. 

Apabila memilih wisata alam seperti berkemah, jangan lupa untuk membawa mainan favorit mereka. Ayah atau bunda juga bisa mengajak si kecil berkeliling mengenali satwa maupun fauna yang ada di sekitar kemah. Biasanya pengelola wisata menyiapkan paket-paket termasuk kegiatan menarik dan seru.
 

4. Jaga Stamina

Menjaga kesehatan sebelum dan selama liburan merupakan hal penting untuk diperhatikan. Pasalnya liburan biasanya ditempuh dalam jarak yang jauh dan melibatkan aktivitas fisik yang intens. 

Apabila kondisi badan sedang tidak fit, tubuh akan mudah lelah, terjangkit penyakit dan akhirnya tidak bisa menikmati liburan dengan maksimal. Agar tubuh tetap fit dan stamina tetap terjaga selama masa liburan sekolah, jangan lupa konsumsi makanan dengan gizi seimbang, olahraga teratur, dan minum vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh ya, Genhype.


5. Lunasi Tagihan

Biar gak badmood tiba-tiba kena denda atau listrik, internet, TV kabel dan air di rumah mati ketika pulang liburan, jadi jangan lupa bayar tagihan atau iurannya ya sebelum kamu berangkat liburan.

Pastikan juga kalian telah membayar angsuran kredit, premi asuransi, properti, hingga BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan. Genhype bisa memanfaatkan fitur yang disajikan marketplace untuk membayarkannya sekaligus. Jadi, kalian enggak perlu repot membayarnya satu per satu. 

Baca juga: Ini Cara Rencanakan Liburan Hemat Tanpa Ribet

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

223.217 Orang Lulus Jalur SNBT 2023, Cek 10 PTN Penerima & Pendaftar Terbanyak

BERIKUTNYA

Prodi Terketat SNBT 2023: Ilmu Komunikasi Makin Padat, Jurusan IT Mendominasi Persaingan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: