Andhika Pudjiadi adalah ilustrator di balik zoom art bertema Disney Princess (Sumber gambar: Kemenparekraf)

Simak Cerita Andhika tentang Karya Zoom Art yang Diapresiasi Disney Studio

20 June 2023   |   15:29 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Andhika Pudjiadi merupakan ilustrator di balik zoom art bertema Disney Princes yang digunakan untuk promosi film Disney berjudul Little Mermaid yang dirilis di media sosial. Karya zoom art ini menunjukkan bahwa talenta Indonesia dapat memenuhi standar global.

Andhika menuturkan bahwa keberhasilan karya zoom art yang diapresiasi oleh Disney Studio itu berawal dari kegiatan zooming art dengan tema Disney Princess ketika pandemi Covid-19 melanda di dalam negeri .

Baca juga: Mengenal 6 Saudara Ariel di The Little Mermaid, Putri Raja Triton yang Menjaga 7 Samudera

Pemilik gelar Electrical Engineering di University of Washington itu kemudian mengunggah karya-karyanya di media sosial dan menjadi viral. Salah satu video yang viral berjudul Tangled dan mendapatkan 46 juta views di TikTok dan Instagram Reels.

"Dari situ mereka [Disney Studios] notice dan ketika trailer Little Mermaid keluar, mereka menawarkan untuk membuat zoom art," katanya dalam rilis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Gercep menangkap kesempatan yang datang, dia pun menerima tawaran itu. Singkat cerita, sponsored zoom art The Little Mermaid live action yang diunggah di media sosial Andhika juga diunggah di Instagram Disney Studio.

Dia berharap karya yang dibuat dapat menginspirasi banyak orang, terutama para pelaku ekonomi kreatif di Tanah Air agar terus mengasah kemampuan. Menurutnya, bakat yang dimiliki harus ditopang dengan kerja keras. "Ini tidak lahir hanya dengan talenta, harus dengan kerja keras juga,” katanya.

Dia mencontohakan bahwa dirinya mengambil sekolah seni selama satu tahun. Namun, terus belajar sendiri selama bertahun-tahun. Selain Disney Studio, karyanya juga telah mendapatkan apresiasi dari Netflix dan HBO.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi Andhika Pudjiadi yang membuat zoom art dengan tema Disney Princess dan diapresiasi Disney Studio sebagai salah satu materi promosi film Little Mermaid di media sosial.

Menurutnya, apresiasi dari Disney Studio itu menunjukkan bahwa talenta ekonomi kreatif di dalam negeri sangat tinggi dan memiliki kualitas yang dapat disejajarkan dengan standar global, khususnya generasi muda. "Kemenparekraf siap merangkul untuk mendorong karya-karya Andhika semakin dikenal," katanya.

Baca juga: Jadi Kontroversi, Ini Alasan Utama Disney Pilih Halle Bailey Jadi Ariel The Little Mermaid

Dalam akun Tiktok resminya, Little Mermaid bukan satu-satunya film yang dibuat zoom art oleh Andhika. Dia juga terlihat membuat Thor zooming art, Pokemon, The Last of Us, Redfall, dan sebagainya.

Bahkan, Andhika pernah membuat zoom art berjudul National Gallery Singapore. Saat ini, unggahannya di Tiktok yang mendapatkan views paling tinggi adalah berjudul Tangled, yakni mencapai sebanyak 30,2 juta.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Smartphone Terbaik Semester Pertama 2023 versi AnTuTu, Red Magic 8 Pro+ Geser Mi 13

BERIKUTNYA

Menengok Gedung Baru Sony Music yang Punya Teknologi Dolby Atmos Terkini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: