Lee Soo Man (dok: SM Entertainment)

Bos SM Entertainment Berikan Apartemen Mewahnya ke Jurnalis, Ada Apa?

23 July 2021   |   14:32 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Lee Soo-man, pendiri agensi K-Pop papan atas SM Entertainment dilaporkan telah memberikan apartemen mewahnya kepada seorang jurnalis yang bekerja untuk sebuah perusahaan media Amerika Serikat.

Melansir The Korea Times pada Jumat (23/7/2021), jurnalis yang dimaksud adalah seorang wanita Korea berusia 52 tahun yang sudah menjalin hubungan dengan Lee sejak 5 tahun terakhir. Lee yang usianya kini 69 tahun sudah menikah pada 1984 silam, tetapi sang istri sudah wafat pada 2014 akibat penyakit kanker usus yang dideritanya.

Nama wanita yang menjalin hubungan dengan Lee dan perusahaan tempat dia bekerja belum diidentifikasi. Dia dilaporkan telah bekerja sebagai koresponden Seoul untuk media asing selama lebih dari 20 tahun dan meliput berita di seluruh wilayah Asia, termasuk berita K-pop.

Hadiah Lee adalah suite di sebuah gedung apartemen vila bernama Sangji Ritzville Caelum di daerah Cheongdam Distrik Gangnam Seoul, menurut laporan lokal. Suite adalah properti seluas 248 meter persegi senilai 3,89 miliar won (US$ 3,38 juta) ketika Lee membelinya pada tahun 2015. Nilai apartemen telah meningkat menjadi 4,9 miliar won pada Mei lalu.

Salah satu ikon musik pop Korea, Cho Young-nam, yang menikmati masa kejayaannya dari tahun 1970-an hingga 1990-an, dan putra dari ketua konglomerat besar, Grup LG, Koo Bon-joon, juga memiliki suite di gedung apartemen itu.

Apa yang dilakukan oleh Lee tentunya menjadi sorotan banyak pihak, karena penerima apartemen itu menyandang status sebagai seorang jurnalis. Berdasarkan aturan hukum yang berlaku di Korea Selatan, seorang jurnalis otomatis dinyatakan telah menerima suap atau gratifikasi apabila menerima uang atau benda dengan nilai lebih dari 1 juta won.

Terlebih Lee bukanlah orang sembarangan, dia adalah salah satu agensi hiburan terkemuka di Negeri Ginseng. Tentu bakal banyak pihak yang mengira ada sesuatu yang berupaya ditutup-tutupi mengenai perusahaan miliknya.

SM Entertainment sendiri sudah memberikan pernyataan bahwa pemberian apartemen kepada jurnalis wanita yang dilakukan oleh Lee tak ada kaitannya dengan perusahaan. Agensi itu juga menyatakan bahwa mereka tidak pernah mencampuri pengelolaan keuangan pribadi Lee.

Apa yang dilakukan oleh Lee juga dinilai tidak melanggar hukum. Karena undang-undang yang mengatur tentang gratifikasi atau pemberian hadiah kepada jurnalis tidak berlaku untuk semua jurnalis. Aturan tersebut hanya berlaku bagi jurnalis yang bekerja untuk perusahaan media dalam negeri, alih-alih berlaku juga untuk jurnalis dari media luar negeri. 

Oleh karena itu, hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi dari otoritas terkait Korea Selatan mengenai pemberian hadiah dengan nilai yang sangat fantastis itu.

Lee mendirikan SM Entertainment pada tahun 1995 dan berhasil menjadi salah satu pemimpin di K-pop. Beberapa artis K-pop paling populer yang dilatih di bawah firma Lee adalah Girls' Generation, Red Velvet, Super Junior, Boa, TVXQ, NCT dan Aespa. 

Editor: Fajar Sidik

Catatan redaksi: Berita ini telah direvisi dengan melengkapi keterangan resmi dari pihak SM Entertainment. Adapun info rumor sementara belum terverifikasi sehingga tidak dicantumkan lagi dalam versi revisi ini. 

SEBELUMNYA

Peneliti Oxford Temukan Gejala Baru Demensia

BERIKUTNYA

Yuk Amankan Akun Twitter dengan 6 Tips Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: