Ilustrasi-Solen Feyissa (Pexels)

Yuk Amankan Akun Twitter dengan 6 Tips Ini

23 July 2021   |   14:32 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Twitter adalah salah satu platform media sosial yang menjadi tempat menyenangkan untuk mencari inspirasi dari konten yang beragam, berpartisipasi dalam percakapan hingga mencari hobi baru yang bermanfaat.

Namun, keseruan itu kerap membuat para pengguna terlalu nyaman sehingga lengah dalam menjaga privasi dan keamanan di dunia maya. Padahal, pengalaman menggunakan twitter akan lebih nyaman jika setiap orang tetap waspada dan menjalankan langkah-langkah dalam meningkatkan keamanan.

Dalam usaha yang berkaitan dengan keamanan dan privasi, twitter juga selalu mengingatkan para penggunanya untuk bertanggung jawab dalam mengelola akun twitter mereka masing-masing. Berikut ini adalah 6 tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keamanan akun twittermu lho.

1. Gunakan sandi yang unik.
Pastikan kamu membuat sandi yang kuat menggunakan minimum 10 karakter yang merupakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol. Gunakan kata sandi yang berbeda untuk tiap situs web yang kamu kunjungi.

Pertimbangkan penggunaan perangkat lunak (software) untuk mengelola kata sandi yang dapat menyimpan semua informasi masuk secara aman. Selain itu, kamu juga dapat memilih perlindungan pengaturan ulang kata sandi di pengaturan akun twitter kamu.

2. Gunakan metode autentikasi dua faktor.
Autentikasi dua faktor (2FA) merupakan lapisan tambahan untuk akun twittermu dan memastikan bahwa hanya kamu yang dapat mengaksesnya. Hanya orang yang memiliki akses ke kata sandi dan nomor ponsel kamu (kunci keamanan) yang dapat masuk ke akun kamu.

Mulai akhir Juni 2021, kamu memiliki opsi untuk menggunakan kunci keamanan sebagai satu-satunya bentuk autentikasi dua faktor (2FA), yang merupakan cara paling efektif untuk menjaga keamanan akun twitter lho.
 

Ilustrasi- Daddy Mohlala (Unsplash)

Ilustrasi- Daddy Mohlala (Unsplash)


3. Pastikan masuk melalui situs twitter resmi.
Phising akan selalu mengintai untuk mendapatkan informasi pribadi jika orang mengunjungi situs palsu. Tampilan web phising yang mirip dengan halaman masuk twitter sangat rentan untuk mengecoh pengguna.

Disarankan untuk periksa kembali tautan yang kamu buka, baik dari email maupun direct message (DM) sebelum memberikan data pribadi termasuk kata sandi. Jika terkena phising, ubah kata sandi sesegera mungkin dan baca panduan di twitter tentang akun yang disalahgunakan.

4. Waspada terhadap pihak yang mengatasnamakan twitter.
Selalu waspada jika ada pihak yang mengaku sebagai perwakilan twitter yang menghubungi kamu dan meminta data pribadi. Perlu diingat, twitter tidak pernah meminta pengguna untuk memberikan kata sandi melalui email, direct message, atau balasan. Jangan membuka lampiran atau tautan jika kamu menerima pesan untuk menginstal perangkat lunak apapun karena itu bukan dari pihak twitter.

5. Waspada jika ada peringatan masuk yang mencurigakan
Twitter akan mengirimkan notifikasi melalui email atau notifikasi push jika mendeteksi aktivitas mencurigakan termasuk saat kamu masuk ke akun twitter dari perangkat baru untuk pertama kalinya. Notifikasi ini biasanya mencantumkan lokasi yang merupakan perkiraan alamat IP yang digunakan untuk mengakses twitter.

Melalui notifikasi ini, kamu dapat memverifikasi apakah kamu benar-benar masuk melalui perangkat tersebut. Jika bukan, disarankan untuk mengikuti langkah-langkah yang tercantum dalam notifikasi untuk mengamankan akun, dimulai dengan mengubah kata sandi.

6. Periksa tautan yang ada di twitter (terutama jika itu dipersingkat dengan bit.ly).
Sebagai tempat terjadinya percakapan, para pengguna di twitter banyak membagikan informasi menarik dan tautan ke situs lain baik melalui tweet maupun direct message. Jika kamu melihat adanya tautan menggunakan pemendek URL, seperti bit.ly atau TinyURL, pastikan kamu memeriksa arah tautan tersebut sebelum kamu membukanya. Gunakan plug-in gratis dari chrome dan firefox untuk menunjukkan URL yang diperpanjang tanpa harus mengklik terlebih dahulu.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Bos SM Entertainment Berikan Apartemen Mewahnya ke Jurnalis, Ada Apa?

BERIKUTNYA

Jadi Utusan Khusus Diplomasi Publik, ARMY Desak Tugas Wajib Militer Personil BTS Dicabut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: