Orgsm, produk parfurm HMNS. (Sumber gambar : HMNS/Instagram)

Rizky Arief, Gen Z Di Balik Produk Parfurm Unik Orgsm yang Laris Manis

16 June 2023   |   00:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Generasi Z terbilang kreatif dan menyukai tantangan. Tak jarang mereka menghadirkan ide-ide seru yang akhirnya bisa menjadi penghasilan. Salah satu yang sukses menciptakannya yakni Rizky Arief Dwi Prakoso, pemilik brand parfum lokal HMNS atau bisa disebut dengan Humans yang berarti Manusia. 

Produk buatan Rizky dan tim HMNS yang unik dan menarik perhatian pencinta parfum yakni Orgsm. Dirilis sejak 2020, varian itu tetap menjadi best seller hingga saat ini. Mungkin namanya sedikit sensitif. Namun demikian, ada makna mendalam di baliknya.

Rizky menerangkan Orgsm merupakan parfum terenak yang dibuat HMNS menyesuaikan harfiah nama brand mereka, Manusia. Merujuk bahasa medis, orgasme adalah puncak gairah seksual yang dialami tubuh manusia.

“Menurut saya, the high satisfction manusia itu orgasm. Jadi kita kasih nama Orgsm. Selebrasi yang kita dapatkan dari parfumnya itu akhirnya kita kasih nama Orgsm,” ujarnya kepada Bisnis saat ditemui di Kota Kasablanka, Kamis (15/6/2023).

Melihat antusiasme yang tinggi terhadap parfum ini, HMNS pun meluncurkan Darker Shade of Orgsm pad Rabu (13/6/2023). Wangi yang dihasilkan menurut Rizky jauh lebih kuat. Walaupun baru dirilis, varian ini langsung laris manis hingga kehabisan stok. Padahal hanya yang dibandrol tidak begitu murah, yakni Rp380.000.

Baca juga: 10 Parfum Klasik Terbaik Sepanjang Masa yang Jadi Andalan Selebritas Dunia

Tidak berhenti berkreasi. Lulusan Teknik Geologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) ini pun tengah fokus menciptakan wewangian khas dari ragam daerah. Rizky menyebut pihaknya mengeksplorasi tanaman asli dari daerah tersebut untuk dijadikan parfurm dan menggambarkan karakter penduduk setempat. 

Sebagai contoh varian Unrosed yang terbuat dari tanaman Palmarosa di daerah Solo. “Banyak potensi produk parfum. Banyak sumber daya alam yang tidak dilihat hanya karena tidak punya end produk menarik. Kita kenalkan pelan-pelan SDA menarik di Indonesia,” tuturnya.

Menggaet Kustomer dengan Cerita

Mengawali bisnis parfurm sejak 2019, HMNS bukan sekadar brand tetapi tempat berbagi cerita. Alhasil mereka mampu menggaet para kostumer loyal. Terbukti pada Agustus 2021, 1 juta botol parfurm HMNS terjual hanya dalam waktu 15 menit di marketplace. 

Rizky menegaskan salah satu value yang dipegang erat usahanya yakni kedekatan brand dengan kustomer itu senditi. Produk yang dibuat bukan hanya kualitas yang bagus, tetapi mengandung cerita menarik untuk diceritakan kembali. 

“Parfum bukan cuma kualitas tapi karya seni yang orang bisa nikmati dan mengerti, sehingga ketika buat produk baru, banyak kustomer bisa apresiasi produknya,” jelas pria yang mempelajari parfum lebih dari setahun ini. 

 

Rizky Arie, CEO HMNS. (Foto : Desyinta Nuraini)

Rizky Arie, CEO HMNS. (Foto : Desyinta Nuraini)


Mendobrak Batas

Sosok Rizky sendiri terbilang cukup unik. Memegang titel insinyur geologi, dia justru menekuni dunia bisnis dan memilih magang di sebuah perusahaan. 

Lepas dari impian di dunia pertambangan, dia bekerja sebagai copy writer di PT Brodo Ganesha Indonesia. Pada 2017, Rizky ditugaskan sebagai Management Trainee dan Content Marketing di Brodo. 

Bekerja di bidang ini membuatnya mulai mendalami sebuah brand bukan hanya membuat produk bagus tetapi mengkombinasikan cerita ke dalam produk itu sendiri. Sempat diterima bekerja di PT Freeport Indonesia sebagai geolog sesuai jurusannya, tetapi Rizky tetap memilih untuk tetap berada di perusahaan setelah berkonsultasi dengan 30 orang. 

Delapan bulan sejak tawaran Freeport ditolak, Rizky diangkat menjadi CEO Nah Project, sister company Brodo. Produk sepatunya pernah dipakai Presiden Joko Widodo. 

Kendati demikian, sebagai generasi Z yang menyukai tantangan, Rizky memutuskan berhenti bekerja setelah menjadi CEO Nah Project selama satu tahun dua bulan. Dia memilih untuk mempelajari parfurm. 

Akhirnya pada 2019, HMNS dirilis dengan Alpha sebagai produk parfurm pertamanya. “Dulu belum banyak parfurm lokal. Akhirnya human masuk dengan cara berbeda, bercerita, berinteraksi. Sampai sekarang kita salah satu yang pertama kenalkan parfurm dari lokal,” jelas pria yang sempat gelisah karena harga parfum mahal saat kuliah itu.

Alhasil, Rizky dengan HMNS terpilih menjadi salah satu brand lokal inspiratif pilihan MarkPlus. Kisahnya dimuat dalam buku 12 Z BRND OF INA: Kisah Brand Lokal Unik Untuk GEN Z. 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Serial Secret Invasion Hadirkan Cerita Lebih Mendalam Tentang Nick Fury

BERIKUTNYA

Promosikan ESG & Ekowisata, Bank Mandiri Kembali Gelar Mandiri Jogja Marathon 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: