Potret warga Korsel yang awet muda dan bugar. (Sumber gambar : Freepik)

Ini Dia 3 Rahasia Warga Korsel Awet Muda & Panjang Umur

16 June 2023   |   00:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Warga Korea Selatan terbilang awet  muda dan tampak bugar. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan mereka yang selalu menjaga penampilan dengan melakukan perawatan, bahkan tidak sedikit dari mereka memperhatikan asupan sehat dan bergizi, serta rajin berolahraga.  

Dalam studi yang terbit di jurnal The Lancet baru-baru ini, warga Korea Selatan diperkirakan memiliki angka harapan hidup yang tinggi pada akhir dekade mendatang. Para peneliti memperkirakan pada 2030, harapan hidup rata-rata di negara tersebut akan mencapai lebih dari 90 tahun untuk wanita dan 84 tahun untuk pria. 

Nah, buat kamu yang ingin memiliki umur panjang seperti warga Korea Selatan, simak rahasianya di bawah ini yuk, Genhype. Jangan lupa dicatat dan terapkan ya!
 

1. Makanan Kaya Protein & Air Minum Berkualitas

Korea Selatan memiliki kekayaan kuliner yang tidak hanya bergizi tinggi, namun juga kaya rasa. Kepopulerannya kini juga mendunia berkat K-drama dan konten kuliner viral di media sosial. 

Blog Easy Korean Food menjelaskan, kunci utama keunggulan makanan korea ada pada keragaman sayur yang dapat memenuhi kebutuhan makronutrien dan mikronutrien tubuh. Lauk hingga hidangan utama didominasi sayur segar maupun yang difermentasi seperti kubis, tauge, dan bayam. 

Tambahan bawang putih, jahe, dan rempah-rempah bermanfaat lainnya dalam jumlah banyak membuat masakan Korea sangat sehat. Hal ini juga diimbangi dengan asupan air minum yang cukup dan berkualitas. 

Di Korea, air perpipaan menjadi sumber air minum utama. Umumnya, air keran atau tap water dapat diminum, namun masyarakat di sana biasa menggunakan water purifier untuk memastikan air minum lebih aman diminum. Jadi, tidak heran jika water purifier dapat ditemukan di rumah-rumah hingga bangunan publik seperti museum, restoran, dan gedung pemerintah.

Baca juga: 5 Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki Minimal 1 Jam Tiap Hari, Bisa Bikin Awet Muda
 

2. Akses Kesehatan

Menurut James Bennett, periset departemen epidemiologi dan biostatistik di Imperial College London, meroketnya perekonomian Korea Selatan menjadi katalis di sektor kesehatan. Penurunan angka kematian bayi dan tingkat kematian kardiovaskular mempengaruhi angka harapan hidup di Negeri Gingseng ini. Ditambah, terdapat peningkatan dalam pemenuhan nutrisi dan pemanfaatan teknologi berbasis medis.

Ketika bicara soal akses kesehatan, Korsel memiliki jangkauan yang luas dan merata bagi seluruh warga. Di tingkat daerah, pemerintah mengelola pusat kesehatan dan fasilitas medis lainnya sesuai dengan kebutuhan. 

Setiap kota memiliki satu puskesmas yang menawarkan pelayanan kesehatan masyarakat dasar seperti pemeriksaan kesehatan, vaksinasi, perawatan ibu dan janin, serta perawatan medis dasar. Selain itu, menurut Coway, puskesmas pembantu dapat didirikan jika diperlukan layanan tambahan.
 

3. Udara Bersih di Dalam Ruangan

Sama seperti kota metropolitan lainnya, Ibu kota Korea Selatan, Seoul, juga mengalami permasalahan kualitas udara. Pada Maret 2019, Korea mengalami badai debu kuning dalam satu dekade terakhir.

Khususnya pada musim semi, udara yang terbawa dari padang pasir Tiongkok dan Mongolia mengandung partikel berbahaya seperti belerang, karbon monoksida, logam berat, dan bahan karsinogenik lainnya bersama dengan virus, bakteri, jamur. Kondisi ini mendorong kebiasaan masyarakat Korea untuk rajin memakai masker ketika berpergian.

Selain itu, penggunaan air purifier juga telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari di Korea. Mengutip riset dari Expert Market Research, pembersih udara memiliki kemampuan dalam menyegarkan udara pengap, menghilangkan polutan dalam ruangan, menghilangkan kontaminan udara, memperbaiki kualitas tidur, hingga membantu meningkatkan harapan hidup. 

Keunggulan ini meningkatkan popularitas air purifier, yang mengarah pada pertumbuhan pasar di Korea Selatan secara stabil. Riset ini juga mengungkapkan terbentuknya kesadaran nasional akan kesehatan, meningkatnya pendapatan belanja, dan standar hidup yang lebih tinggi, turut menjadi faktor yang memicu ekspansi industri air purifier.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

5 Adegan Ikonik & Mendebarkan Dr. Romantic 3

BERIKUTNYA

Serial Secret Invasion Hadirkan Cerita Lebih Mendalam Tentang Nick Fury

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: