sumber foto: unsplash/Mark Olsen

Ini 5 Goa Terbesar di Tanah Air yang Menampilkan Pesona Keindahan

15 June 2023   |   21:29 WIB

Pariwisata Indonesia menyajikan keindahan dan kekayaan alam yang amat sangat menakjubkan. Selain gunung, pantai, serta hutannya, Indonesia juga memiliki berbagai goa yang sangat eksotis. Pesona goa yang terbentuk secara alamiah selama jutaan tahun lalu.

Dengan berbagai hiasan daya tarik seperti stalagmit dan stalagtitnya, goa ini  menggugah minat para wisatawan untuk berkunjung. Maka tidak heran jika beberapa goa-goa di Indonesia begitu populer. Bagi sebagian orang, goa hanyalah suatu jalan yang gelap serta mencekam di bawah tanah.

Namun, di Tanah Air terdapat goa yang ternyata keindahannya tidak kalah dari panorama alam lainnya. Berdasarkan data dari berbagai sumber, jumlah goa yang ada di Indonesia mencapai total 268 goa. Yang jelas, ratusan goa tersebut dalam kondisi yang siap untuk dikunjungi oleh wisatawan. 

Berikut ini adalah goa-goa yang wajib Anda kunjungi di Indonesia yang memiliki keindahan yang sangat eksotis. Yuk simak!


1. Goa Gong 

Goa ini berada di kota Pacitan, Goa Gong yang mempesona dengan kecantikan berasal dari panorama alami pada bebatuan stalakmit dan stalaktitnya. Di dalamnya terdapat beberapa lampu sehingga menambah kecantikan suasana yang ada di dalamnya. Goa ini juga ditetapkan sebagai goa terindah se-Asia Tenggara. Diberi nama sebagai Goa Gong lantaran suara yang dihasilkan dari pukulan bebatuan di dalamnya terdengar seperti bunyi gong. 


2.  Goa Jomblang 

Goa Jomblang ini sangat populer di kalangan fotografer karena angle yang berada di goa tersebut sangat cantik yang memiliki lubang pada bagian atasnya sehingga membentuk seperti sink hole. Goa ini terbentuk secara alamiah melalui proses geologi selama jutaan tahun yang lalu. 
 

3. Goa Maharani 

Goa Maharani terletak di Lamongan, Jawa Timur. Bagi turis yang mengunjungi goa ini, mereka akan disuguhi panorama indah dengan pancaran serta pantulan cahaya warna warninya. Terlebih, saat matahari menerangi tempat tersebut. Namaun, jika mengunjungi goa ini, jangan khawatir akan tersesat atau terkena tanah kotor karena di dalamnya sudah dilengkapi jalur khusus dan rute yang sudah dipasang dengan baik. 
 

4. Goa Pindul 

Goa ini diresmikan oleh pemerintah daerah setempat pada 2010. Goa Pindul terletak di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta. Goa ini memberikan sensasi yang beda, karena bisa dilewati dengan menggunakan ban. Sehingga para pengunjung bisa menyusuri aliran air sembari menaiki ban secara bergiliran. Langit langit yang terdapat di dalam goa ini bisa disentuh karena jarak yang dekat yaitu sekitar 1--4 meter. Adapun harga untuk paket cave tubing mulai dari Rp75.000--Rp125.000. 


5. Goa Barat

Goa ini memiliki air yang sangat menyegarkan sehingga para pengunjung bisa menyusuri sekitar goa barat menggunakan pelampung. Goa ini disebut juga sebagai goa angin karena selalu menghembuskan angin yang tidak diketahui dari mana asalnya. Goa ini memiliki panjang mencapai 6,5 km, sehingga pengunjung yang datang ke tempat ini bisa menyusuri rute yang membutuhkan waktu sekitar 5 jam. 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Luhut Bilang This Country is Not Ecek-ecek ke Bos TikTok, Apa Arti Ecek-ecek?

BERIKUTNYA

Ini 4 FIlm yang Harus Tertunda Akibat Aksi Mogok Para Penulis Naskah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: