Pizza Sehat (Sumber Foto: Freepik)

Cara Membuat Piza Sehat & Rendah Kalori di Rumah, Cocok untuk Menu Diet

15 June 2023   |   18:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, apakah kamu penggemar berat piza? Sayangnya, setelah menyantap hidangan lezat ini tak jarang kita langsung menyesal. Lantaran kalorinya yang tinggi, terutama dari topping-nya seperti berbagai macam keju-kejuan seperti mozarela, cheddar, parmesan, dan lainnya.

Piza  merupakan makanan khas Italia yang dibuat dari adonan bundar dan pipih, kemudian dipanggang dalam oven. Adonan piza umumnya sama seperti adonan roti biasa, tetapi diberi tambahan dengan mentega, bawang putih, terna, atau wijen.

Baca juga: 4 Resep Camilan Enak yang Mudah Dibuat dengan Bahan Sederhana

Biasanya orang membuat piza sambil memutar-memutarkan adonannya supaya makin pipih dan lebar. Setelah matang, roti dilumuri saus tomat dan diberi taburan topping seperti keju, paprika, bawang bombai, jamur, salami, peperoni, tuna, nanas, atau sayuran yang bisa dipilih sesuai selera. 

Apabila kamu penggemar piza, namun khawatir dengan kalorinya, kini kamu bisa membuat piza versimu sendiri yang lebih sehat dan cocok untuk menu diet. Nah Genhype, yuk simak langkah-langkah membuat piza sehat di rumah!


1. Buat adonan roti bebas gluten

Membuat piza sendiri di rumah akan membuatmu lebih bebas mengkreasikan bahan-bahannya sesuai pilihan. Misalnya untuk adonan roti, buatlah setipis mungkin. Hindari roti tebal yang akan membuatmu kekenyangan. Gunakan tepung bebas gluten atau gandum utuh, yang merupakan alternatif  lebih sehat daripada tepung terigu pada umumnya.


2. Pakai saus buatan rumahan

Saus pada piza yang rasanya asam manis bisa menambah cita rasanya. Namun, saus tersebut mengandung banyak gula, pengawet, natrium, dan lemak. Selain tidak sehat, kalorinya pun tinggi. Apabila kamu ingin membuatnya sendiri di rumah, tentu bisa. Buatlah dari campuran tomat segar, bawang putih, jahe, bawang merah, bumbu dan rempah-rempah lainnya.


3. Hindari topping daging kalengan

Piza sehat bukan berarti semua topping-nya sayuran yang rasanya hambar. Ada banyak pilihan topping yang bisa ditambahkan ke dalam piza sehat buatanmu, misalnya daging. Pilihlah daging tanpa lemak yang direbus dan ditumis sendiri di rumah.

Hindari daging kalengan karena mengandung natrium dan pengawet yang tinggi. Begitupun dengan sosis dan makanan olahan lainnya yang terdapat bahan pengawat.


4. Pilih keju rendah lemak

Apabila kamu sedang diet untuk menurunkan berat badan, hindari keju yang mengandung lemak tinggi. Sebagai alternatifnya gunakan rendah lemak seperti keju cottage, mozzarella skim, parmesan, atau cheddar. Pastikan juga kamu tidak menambahkan terlalu banyak keju karena akan membuat piza jadi berlemak, sehingga makanan ini jadi tidak sehat lagi.


5. Tambahkan sayuran bergizi

Cara paling mudah untuk membuat piza yang lebih sehat adalah dengan menambahkan banyak sayuran sebagai topping-nya. Kamu bisa memilih bayam, kembang kol, brokoli, jagung, wortel, atau paprika. Selain bisa mengingkatkan cita rasa, juga membuat hidangan ini lebih kaya nutrisi, sehingga cocok dikonsumsi saat sedang diet untuk menurunkan berat badan.



Editor: Indyah Sutrinngrum

SEBELUMNYA

Ini 4 FIlm yang Harus Tertunda Akibat Aksi Mogok Para Penulis Naskah

BERIKUTNYA

Tip Menggunakan Makeup Bold yang Natural Supaya Tidak Terlihat Tua dan Menor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: