Owner Adorable Projects Iera Hanira (sumber gambar : Lazada)

Pasangan Ini Sukses Berbisnis dan Berdayakan Ratusan Perajin

14 June 2023   |   21:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Genhype yang sedang mencari sepatu dan aksesori wanita lucu dan unik, kalian boleh melirik brand lokal Adorable Projects yang didirikan oleh pasangan suami istri Iera Hanira dan Fajar Nugraha. Adorable Projects mulanya hanya menjual sepatu-sepatu lucu dan unik dengan pasar yang didominasi oleh generasi milenial.

Namun melihat tren di pasaran, Adorable Projects mulai menjual laptop case, outwear, pants, dress, earrings, bags, tote bag dan berbagai barang menggemaskan lainnya untuk melengkapi Outfit of The Day (OOTD) agar terlihat semakin menarik dan berbeda dari yang lain.

Produk-produk tersebut memiliki desain yang cerah, lucu dan unik dengan sedikit sentuhan feminin yang menjadi ciri khasnya. "Hasilnya, pasar kami pun kini meluas ke Gen-Z yang memang tertarik dengan desain unik, lucu dan tidak biasa," ujar Iera dalam keterangan yang diterima, Rabu (14 Juni 2023).

Baca juga: Worldwhite Enterprise Kenalkan 9 Brand Lokal Populer dalam Satu Naungan

Perjalanan Iera dan suaminya dalam membangun Adorable Projects tidaklah mudah. Ketika itu dia memulai usahanya hanya dengan modal sebesar Rp180 ribu. Seiring berjalannya waktu, mereka memutuskan agar kendali bisnis dipegang Iera sepenuhnya, dengan dukungan penuh dari sang suami.

Saat memulai bisnis, Iera hanya ingin fokus untuk mengembangkan kualitas produk, tak terpikirkan untuk mengembangkan bisnis lewat kanal online, “Hal yang paling penting buat saya saat itu pokoknya quality, quality & quality! Awalnya kami hanya berjualan secara offline, ga kepikiran sama sekali buat punya online store”, ujar Iera.

Lambat laun Iera menyadari bahwa dia perlu memperluas pasarnya dengan mulai masuk ke pasar Commerce seperti Lazada. Tak sia sia setelah masuk ke pasar ecommerce pihaknya mengalami pertumbuhan pesat dan berhasil menjangkau pasar yang lebih luas.

"Semua itu tentu diraih dengan kerja keras dan kemauan untuk mempelajari dan mengeksplorasi berbagai fitur menarik yang ada di eCommerce,” ungkapnya.

Dengan berjualan melalui Lazada dia dapat memanfaatkan berbagai fitur misalnya saja Lazada Seller Center, dari situ dia bisa mengetahui tren yang lagi digemari anak muda sehingga bisa menjadi acuannya dalam menjalankan Adorable Projects.

Strategi Iera mengembangkan Adorable Projects dengan memanfaatkan platform eCommerce dan media digital berhasil. Kini dia dapat membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang, dengan puluhan karyawan dan ratusan mitra pengrajin. Dia ingin Adorable Projects dapat bertumbuh bersama komunitas di sekitarnya.

Karena dia percaya bahwa kesuksesan bisnis bukan hanya soal mendapatkan keuntungan semata, tetapi juga harus memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

"Kami ingin memiliki peran besar untuk memberdayakan komunitas sekitar, khususnya para pengrajin lokal di Kota Bandung. Bandung kan terkenal dengan industri kriyanya, jadi kenapa kita tidak memanfaatkan sumber daya di sini. Pengrajin-pengrajin Kota Bandung itu keren-keren loh hasil karyanya," kata Iera.

Fitri Karnadi, Head of Business Development & Seller Engagement Lazada Indonesia mengatakan bahwa Adorable Projects menjadi salah satu bukti nyata bagaimana brand lokal memiliki potensi besar untuk bisa tumbuh di ranah digital. Adorable Projects bahkan telah bergabung ke dalam kanal LazMall di Lazada, menunjukkan bagaimana sebuah brand lokal mampu bersaing dengan ratusan brand besar lainnya, termasuk brand internasional, yang ada di LazMall.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

3 Cara Membangun Micro Community yang Jadi Tren Baru di Media Sosial

BERIKUTNYA

23 Tahun Petualangan Sherina, Yura Yunita Bawakan Versi Baru Lagu Lihatlah Lebih Dekat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: