Lion King (2019) remake versi live action dibuat dengan teknologi CGI. (Sumber foto: Disney)

5 Film Live-Action Terlaris dari Disney, Ada Cinderella hingga Lion King

14 June 2023   |   15:54 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

The Walt Disney Company tidak berhenti setelah mendulang satu sukses. Memasuki 2020, mereka jadi lebih gencar memproduksi live-action reimaginings dari animasi klasik untuk menjaga popularitas tidak hanya di kalangan penggemar setia, tapi juga untuk menarik perhatian penonton baru.

Live-action reimaginings film animasi itu biasanya dibuat dengan menggunakan teknologi computer generated imagery (CGI) guna menghasilkan tampilan yang memukau dan magis, menghidupkan karakter animasi yang disayangi penggemarnya.

Baca juga: Rekomendasi 5 Film Klasik Disney yang Cocok Ditonton saat Akhir Pekan

Antara franchise Star Wars dan Marvel, Disney telah mendominasi box office selama hampir satu dekade terakhir. Namun, mereka mendapatkan tanggapan yang sangat beragam terhadap konsep remake live-action, di mana mereka membuat ulang film klasik seperti Beauty and the Beast dan Aladdin.

Tahun ini, Disney kembali dengan proyek live action lewat The Little Mermaid, remake dari film klasik yang dirilis 1989 silam. Pada saat penulisan ini, box office untuk film tersebut telah mencapai US$211,3 juta di seluruh dunia dan tidak diragukan lagi akan terus meningkat.

Dari remake seperti The Lion King hingga reimagining seperti Cruella, proyek live-action Disney telah menjadi sapi perah bagi perusahaan dan telah menunjukkan angka yang mengesankan di box office.

Berikut sejumlah karya live-action dari Disney paling laris dalam data CBR dan berbagai sumber lainnya.


1. The Lion King (2019)

 

The Lion King (2019). (Sumber foto: Walt Disney Pictures)

The Lion King (2019). (Sumber foto: Walt Disney Pictures)

Film The Lion King versi pembuatan ulang yang rilis pada 2019 menjadi film paling laris dari Disney dengan pendapatan sekitar US$1,6 miliar. Film yang menggunakan teknologi computer generated imagery (CGI) dalam proses pembuatannya ini berhasil memukau para penonton.

Film klasik ini bercerita tentang keputusan seekor pangeran singa muda untuk melarikan diri dari kerajaannya setelah pembunuhan yang terjadi terhadap sang ayah, Mufasa. Singa muda itu pergi guna mempelajari arti sebenarnya dari tanggung jawab dan keberanian.

The Lion King pada awalnya dibuat sebagai animasi pada 1993 silam. Pada saat itu, karya ini berhasil menunjukkan kinerja yang baik dengan mengumpulkan US$900 juta dari seluruh dunia.


2. Beauty And The Beast (2017)

 

Beauty And The Beast (2017). (Sumber foto: )

Beauty And The Beast (2017). (Sumber foto: Walt Disney Pictures)

Live-action lainnya yang memiliki pendapatan tinggi adalah Beauty and The Beast. Karya yang asli dari film ini dirilis pada 1991. Pada saat itu, banyak penonton yang sangat menikmati karyanya dalam bentuk animasi, sehingga membuatnya memperoleh US$450 juta.

Pada 2017 silam, versi live action karya tersebut meluncur di pasar dan berhasil memikat para pencinta Beauty and The Beast. Terlebih, Emma Watson berhasil tampil memukau dalam film tersebut sebagai Belle yang lebih banyak akal. Film ini berhasil meraup US$1,26 miliar.


3. Aladdin (2019)


Aladdin (2019).

Aladdin (2019). (Sumber foto: Walt Disney Pictures)

Hampir banyak orang tahu dan kenal dengan cerita animasi Aladdin, yakni seorang pemuda yang membebaskan jin dari sebuah lampu ajaib. Film animasi Aladdin rilis pertama kali pada 1993 dan berhasil meraih US$500 juta di box office.

Pada 2019, versi live-action dari Aladdin meluncur dengan Will Smith yang berperan sebagai Genie. Penampilan dari para pemeran, lagu-lagu klasik, dan berbagai unsur lainnya yang tersaji membuat para penonon terpukau sehingga membuat film ini meraih US$1,05 miliar.


4. Alice in Wonderland (2010)

 

Alice

Alice in Wonderland. (Sumber foto: Walt Disney Pictures)

Tidak seperti film lain yang diproduksi oleh Disney, live-action Alice in Wonderland memiliki sedikit kesamaan dengan film animasi aslinya yang dirilis pada 1951. Film ini lebih memberikan sajian petualangan yang berjalan paralele dengan narasi asli. Karya ini berhasil meraup pendapatan kotor sekitar US$1,02 miliar dan memulai kemitraan antara Disney dan sutradara Tim Burton.

Laman Internet Movie Database (IMDb) mencatat bahwa film ini memiliki rata-rata rating sebesar 6,4 dari 10. Sementara itu, jumlah pengguna akun IMDb yang memberikan penilaian mencapai sekitar 426.000. 
 

5. The Jungle Book (2016)

 

The Jungle Book (2016). (Sumber foto: Walt Disney Pictures)

The Jungle Book (2016). (Sumber foto: Walt Disney Pictures)

Live-action The Jungle Book yang rilis pada 2016 silam adalah sebuah karya dari animasi yang rilis pada 1967. Original release film ini berhasil meraih hampir US$74 juta dengan nilai pada saat itu.

Karya yang disebut sebagai pelopor metode pembuatan film baru itu telah menghabiskan anggaran di bawah US$200 juta untuk pembuatannya dalam bentuk live-action. Film ini berhasil meraih pendapatan US$966,55 juta.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Skateboarding, Olahraga Berselancar Seru di Atas Papan Roda

BERIKUTNYA

5 Masalah Kulit yang Timbul Akibat Polusi Udara Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: