Cooking Class Hypeabis x Batica Hotel (Sumber Foto: Hypeabis.id/Suselo Jati)

Serunya Masak Ayam Woku Bareng Chef Samuel Tumbelaka di Acara Cooking Class Hypeabis.id X BATIQA Hotel

13 June 2023   |   20:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kalau cuma memasak ayam woku di rumah sih sudah biasa. Namun, jika memasaknya di hotel didampingi oleh chef profesional, tentu menjadi luar biasa. Pengalaman itulah yang dirasakan oleh 17 peserta cooking class hasil kolaborasi antara Hypeabis.id dengan BATIQA Hotel dan Softex.

Mereka mendapatkan kesempatan berharga, yaitu belajar memasak ayam woku langsung dari chef Samuel Tumbelaka di BATIQA Hotel Karawang, Jawa Barat, Selasa (13/6/2023). Selain digelar secara luring, acara ini juga ditayangkan secara live melalui Instagram @Hypeabisid, sehingga penonton di rumah bisa menyaksikan langsung proses pembuatan ayam woku dan mencoba sendiri resepnya.

Baca juga: Simak Tip & Trik Memasak Ayam Woku yang Menggugah Selera

Peserta dibagi ke dalam tiga kelompok yang akan saling berkompetisi. Pertama-tama Chef Samuel menunjukkan langkah-langkah membuat Ayam Woku, kemudian peserta dipersilahkan memasak. Hidangan terbaik akan mendapatkan hadiah spesial.

Ayam woku terkenal dengan cita rasanya yang khas dari rempah-rempah seperti kunyit dan daun kemangi. Kuliner khas Manado ternyata dibuat dari bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan di pasar. Di antaranya ada cabe rawit, cabe merah besar, kunyit, jahe, sereh, daun jeruk, daun pandan, daun basil atau daun kemangi, dan perasan lemon.

 

 Ayam Woku (Sumber Foto: Hypeabis.id/Suselo Jati)

Ayam Woku (Sumber Foto: Hypeabis.id/Suselo Jati)

Setelah menyiapkan bahan-bahan, pertama Chef Samuel memperlihatkan cara membuat filet paha ayam. Sebetulnya kreasi ini bisa menggunakan ayam tulang, ayam potong dadu, bahkan seafood seperti tuna. Potongannya pun bisa menggunakan paha atau dada. Semuanya kembali ke selera masing-masing.

"Untuk membuat filet ayam gunakan pisau kecil dan tajam, pelan-pelam pisahkan daging dari tulangnya," kata Chef Samuel.

Selanjutnya bumbu-bumbu dihaluskan dengan blender, boleh saja apabila ingin diulek. Masukkan bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, jahe, cabe rawit, dan cabe merah besar, dan tambahkan minyak ke dalam blender. Sementara sereh, daun jeruk, daun pandan, dan daun basil atau kemangi dimasukkan nanti.

"Nyalakan kompor dengan api kecil, lalu masukkan semua bumbu yang dihaluskan, lalu daun jeruk dan sereh, diamkan dan tunggu sampai aromanya keluar," kata Chef Samuel.

Bumbunya harus benar-benar matang supaya tidak pahit, tunggu sampai warnanya kecokelatan. Mmenurut Chef Samuel, bumbu yang harum belum tentu sudah matang. Sambil menunggu potong daun pandan kecil-kecil sampai halus dan daun kemangi.

(Sumber foto: Hypeabis.id/Suselo Jati)

(Sumber foto: Hypeabis.id/Suselo Jati)

Apabila bumbunya sudah benar-benar matang sisihkan, lalu masak ayamnya dengan sedikit minyak. Namun, sebelum itu ayam dimarinasi dulu dengan garam, lada. Boleh saya menggunakan bubuk bawang putih, sesuai selera. Begitupun apabila menggunakan ayam tulang atau tuna, tetap harus dimarinasi dulu sebelum dimasak.

"Ayam dimasak sampai golden brown, tujuannya supaya ada tekstur krispi setelah diaduk dengan bumbu woku-nya," kata Chef Samuel.

Setelah matang ayamnya dimasukkan ke bumbu dalam panci sambil dimasak, tambahkan irisan tomat dan kemangi lalu tuangkan air sedikit-sedikit sekitar 100 ml sampai mengental sempurna. Dalam artian tidak terlalu berkuah atau terlalu kering. Masukkan juga minyak sisa menggoreng ayam, untuk menambah cita rasa. Terakhir disajikan dan diberi tambahan garnish untuk mempercantik tampilannnya.

Usai Chef Samuelmenunjukkan tutorial memasak Ayam Woku, peserta cooking class langsung mempraktikkannya. Ketiga tim saling berkompetisi, para juri menilai dilihat dari segi bumbunya, rasanya, dan penampilannya. 

Salah satu peserta cooking class, yakni Ibu Wira sangat antusias mengikuti jalannya acara. Dia memaparkan, sejauh ini proses memasak yang ditunjukkan oleh chef mudah dimengerti dan tidak ada kendala saat mempraktekkannya langsung. Namun, ada juga bagian yang menurutnya tidak mudah.

"Memiripkan rasa dengan punya chef-nya yang susah karena lidah tiap orang beda-beda, tadi punya saya agak kurang asin jadi harus ditambah garam lagi," ujar ibu Wira.

Selain memasak menu Ayam Woku, Chef Samuel juga juga mempresentasikan cara membuat minuman segar ala Batiqa Hotel, yakni Batiqa Kiss. Bahan-bahannya terdiri dari buah stroberi, jus nanas, sirup pandan, dan es batu. Cara membuatnya pun mudah.
 

Minuman Batiqa Kiss (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Minuman Batiqa Kiss (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Pertama tumbuk 4 buah strawberry di gelas tumbuk. Siapkan gelas lainnya dan tuang sirup pandan secukupnya dan es batu. Selanjutnya masukkan strawberry yang sudah ditumbuk dan sirup nanas. Gunakan kembali gelas tumbuk untuk mencacah es batu sampai halus.

Terakhir tambahkan sirup nanas ke gelas dan es batu yang sudah di tumbuk di atasnya. Boleh saja ditambahkan garnish untuk mempercantik tampilannya.

Baca juga: Menginap di Batiqa Hotels, Bisa Dapat Kue dan Kopi atau Teh Secara Gratis Loh

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

3 Momen Emas Denver Nuggets Meraih Gelar Perdana Juara NBA 2023

BERIKUTNYA

Bukan Cuma Juilliard School, Yuk Cek 6 Kampus Musik Terbaik di Dunia Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: