Park Soo-ryun dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (11/6/2023).

Cek Profil & Fakta Kematian Bintang Drama Snowdrop Park Soo-Ryun Akibat Mati Otak

13 June 2023   |   10:09 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Pemeran drama Snowdrop, Park Soo-ryun dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (11/6/2023). Wanita yang menghembuskan napas terakhir pada usia 29 tahun itu sebelumnya mengalami mati otak setelah jatuh dari tangga dalam perjalanan pulang ke rumahnya. Soo-ryun sempat dilarikan ke rumah sakit setelah peristiwa nahas tersebut.

Para dokter pun berusaha semaksimal mungkin menanganinya, namun kondisinya sudah cukup parah dan nyawanya tidak tertolong. “Hanya otaknya yang tidak sadarkan diri, dan jantungnya masih berdetak,” ungkap ibu Park Soo-ryun kepada media setempat, seperti dikuti dari Soompi, Selasa (13/6/2023). 

Baca juga: 5 Drama Korea dengan Adegan Mukbang yang Menggoda Selera

Kematian bintang musikal Finding Mr. Destiny ini tentu menjadi duka mendalam bagi keluarga dan para penggemar. Park Soo-ryun telah disemayamkan di Rumah Sakit Suwo dan proses pemakaman akan digelar di balai pemakaman Pusat Medis Provinsi Gyeonggi, hari ini.

Sementara itu, keluarga Soo-ryun memutuskan untuk mendonorkan organ tubuh aktris cantik ini untuk menghormati mendiang yang dikenal memiliki hati yang hangat. “Pasti ada seseorang yang sangat membutuhkan [organ]. Sebagai ibu dan ayahnya, kita akan dapat hidup terhibur [dengan pemikiran bahwa jantungnya] telah pergi ke seseorang dan sedang berdetak,” tutur ibu Par Soo-Ryun.

Profil Park Soo Ryun
Lahir pada 1994, dia memiliki minat dalam akting sejak remaja, yang akhirnya membawanya untuk mengejar karir di industri hiburan. Aktris ini memulai debutnya di dunia hiburan pada 2018 melalui pertunjukan musikal II Tenore. 

Soo-ryun juga tampil dalam musikal seperti Siddhartha, The Days We Loved, dan Finding Mr. Destiny. Park Soo-ryun menjadi terkenal ketika terlibat drama sejarah JTBC, Snowdrop. 

Serial yang rilis pada 2021 ini dibintangi Jisoo BLACKPINK dan Jung Hae-in. Soo-ryun memerankan karakter seorang mahasiswa. Di media sosialnya, dia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Jung Hae-in dan Kim Jisoo BLACKPINK dan membagikan foto kebersamaan mereka.

Kecintaannya pada musik dan akting membuatnya menonjol di antara talenta yang lain. Selain itu, dia juga terlibat dalam dunia fesyen sebagai model, ketika mengisi waktu luang. 

Park Soo-ryun seharusnya tampil di Pulau Jeju pada 12 Juni 2023. Namun siapa sangka, dia jatuh dari tangga dan mengakibatkan luka parah hingga meninggal dunia. Turut berduka cinta untuk Soo-ryun.

Fakta Mati Otak
Spesialis Saraf Eka Hospital BSD, dr. Herianto mengatakane cedera yang membuat kerusakan pada jaringan otak  dinamakan cedera otak traumatik atau COT. Biasanya cedera tersebut disebabkan karena benturan permukaan keras, pukulan benda tumpul, dan kecelakaan. 

Sementara itu, mengutip NHS, kematian otak merupakan kondisi ketika seluruh aktivitas otak terhenti permanen. Orang yang mengalami kondisi ini bisa berada pada keadaan koma dan tidak akan sadar kembali.

Baca juga: 7 Drama Korea Tayang Juni 2023, Para Bintang Ternama Siap Menyapa

Pasien biasanya membutuhkan alat bantu seperti ventilator untuk bernapas agar jantungnya tetap berdetak. Namun demikian, orang tersebut tidak bisa kembali sadar dan mengatur sistem organ tubuh. Mereka yang mengalami mati otak biasanya dinyatakan meninggal dunia.

Ada beberapa penyebab kematian otak. Selain cedera kepala yang parah, kondisi ini terjadi bisa karena serangan jantung, strok, gumpalan darah yang menghalangi aliran darah ke seluruh tubuh, pendarahan otak, infeksi, hingga tumor otak.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Aman Dikonsumsi, Cek 10 Makanan Kaya Serat untuk Mencegah Kadar Gula Darah Naik

BERIKUTNYA

RM Bagikan Pesan Mengharukan Buat ARMY di Ultah 10 Tahun BTS, Kasih Sinyal Enggak Bakal Bubar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: