Es Coklat Impian (sumber gambar : coklatimpian / instagram)

Peluang Kemitraan Es Coklat yang Lagi Viral, Ini Perhitungan Usahanya

12 June 2023   |   22:08 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Beberapa tahun terakhir, bisnis minuman kekinian memang tengah naik daun. Setelah sempat viral minuman es teh dan es kopi kekinian, belakangan mulai muncul satu jenis minuman lainnya yang menjadi incaran yakni minuman es cokelat kekinian. Sebetulnya minuman es cokelat memang sudah lama hadir, tetapi kembali menjadi perbincangan karena cara penyajiannya yang unik.

Hadir menggunakan gelas jadul dengan diberi tambahan roti panggang sebagai topping, es cokelat ini memberikan sensasi tersendiri saat menikmatinya. Minuman es cokelat ini pertama kali viral di daerah Jawa Tengah, khususnya di Semarang dan  Yogyakarta. Salah satunya adalah Es Coklat Impian yang berdiri pada awal 2022 tepatnya pada Februari 2022 di kawasan Lempuyangan, Yogyakarta.

Baca juga: Ekspansi Buka Restoran Makanan Korea Kekinian, Intip Strategi Bisnis Bos Haus!

Es cokelat yang berada di bawah naungan Lebihbaik Company ini awalnya menargetkan pangsa pasar anak-anak sekolahan. Namun setelah dibuka ternyata yang paling banyak membeli justru para wisatawan, apalagi Yogyakarta dikenal sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia.

Irham, CEO Lebihbaik Company menceritakan pada saat pertama kali berdiri, kedai Es Coklat Impian sangat sepi karena memang lokasinya yang terbilang kurang strategis sehingga dia pun memutuskan untuk memberikan minuman es cokelat gratis selama 3 hari tanpa syarat apapun. “Tujuannya hanya untuk menaikan traffic,” tuturnya.

Tak sia-sia, rupanya cita rasa es cokelat yang nikmat dan wangi serta cara penyajiannya yang unik membuat banyak masyarakat penasaran ingin mencicipinya.  Bahkan, tak sedikit konsumen dan wisatawan yang mereview Es Coklat Impian hingga viral di TikTok dan media sosial lainnya.

Bukan hanya mengandalkan review langsung dari pengunjung, Irham juga rutin mengundang para influencer lokal untuk membantu mempromosikan di media sosial, termasuk aktif menggunakan fitur iklan sehingga nama Es Coklat Impian akan terus membekas di benak konsumen.

Es Coklat Impian memang hanya memiliki menu minuman coklat mulai dari es cokelat, coklat panas, hingga es cokelat kopi klasik dengan tiga pilihan ukuran gelas yang dibanderol mulai dari Rp6.500 hingga Rp19.000. Untuk memberikan rasa yang lebih nikmat, setiap pembelian es coklat bisa diberi tambahan roti sebagai topingannya dengan harga mulai dari Rp2.500 untuk original dan Rp3.500 untuk roti panggang.

Adapun untuk camilan, Es Coklat Impian menyediakan menu kentang goreng, pisang cokelat, dan siomay goreng dengan harga Rp15.000. Selain itu, Es Coklat Impian juga menghadirkan menu baru yakni Ice Dream yang tersedia dalam varian coklat dan vanilla.

Berawal dari satu outlet kecil di Lempuyangan, Yogyakarta dengan omzet Rp500 ribu per hari, hingga kini, Es Coklat Impian sudah memiliki lebih dari 50 cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Meski sudah memiliki puluhan cabang di berbagai kota di Indonesia, Irham mengatakan bahwa pihaknya akan terus menjaga kualitas dan berinovasi sehingga bisnisnya dapat terus tumbuh dan berkembang.

Bagi yang ingin memulai bisnis minuman, Es Coklat Impian menawarkan  sistem kemitraan dengan harga paket lisensi kemitraan untuk Jabodetabek mulai Rp40 juta hingga Rp55 juta untuk paket siap jual sebab di dalamnya sudah termasuk perlengkapan jualan dan bahan baku awal.

Pihak manajemen memproyeksikan omzet per bulan sekitar Rp10,8 juta, Rp21,6 juta hingga Rp36 juta.

Baca juga: Begini Strategi Tomoro Coffee Mengembangkan Bisnis Kopi Kekinian

Berikut perincian lengkap proyeksi moderat untuk omzet Es Coklat Impian
  • Harga jual Rp12.000
  • Rata rata penjualan Rp60 pcs per hari
  • Jumlah hari aktif 30 hari
  • Omzet bulanan Rp21,6 juta
  • Profit kotor Rp10,8 juta
  • Operasional
  • Gaji karyawan per orang Rp1,5 juta
  • Sewa lapak Rp1,5 juta
  • Total biaya operasional Rp3 juta
  • Profit bersih Rp7,8 juta

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

7 Fakta Menarik di Balik Produksi The Idol, Debut Akting Jennie BLACKPINK Hingga Kontroversi Produksi

BERIKUTNYA

Simak Tip & Trik Memasak Ayam Woku yang Menggugah Selera

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: