Ilustrasi interview kerja. (Sumber gambar: Freepik)

5 Tip Menjawab Kelebihan Diri Saat Interview Kerja

12 June 2023   |   07:43 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Proses interview atau wawancara menjadi bagian penting penerimaan karyawan baru di sebuah perusahaan. Dari kegiatan tesebut, HRD maupun manajemen perusahaan bisa mendapat gambaran, pertimbangan, dan penentuan apakah kalian layak diterima bekerja atau tidak.

Saat wawancara, biasanya perekrut atau recruiter akan menanyakan sejumlah hal. Paling sering yakni mengenai kelebihan dan kekurangan diri calon karyawan. 

Mungkin menurut Genhype pertanyaan ini terbilang sepele. Namun bagi HRD, ini menjadi tolak ukur dalam personalitas, etos kerja, dan cara berkomunikasi dari kandidat pelamar kerja. Pertanyaan ini juga menilai apakah kandidat dapat bekerja dengan baik dalam tim.

Baca juga: 10 Pantangan saat Wawancara Kerja yang Tidak Disukai oleh HRD

Saat menjawabnya, jangan pernah grogi ya, Genhype. Bisa-bisa kalian gagal masuk tahap selanjutnya. Buat Genhype yang sedang mencari kerja atau dalam proses recruitment, berikut kiat untuk menjawab pertanyaan mengenai kelebihan diri yang bisa kalian coba. 
 

Tips Menjawab Kelebihan Diri

1. Komitmen Bekerja

Mengutip Greatdayhr, perusahaan selalu menyukai orang yang memiliki dedikasi dan komitmen yang tinggi. Kendati demikian, jangan menjawabnya terlalu berlebihan ya. Sesuaikan dengan kemampuan yang kalian miliki. 

Tunjukkan jika kalian dapat menjadi orang yang dapat diandalkan, dan bertanggung jawab atas setiap pekerjaan yang diberikan sesulit apapun. Tidak ada salahnya memberikan contoh komitmen terhadap pekerjaan kalian di perusahaan sebelumnya.


2. Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi sangat penting dimiliki seorang karyawan. Bukan hanya dari segi penguasaan bahasa, namun cara kalian untuk berinteraksi dan berkoneksi dengan banyak orang. 

Komunikasi menjadi dalam setiap pekerjaan untuk menjalin hubungan kerja dengan atasan, tim, maupun relasi. Saat interview, jangan berbicara terlalu bertele-tele. Sampaikan setiap perkataan dengan lugas, mudah dimengerti, dan tunjukkan komunikasi dengan cara yang menyenangkan. 


3. Percaya Diri

Jangan terlihat grogi dan kurang percaya diri saat kalian melakukan sesi wawancara. Ungkapkan bahwa kalian adalah sosok yang percaya diri dan tunjukkan melalui tindakan atau gaya bicaramu. 

Tampil percaya diri menurut Weefer dapat menjadi nilai kelebihan kalian. Dalam menyampaikan kelebihan ini, kalian perlu menjelaskan pula konteksnya dan pakai gesture tubuh seperti menatap dengan yakin para recruiter.


4.  Orang yang Menyenangkan

Menjawab kalian adalah orang yang menyenangkan bisa menjadi pertimbangan HRD bahwa kalian memiliki banyak relasi. Recruiter juga bisa menganggap kalian mudah beradaptasi di lingkungan baru. 

Namun jangan sekedar kata ya, Genhype. Tunjukkan jika memang kalian adalah orang yang menyenangkan selama sesi wawancara agar HRD percaya kamu pada dasarnya orang yang membawa energi positif bagi perusahaan nantinya.


5. Berpikir Kreatif & Selalu Belajar Hal Baru

Kreativitas sangat penting bagi perusahaan untuk tetap eksis. Oleh karena itu, manajemen suka dengan orang-orang yang berpikir kreatif dan menghasilkan ide-ide segar. 

Supaya semakin meyakinkan, berikan beberapa contoh karya, portfolio, atau hasil pemikiran kreatif kalian kepada interviewer. Contoh ini dapat berupa portfolio dalam bentuk media digital, website, instagram khusus mengenai proyek-proyek yang pernah kalian kerjakan.

Selain kreatif, tunjukkan bahwa kalian merupakan orang yang penasaran dengan hal-hal baru. Rasa penasaran yang besar memacu kalian untuk terus mempelajari dan pada akhirnya menguasai ilmu dan skill baru.

Baca juga: 7 Cara Sukses Wawancara Kerja Daring, Anti Gugup

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

7 Larangan Nyeleneh di Berbagai Negara, Salah Satunya Enggak Boleh Ngunyah Permen Karet

BERIKUTNYA

Hypereport: Mencoba Tetap Berkelas Walau dengan Barang Bekas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: