Ilustrasi YouTuber dengan kameranya. (Sumber gambar : Freepik)

5 Rekomendasi Kamera Buat YouTuber Pemula

11 June 2023   |   12:12 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kamera menjadi item penting bagi para konten kreator seperti YouTuber. Pasalnya, kamera sangat menentukan kualitas video yang berdampak pada minat penonton untuk terus mengikuti konten yang dibuat, selain isi dan proses editing yang menarik.

Kualitas video ini tentu tidak lepas dari ragam fitur yang disajikan kamera itu sendiri. Namun sebagai YouTuber pemula, tentunya kalian pasti bingung kamera apa yang harus dipilih atau dibeli untuk melengkapi ide kreatif kalian. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Kamera yang Cocok untuk Vlogging

Sebagai rekomendasi, berikut 5 merek dan jenis kamera terbaik 2023 buat para YouTuber. 


1. Panasonic GH5 Mark II

Menurut Techradar, GH5 menjadi pilihan terbaik untuk semua jenis konten. Kamera ini menawarkan rangkaian lengkap keterampilan video dalam bodi yang kokoh namun ringan. 

GH Mark II memiliki fitur utama seperti streaming langsung nirkabel bawaan. Dengan dukungan RTMP/RTMPS, kamera ini bisa langsung tersambung dengan YouTube. Resolusi rekaman yang dikirim melalui Wi-Fi menyesuaikan secara otomatis agar sesuai dengan kekuatan koneksi, dengan 1080/60fps. 

Kamera ini membawa resolusi film maksimal 4K (Definisi Ultra Tinggi) yang membuat kualitas video lebih tinggi daripada HD. Pada format UHD, gambar akan lebih tajam daripada format HD dukungan untuk video 10-bit 4:2:2 dan Full HD slow-mo super halus. 

Performa cahaya redup sedikit dibatasi oleh ukuran sensor Micro Four Thirds, tetapi stabilisasi gambar dalam bodi lima sumbu berfungsi dengan baik. Ini memungkinkan kalian memotret dengan tangan tanpa terlalu banyak goyangan. Kamera ini layar dikombinasikan dengan layar sentuh loh.


2. Panasonic Lumix GH6

Masih pada merek Panasonic, Lumix GH6 membawa kamera Micro Four Thirds yang serbaguna untuk YouTuber. Walaupun tidak memiliki fitur streaming langsung seperti GH Mark II, kamera ini meningkatkan hampir semua spesifikasi seperti dilengkapi dengan sensor 25,2MP Micro Four Thirds, yang dapat merekam rekaman 5,7K pada 30fps.

Rangkaian mode video 10-bitnya yang sangat besar memberikan fleksibilitas bagi mereka yang suka menilai warna di suite pengeditan. Format ProRes dan H.265 didukung oleh GH6 dan YouTube. 

Walaupun ukurannya sedikit besar, menurut Techradar, GH6 tetap menjadi alat yang relatif ringkas untuk merekam video YouTube di luar studio. Waktu perekaman tidak terbatas dengan monitor layar sentuh plus tombol rekam di bagian depan.


3. Fujifilm X-S10

Salah satu mirrorless all-rounder terbaik, Fujifilm X-S10 juga menjadi salah satu kamera YouTube terbaik karena spesifikasi video dan serba guna.

Kalian akan mendapatkan sensor 26,1MP X-Trans CMOS 4 yang fantastis, dipasangkan dengan Prosesor X 4 yang memfasilitasi beberapa fungsi video teratasnya, seperti perekaman video 4K/30p. Kemampuan untuk menggunakan sumber mikrofon eksternal, opsi untuk menghasilkan video 4:2:2 10-bit, Full HD hingga 240p untuk efek gerakan lambat dan sistem stabilisasi gambar dalam bodi yang bagus.


4. Sony ZV-1

Compact premium terbaik untuk YouTuber ini memiliki sistem pelacakan real-time dan Eye AF Real-time Sony yang terdepan di kelasnya. Alhasil. kalian tetap fokus saat bergerak di sekitar bingkai, sementara lensa terang dan ukuran sensor 1 inci yang besar menghasilkan gambar yang jernih dan tajam. Ditambah bokeh latar belakang, yang cukup langka pada kamera berukuran saku.

Hotshoe dapat mengakomodasi mikrofon eksternal atau lampu LED tanpa menghalangi layar sentuh yang membalik ke samping. Kamera ini juga memiliki tombol rekam video yang jauh lebih besar daripada compact biasa, dan filter ND bawaan untuk membantu Genhype memotret gerakan halus di luar ruang yang terik. 

Sony ZV-1 juga menawarkan fitur yang ditujukan khusus untuk YouTuber berbasis ulasan produk yang dengan cepat mengubah pengaturan untuk pemotretan objek yang optimal. Sementara streaming langsung YouTube akan ditambahkan melalui pembaruan perangkat lunak pada Juli 2023.


5. DJI Pocket 2

Buat yang suka nge-vlog solo travelling, DJI Pocket 2 bisa menjadi pilihan. Seperti pendahulunya, Pocket 2 menggabungkan gimbal yang menstabilkan dengan bodi yang ringkas untuk menangkap rekaman genggam yang mantap dengan cepat. 

Sensornya yang bergaya smartphone tidak akan membuat videografer berpengalaman terkesan, tetapi pada 64MP sensor ini lebih dari cukup tajam untuk merekam vlog yang dapat ditonton, dengan kinerja yang ditingkatkan dengan dimensi 1,7 inci yang lebih besar. 

Pocket 2 juga mencakup bidang pandang 93 derajat yang lebih luas, pengambilan audio yang lebih baik, dan slow-mo dalam Full HD. Dengan Creator Combo, kalian akan mendapatkan mikrofon nirkabel eksternal, lensa sudut ultra lebar, kaki tripod, plus Do-It-All Handle DJI untuk audio pihak ketiga. 

Baca juga: Minat Jadi Vlogger? Cek 6 Kamera 360 Derajat Ini!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Resep Kudapan & Minuman Segar, Cocok Buat Drakoran Santai di Akhir Pekan

BERIKUTNYA

Cetak Rekor,  Album FML SEVENTEEN Duduki Posisi Top 65 Billboard 200 Selama 5 Minggu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: