ASEAN Para Games XII 2023 Kamboja.

ASEAN Para Games 2023: Pesta Olahraga Ditutup dengan Spektakuler dan Gegap Gempita

09 June 2023   |   21:29 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Upacara penutupan ASEAN Para Games 2023 Kamboja berlangsung semarak. Berlangsung di Morodok Techo National, Phnom Penh, Jumat (9/6/2023) malam, pesta penutupan olahraga difabel se-Asia Tenggara ini dimeriahkan oleh berbagai atraksi. 

Hypeabis.id berkesempatan menyaksikan secara langsung upacara penutupan ini, bersama kontingen Indonesia, serta kontingen lain dari negara-negara Asia Tenggara. Atmosfer stadion sangat terasa meriah.

Baca juga: ASEAN Para Games 2023: Atlet Renang Difabel Mutiara Cantik Harsanto Unggul dengan 2 Medali Emas & 6 Medali Perak

Dari bagian tribun hingga lapangan, penuh dengan permainan cahaya. Baik itu yang berasal dari lampu sorot atau bohlam-bohlam yang dipasang di kursi tribun, serta tengah lapangan. Sesekali masyarakat Kamboja bersorak, sehingga menciptakan keriuhan. 

Di Tengah stadion, terdapat panggung yang menampilkan berbagai pertunjukan budaya Kamboja. Panggung ini juga berkibar bendera Thailand, yang akan menjadi tuan rumah ajang serupa pada 20-26 Januari 2026. Sementara itu, pada bagian atasnya tampil layar yang memperlihatkan potongan video selama gelaran ajang ini di Kamboja. 
 

Upacara Penutupan ASEAN Para Games 2023 Kamboja. (Sumber foto: Hypeabis.id/Dika Irawan)

Upacara Penutupan ASEAN Para Games 2023 Kamboja. (Sumber foto: Hypeabis.id/Dika Irawan)


Salah satu momen yang menarik adalah ketika para penampil memberikan selendang khas Kamboja kepada para kontingen negara-negara Asia Tenggara. Kain tersebut menjadi cinderamata dari tuan rumah untuk para tamunya. 

Upacara penutupan ini semakin gegap gempita dengan pesta kembang api di Morodok Techo National, Phnom Penh. Kilauan cahaya dari kembang api ini sekaligus menjadi penutup upacara hajatan olahraga difabel se-Asia Tenggara ini. Para atlet dan official Indonesia dan negara lain pun tampak terkesan dengan salam perpisahan dari tuan rumah ini. 

ASEAN Para Games 2023 di Kamboja berjalan dengan sukses. Dimulai dari 3 hingga 9 Juni ini menjadi pembuktian atlet-atlet disabilitas dari Asia Tenggara untuk menunjukkan prestasi mereka. Dalam ASEAN Para Games kali ini, Indonesia keluar sebagai juara umum, dengan Raihan 159 emas, 148 perak, dan 94. Dengan demikian Indonesia mengoleksi 401 medali.

Di tempat kedua ada Thailand yang mengumpulkan 126 emas, 109 perak, dan 92 perunggu. Adapun di tempat ketiga dihuni oleh Vietnam, dengan capaian 66 emas, 58 perak, dan 77 perunggu. Sementara tuan rumah, menempati peringkat 8, dengan Raihan 9 emas, 18 perak, dan 43 perunggu.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

4 Cara Meningkatkan Partisipasi Perempuan Dalam Dunia Kerja

BERIKUTNYA

Yuk Cek Koleksi Pameran Refresh di Art:1 New Museum, Ada Koleksi Lukisan Maestro Lho!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: