ASEAN Para Games XII 2023 Kamboja.

ASEAN Para Games 2023: Atlet Renang Difabel Mutiara Cantik Harsanto Unggul dengan 2 Medali Emas & 6 Medali Perak

09 June 2023   |   20:06 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Mutiara Cantik Harsanto, seorang atlet renang difabel Indonesia, berpartisipasi dalam ASEAN Para Games 2023 di Kamboja. Meskipun baru berusia 19 tahun, Mutiara telah mencapai prestasi yang luar biasa dalam pesta olahraga difabel Asia Tenggara tersebut. Dia memboyong dua medali emas dan enam perak. 

Dalam ajang ASEAN Para Games 2023, Mutiara berkompetisi dalam beberapa nomor, di antaranya 100 meter gaya dada SB9, 100 meter punggung S9, 100 meter gaya kupu-kupu S9, dan 400 meter gaya bebas S9. Bahkan, dia berhasil memecahkan rekor baru dalam nomor 100 meter gaya dada dengan waktu 1 menit 33,55 detik.

Baca juga: ASEAN Para Games 2023: Atlet Para Bulutangkis Ini Tunjukkan Kekurangan Bukan Hambatan untuk Berprestasi

Keberhasilan Mutiara di kolam renang tidak terjadi begitu saja. Dia telah melewati proses panjang, melawan kejenuhan selama periode pelatihan nasional. Disiplin latihan yang konsisten merupakan kunci kesuksesannya.

"Ketika saya bertanding di sini, rasanya seperti latihan biasa," ungkapnya kepada Hypeabis.id di kompleks olahraga Morodok, Phnom Penh, Kamboja belum lama ini. 

Mutiara (kedua dari kanan) dengan bangga menunjukkan medalinya. (Sumber foto: Hypeabis.id/Dika Irawan)

Mutiara (kedua dari kanan) dengan bangga menunjukkan medalinya. (Sumber foto: Hypeabis.id/Dika Irawan)


Mutiara merasa sangat bahagia karena berhasil meraih prestasi dan memberikan kebanggaan bagi Indonesia. Namun, dia tidak berhenti di situ. Dengan tekad yang kuat, Mutiara berambisi untuk mencapai prestasi yang lebih gemilang, terutama dalam ASEAN Para Games 2026 di Bangkok, Thailand.


Dalam perjalanan sebagai seorang atlet, Mutiara seolah-olah ditakdirkan menjadi 'ratu' renang. Ketertarikannya terhadap renang muncul karena pengaruh ayahnya yang merupakan prajurit TNI Angkatan Laut.

Sang ayah mendorongnya untuk terlibat dalam olahraga renang, awalnya hanya untuk menjaga kesehatan. Namun, seiring berjalannya waktu, Minatnya terhadap renang semakin tumbuh hingga akhirnya dia bergabung dengan klub renang.

Dari sinilah, Mutiara mulai berpartisipasi dalam berbagai kejuaraan hingga bakatnya terlihat oleh NPC Indonesia. Sejak saat itu, dia diajak untuk bergabung dan memperkuat tim Indonesia dalam ajang para games melalui cabang olahraga renang para.

Meskipun masih muda, Mutiara masih memiliki mimpi untuk meraih prestasi yang lebih baik. "Setelah saya pensiun, saya ingin mendedikasikan hidup saya untuk renang," katanya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

ASUS ROG Luncurkan 5 Laptop Gaming dengan Prosesor AMD Ryzen 7000 Series, intip Spesifikasinya

BERIKUTNYA

4 Cara Meningkatkan Partisipasi Perempuan Dalam Dunia Kerja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: