Indonesia memastikan keluar sebagai juara umum ajang ASEAN Paragames 2023 Kamboja, setelah berhasil mengumpulkan 128 medali emas pada Kamis (7/6/2023) malam pagi waktu setempat. Adapun, per hari ini, Kamis (8/6/2023), Indonesia telah mendulang 132 emas, 129 emas, dan 179 perunggu. 

ASEAN Para Games 2023: Hattrick, Indonesia Juara Umum di Kamboja

08 June 2023   |   16:47 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Indonesia memastikan keluar sebagai juara umum ajang ASEAN Paragames 2023 Kamboja, setelah berhasil mengumpulkan 128 medali emas pada Kamis (7/6/2023) malam pagi waktu setempat. Adapun, per hari ini, Kamis (8/6/2023), Indonesia telah mendulang 148 emas, 132 perunggu, dan 87 perunggu per pukul 19.35 WIB. 

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan, dengan hasil ini, Indonesia menjadi juara umum ketiga kalinya berturut-turut. Selain itu, perolehan medali ini juga menjadi Raihan terbanyak sepanjang keikutsertaan di ASEAN Paragames, di luar tuan rumah. 

"Alhamdulillah kita mencatat sejarah dan prestasi rakyat Indonesia," katanya di Kompleks Olahraga Nasional Morodok Techo, Phnom Penh, Rabu (8/6/2023).

Baca juga: ASEAN Para Games 2023: Persembahkan Emas untuk Indonesia, Sitting Volleyball Putri Bidik Level Asia

Pencapaian di Kamboja ini membawa Indonesia juara umum tiga kali beruntun alias hattrick, setelah di Malaysia (2017) dan tahun lalu saat menjadi tuan rumah pada tahun lalu.

Dito mengatakan, dengan prestasi di Kamboja ini, Indonesia akan menargetkan medali lebih banyak di ajang Asian Paragames di Hangzhou, China pada yang akan berlangsung pada 22-28 Oktober 2023. "Ajang ini [ASEAN Paragames Kamboja] menjadi pemanasan sebelum menuju ke sana," katanya. 
 

.

.


Terpisah, Ketua Umum National Paralympic Committee Indonesia, Senny Marbun, mengatakan, selain juara umum, pihaknya bersyukur secara perolehan medali emas melebihi target yang diberikan pemerintah.

Apalagi Indonesia masih berpeluang menambah sederet medali emas hingga hari terakhir penyelenggaraan ASEAN Para Games 2023. "Terima kasih atas kerja keras atlet, pelatih, official dan semua pihak yang terlibat membawa Indonesia juara umum," jelasnya.

Baca juga: 3 Negara Langganan Juara Umum Sepanjang Sejarah Asean Para Games

Senny Marbun menambahkan, NPC Indonesia terus bekerja keras untuk meraih prestasi serupa, termasuk pada ASEAN Para Games 2025 di Thailand. "Kita selalu berusaha mempertahankan gelar juara ini. Mudah-mudahan dengan kerja keras kita bisa meraih prestasi lagi di Thailand," tegas Senny Marbun.

Menpora juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang mendukung para atlet di ajang ini, juga para sponsor. Dalam hal ini, PT Bayan Resources, Tbk. lewat program Bayan Peduli yang menjadi sponsor utama.  "Dukungan ini sangat bermanfaat bagi perkembangan olahraga disabilitas Indonesia," katanya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Menengok Fitur-fitur Canggih Tablet yang Makin Menyerupai Laptop

BERIKUTNYA

Jemaah Haji Lansia Terserang Infeksi Paru Hingga Pikun Akut, Simak 7 Cara Mencegahnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: