Salah satu scene dalam film Onde Mande! (Sumber gambar: tangkapan layar trailer Onde Mande!)

6 Fakta Menarik Film Onde Mande! yang Tayang 22 Juni 2023

07 June 2023   |   13:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film karya sineas dalam negeri berjudul Onde Mande! akan tayang di bioskop seluruh Indonesia mulai 22 Juni 2023. Film yang mendapatkan arahan dari Sutradara Paul Fauzan Agusta memiliki sejumlah fakta menarik yang harus diketahui sebelum menyaksikannya.

Dalam rilis yang diterima Hypeabis.id, film Onde Mande! bercerita tentang warga desa yang tinggal di tepi Danau Maninjau, Sumatra Barat. Mereka menyusun sebuah rencana besar demi mendapatkan hadiah sayembara senilai Rp2 miliar.

Rencana itu disusun lantaran sang pemenang sayembara, yakni Angku Wan (diperankan oleh Musra Dahrizal) meninggal sebelum mengeklaim hadiah. Angku Wan digambarkan sebagai sosok tetua yang ada di desa tersebut. 

Baca juga: Jadi Lokasi Syuting Film Hati Suhita, Pondok Pesantren Modern Sahid Dukung Nilai Edukasi Islami

Lewat berbagai cara, warga desa yang terdiri dari Ni Ta ( Jajang C. Noer), Da Am (Jose Rizal Manua), Sir Mar (Shenina Cinnamon), dan warga lainnya berupaya keras meyakinkan perusahaan sabun tersebut bahwa si pemenang sayembara masih hidup.

Warga desa menginginkan hadiah itu bukan karena keserakahan. Mereka ingin membangun desa demi kesejahteraan seluruh warga seperti pesan yang disampaikan Angku Wan sebelum meninggal dunia.

Namun, rencana besar yang disusun oleh warga mengundang pro dan kontra. Keadaan kian runyam lantaran karakter Anwar (Emir Mahira) datang ke desa secara tiba-tiba untuk memvalidasi pemenang. Anwar adalah perwakilan perusahaan sabun yang menyelenggarakan sayembara. 
 


Sebelum kalian menonton film ini, berikut sejumlah fakta menarik yang perlu kalian ketahui, dirangkum dari berbagai sumber.
 

1. Angkat Budaya Minangkabau

Film Onde Mande! yang akan tayang pada 22 Juni 2023 tersebut akan fokus mengangkat budaya masyarakat Minangkabau.
Nilai-nilai yang diangkat dalam film ini adalah kekeluargaan, kecintaan terhadap tanah kelahiran, dan nilai budaya yang ada di dalam kebudayaan Minangkabau lainnya.

Dialog yang ada di film ini juga sebanyak 99 persen menggunakan bahasa Minangkabau. Bagi Genhype yang tidak mengerti tidak perlu khawatir lantara kalian dapat tetap mengikuti alur cerita dan menikmatinya lantaran akan terdapat subtitle bahasa Indonesia ketika aktor dan aktris menggunakan bahasa Minangkabau. 
 

2. Panorama Alam

Film yang mendapatkan arahan dari Sutradara Paul Fauzan Agusta itu juga akan memanjakan mata para penonton ketika tayang di bioskop. Pasalnya, film juga bakal hadir dengan suguhan panorama alam dan sejumlah potensi destinasi wisata yang ada di Sumatra Barat.

Danau Maninjau, Kelok 44, dan Desa Sungai Batang adalah sedikit contoh dari beberapa lokasi wisata yang akan dihadirkan dan dapat dinikmati oleh para penonton film Onde Mande! nanti.


3. Suguhan Komedi

Fakta lainnya adalah film ini akan hadir sebagai karya dengan genre drama keluarga dan komedi. Para penonton dari berbagai usia disebut-sebut akan mendapati jalan cerita yang unik dan kocak ketika menontonnya saat dirilis nanti. Penonton akan bisa terhibur, selain mendapat pengetahuan tentang nilai dan budaya Minangkabau. 
 

4. Aktor Lintas Generasi & Garis Keturunan Minangkabau

Onde Mande! adalah film persembahan Visinema yang bekerjasama dengan Gandrvng Films dan Visionari Capital. Karya ini dibintangi oleh sederet aktor dan aktris ternama di dalam negeri dan juga lintas generasi.

Tidak hanya itu, aktor dan aktris yang akan berperan dalam film Onde Mande! juga memiliki garis keturunan Minang, yakni Shenina Cinnamon, Emir Mahira, Jajang C Noer, Jose Rizal Manua, Shahabi Sakri, Ajil Ditto dan Musra Dahrizal. 
 

5. Dapat Menjadi Magnet Wisatawan

Film Onde Mande! yang memperlihatkan keindahan sejumlah destinasi wisata hingga kuliner  yang ada di Sumatra Barat diharapkan dapat membuat banyak wisatawan berkunjung. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mengundang travel agent, baik online maupun konvensional, untuk menjual paket berkunjung ke Danau Maninjau atau paket Onde Mande!
 

6. Tidak Ada Sinyal

Tempat syuting yang berada di sekitar Danau Maninjau adalah daerah yang susah sinyal. Kondisi susah sinyal itu akan dibawa ke dalam adegan film dan menjadi salah satu dari banyak scene yang dapat dinikmati oleh para penonton.

Untuk memperoleh sinyal gawai, orang di sana harus menaiki sampan ke tengah danau. Di film ini, aktris Shenina Cinnamon harus belajar menggunakan perahu kecil itu untuk beradegan ke tengah danau guna mencari sinyal.

Baca juga: Bikin Bangga! Film Tiger Stripes & A Distant Call Sabet Penghargaan di Festival Film Cannes 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Karya Retrospektif Seniman Nunung W.S. Hadir dalam Pameran The Spirit Within

BERIKUTNYA

3 Seri iPhone yang Tidak Bisa Update iOS 17, Ternyata Ini Penyebabnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: