iPhone (Sumber Foto: Apple)

3 Seri iPhone yang Tidak Bisa Update iOS 17, Ternyata Ini Penyebabnya

07 June 2023   |   06:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Apple mengumumkan peluncuran sistem operasi iOS 17 untuk iPhone melalui ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023. Jenama teknologi terkemuka tersebut juga menyebutkan deretan tipe iPhone yang bisa menikmati sistem iOS versi teranyarnya.

Mengutip dari situs resmi Apple, iOS 17 versi final dipastikan sudah bisa digunakan mulai musim gugur 2023, yakni sekitar bulan September, Oktober, atau November mendatang. Update iOS 17 akan tersedia untuk iPhone Xs dan model iPhone yang dirilis setelahnya.

Baca juga: 19 Tipe iPhone yang Kebagian iOS 17, Begini Cara Instalnya

Di antaranya adalah iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max, iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, dan iPhone SE generasi kedua dan terbaru.

Artinya, ada tiga model iPhone yang belum bisa menjajal sistem operasi iOS 17. Ketiga iPhone tersebut adalah iPhone 8 iPhone 8 Plus iPhone X yang ketiganya dirilis pada 2017. Sistem operasi perangkat tersebut hanya bisa menggunakan iOS versi sebelumnya.

iPhone 8 dan iPhone Plus sendiri dirilis pada September 2017 lalu, kabarnya sistem operasi kedua ponsel ini akan terhenti pada iOS 15. Adapun iPhone X yang dirilis pada November 2017 akan terhenti pada sistem operasi iOS 16. 

Ketiga seri iPhone terdahulu tersebut memiliki performa dan kapasitas yang kurang mumpuni untuk menjajal fitur baru iOS 17. Sehingga para pengguna iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X harus bertahan dengan penggunaan sistem operasi iOS 16.

Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa seri iPhone lawas tidak dapat mencoba sistem operasi iOS 17 terbaru? Namun, hal ini tentu bukan tanpa alasan. Seri iPhone yang tidak lagi mendukung iOS 17 semuanya diluncurkan sekitar 6 tahun lalu sehingga teknologi yang digunakan pun model lama sehingga tidak kompatibel dengan fitur-fitur baru iOS 17.
 
Apabila Apple tetap memberikan update iOS 17 kepada iPhone seri lama, dikhawatirkan akan membuat performanya makin menurun. Pada dasarnya Apple juga tidak memberi pembaruan iOS pada seri iPhone yang umurnya sudah lebih dari 5 hingga 6 tahun.
 
Baca juga: Cara Menggunakan Fitur Apple Pay di Indonesia, Tinggal Tap dari iPhone dan Apple Watch

Namun, jangan khawatir karena iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X tetap dapat digunakan seperti biasa. Hanya saja, pengguna iPhone yang sudah berumur tersebut tidak bisa menjajal fitur terbaru yang ditawarkan dari pembaruan iOS 17.

Selain iPhone, Apple juga mengumumkan sejumlah tipe iPad yang tidak bisa lagi mendapatkan pembaruan ke iPadOS 17. Perangkat tersebut yakni, iPad generasi kelima dan generasi pertama iPad Pro 12.9 inci.

??????Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

6 Fakta Menarik Film Onde Mande! yang Tayang 22 Juni 2023

BERIKUTNYA

Rahasia Membuat Ayam Goreng yang Crispy dan Juicy ala Mc Donald's

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: