Penampilan Grup Musik Bob James Trio saat berlangsungnya BNI Java Jazz Festival 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat  (2/6/2023). (Foto: Eusebio Chrysnamurti/Hypeabis.id)

Ritual Musik Bob James Trio Membius Penonton BNI Java Jazz Festival 2023

02 June 2023   |   21:21 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pianis kenamaan peraih Grammy Awards, Robert McElhiney James alias Bob James tampil memukau pada hari pertama BNI Java Jazz Festival 2023. Musisi asal Amerika ini tampil bersama drummer James Adkins dan basis muda berbakat Michael Pallazolo di panggung indoor ajang festival jaz tersebut pada Jumat (2/6/2023).

Adapun tiga musisi yang  tergabung dalam Bob James Trio membuka ritual jazz dengan salah satu lagu andalan yakni Avalabob. Alunan piano yang berdenting perlahan ditingkahi gebukan drum fusion yang menghentak, cukup membuat penonton terlena dan sesekali bertepuk tangan saat musik mengalun ritmis.

Baca juga: Senja, Jamie Aditya, dan Jaz Klasik di BNI Java Jazz Festival 2023

Tampil sederhana dengan celana khaki dan kemeja hitam lengan pendek, kharisma musisi gaek ini langsung memikat penonton. Jemari tangannya lincah menekan tuts piano. Tak ada suara vokal yang muncul, tapi alunan musik membahasa dalam telinga penonton.

Sesekali jemarinya berhenti menekan piano dan bergantian betotan bass dari Michael Pallazolo meningkahi gebukan drum dari Jammes Adkins. Hal ini pun langsung memuncak saat lagu kedua yang bertajuk Caravan dimainkan.

Sebelum memulai lagu,  James juga sempat bercerita bahwa dia sangat antusias terhadap gelaran festival tahunan itu. Tak lupa dia juga memperkenalkan para personel dari trio tersebut sebelum memulai lagu ketiga yang dibuat pada 2018 dalam album Espresso .

"Ini merupakan kehormatan bagi saya untuk kembali tampil di BNI Java Jazz 2023. Setelah ini marilah bersenang-senang sambil menikmati karya kami, Topside" katanya sembari mulai menekan tuts keyboard dan mengalunlah lagu tersebut.

Sorak dan tepuk  tangan penonton pun makin meriah saat lagu Topside mencapai penghujung. Gebukan drum dari musisi berambut gimbal itu sontak  menjadi ritmis setelah stik dan pedal di kakinya berdentam hingga mencapai ekstase yang disambut riuh penonton.

Setelah penonton menahan napas dengan aksi mereka, Shadow Dance perlahan kembali mengalun dalam temaram suasana lampu. Kendati musiknya terkesan rumit tapi penonton tetap tenang fokus menatap ke panggung, bahkan hampir tak ada yang berdiri dan semuanya duduk dengan rapi.

Namun semua sontak terkesima saat hampir lebih dari dua menit drummer James Adkins bermain solo seorang diri yang membuat kaki penonton tanpa sadar bergerak mengikuti ritme gebukan drumnya. Lalu tempik sorak  kembali bergema saat suara piano dan bas kembali mengisi musik.
 

Aksi Bob James Trio di BNI Java Jazz Festival 2023. (Eusebio Chrysnamurti/Hypeabis.id)

Aksi Bob James Trio di BNI Java Jazz Festival 2023. (Eusebio Chrysnamurti/Hypeabis.id)


Dikenal sebagai musisi jazz ternama asal AS, Bob James merupakan salah satu musisi pelopor  dalam perkembangan jazz fusion dunia. Penerima penghargaan Grammy untuk kolaborasi dengan David Sanborn di album Double Vision itu juga seorang pendiri jazz kontemporer supergrup Fourplay.

Setelah berkolaborasi dengan Sarah Vaughan, James juga menjadi musisi studio yang tampil dengan Stanley Turrentine dan Milt Jackson pada album Cherry (1972). Dari sanalah mereka  menghasilkan album dengan angka penjualan yang istimewa dari labelnya sendiri, Tappan Zee, serta Columbia, dan Warner Bros, termasuk kolaborasi dengan Earl Klugh dan David Sanborn.

Baca juga: Cek Berbagai Promo Seru di BNI Java Jazz Festival 2023

Selain Bob James Trio,  di hari pertama gelaran Java Jazz Fetival 2023 ini, artis luar negeri yang naik panggung antara lain The Chicago Experience Feat. Danny Seraphine & Jeff Coffey, Giacomo Tura hingga Stephen Sanchez. Sedangkan artis Tanah Air yang memeriahkan hari pertama Java Jazz 2023 di antaranya Adhitia Sofyan, Gugun Blues Shelter, Muhammad Dompas, hingga Fiko Nainggolan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cek Berbagai Promo Seru di BNI Java Jazz Festival 2023

BERIKUTNYA

Kejutan! Rendy Pandugo Bawakan Single Baru di BNI Java Jazz Festival 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: