, selain rasanya yang gurih, susu juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh (sumber gambar Unsplash/ Brian Suman)

Sambut Hari Susu Sedunia, Yuk Cek 6 Khasiat Susu Untuk Kesehatan

31 May 2023   |   10:25 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Hampir sebagian besar orang tentu gemar minum susu. Pasalnya, selain rasanya yang gurih, sumber protein hewani satu ini juga kaya akan nutrisi baik untuk tubuh yang telah terbukti secara medis. Food and Agriculture Organization (FAO) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga mengakui pentingnya susu sebagai makanan global.

Sebab, selain memiliki manfaat untuk tubuh, produk olahan susu juga mendukung mata pencaharian lebih dari 1 miliar orang di dunia. Hal inilah yang membuat FAO mengusulkan diadakannya Hari Susu Sedunia yang diperingati tiap 1 Juni sejak 2001.

Sewindu kemudian Indonesia juga turut merayakan Hari Susu Nusantara yang dimulai sejak 1 Juni 2009 melalui Keputusan Menteri Pertanian No. 2182/KPTS/PD.420/5/2009, selain tentunya setiap 1 Juni juga telah ditetapkan sebagai Hari Pancasila dan menjadi libur nasional. 

Baca juga: Cara Asmirandah Penuhi Gizi Anaknya yang Alergi Susu Sapi

Adapun, dalam sejarahnya susu produk hewani telah dinikmati manusia sejak zaman mesir kuno atau di kisaran 3.000 tahun SM. Kendati ada banyak jenis susu, tapi susu yang berasal dari sapi menjadi yang paling banyak dikonsumsi dan diproduksi mencapai 544,15 juta metrik ton pada 2022.

Nah, untuk menyambut hari susu sedunia yuk sederet manfaat minum susu yang telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian dalam ulasan berikut ini Genhype.


1. Menjaga Kesehatan Tulang & Gigi

Susu memiliki kandungan nutrisi berupa kalsium, fosfor, dan vitamin K2, dan D yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Beberapa penelitian telah menemukan asupan susu yang teratur dapat mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis, khususnya pada kelompok lansia yang sudah mulai mengalami pengeroposan tulang. 

Sementara untuk anak-anak, manfaat susu saat dikonsumsi secara rutin adalah membantu mengoptimalisasi perkembangan dan kepadatan tulang di masa pertumbuhan. Selain itu susu juga berperan untuk mencegah kerusakan gigi termasuk gigi berlubang yang seringkali dialami oleh anak-anak dan balita.


2. Menjaga Metabolisme Tubuh

Mengkonsumsi susu secara teratur juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan protein di dalam susu menurut beberapa penelitian dapat membantu pembentukan sel atau jaringan yang rusak atau terdampak ketika seseorang sakit hingga menuju fase pemulihan. 

Pasalnya, susu memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat memaksimalkan pembentukan sel atau jaringan yang dibutuhkan tubuh pada masa pemulihan. Namun, untuk lebih mengoptimalkan fase ini juga perlu didukung dengan sumber makanan gizi lain, termasuk buah dan daging.


3. Memulihkan Massa Otot

Kandungan protein di dalam susu juga dapat membantu membangun kembali sel jaringan dan massa otot pasca berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berat. Dengan pemulihan otot yang optimal maka hal ini juga akan membuat Genhype jadi tidak mudah lelah setelah berolahraga.

Selain berperan sebagai penambah cairan, manfaat susu juga disebut dapat mencegah rasa sakit pada perut usai olahraga. Selain itu, kandungan karbohidrat dan protein juga dapat kembali membentuk energi bagi tubuh untuk melanjutkan aktivitas.


4. Menjaga Berat Badan

Susu juga dapat melancarkan program diet serta menjaga berat badan yang ideal saat dikonsumsi bersama makanan tepat guna yang lain. Pasalnya, susu dapat memberi rasa kenyang yang lebih lama di tubuh sehingga dapat mengurangi porsi makan secara bertahap.
 
Adapun, rasa kenyang sebagai manfaat susu dikarenakan kandungan protein dan kalori yang ada di dalamnya. Sehingga seseorang yang mengkonsumsi susu secara teratur dapat menjaga berat badan ideal secara lebih saat dipadukan dengan gaya hidup sehat dan olahraga secara teratur.


5.  Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Minum susu sebelum tidur juga dapat membantu meningkatkan kualitas istirahat seseorang. Pasalnya, susu mengandung asam amino triptofan yang dapat membantu memproduksi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut juga berperan sebagai pembangun mood positif serta dapat mencegah depresi.

Tak hanya itu, mood positif yang dibangun sebelum tidur juga akan berdampak pada kualitas tidur yang lebih baik dan nyenyak sehingga saat bangun, tubuh jadi lebih berenergi. Penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan magnesium dalam susu juga dapat mencegah insomnia, terutama pada orang dewasa dan lansia.


6. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium pada susu juga memiliki peran untuk membantu tubuh mengurangi kadar tekanan darah serta kesehatan jantung. Mengkonsumsi susu rendah lemak juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular hingga penyempitan sel pembuluh darah.

Baca juga: Manfaat & Efek Samping Susu bagi Pengidap Asam Lambung, Perhatikan Aturan Minumnya

Selain itu, susu juga dapat mencegah risiko heartburn yang dipicu dari konsumsi makanan yang bersifat asam. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi susu setiap hari juga dapat memberi efek pendingin atau menetralisir pada lapisan perut dan kerongkongan yang dapat memicu nyeri di dada. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cek Jadwal VCT Valorant Challengers Indonesia Split 2 di Mall Taman Anggrek Mulai Hari Ini

BERIKUTNYA

Lee Seung Gi Hapus Semua Unggahan Instagram, Agensi Buka Suara untuk Menenangkan Fan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: