Ilustrasi Susu dan Kopi (Sumber foto: Pexels/Chevanon Photography)

Kiat Memilih Susu yang Tepat untuk Racikan Kopi Nikmat

08 March 2024   |   14:53 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Kopi telah menjadi bagian penting dari gaya hidup banyak orang di seluruh dunia. Tidak hanya sebagai penyemangat di pagi hari, tetapi juga sebagai teman saat bersantai atau berdiskusi. Namun, terkadang kita lupa bahwa susu juga memiliki peran penting dalam menentukan cita rasa akhir dari minuman yang kita nikmati.

Mulai dari baru bangun tidur, lalu pergi ke kantor, hingga sampai di kantor pun pasti ditemani oleh kopi. Tak heran jika kopi memang menjadi bagian penting bagi sebagian orang. Tak hanya nikmat, kopi juga menjadi penyemangat di kala menghadapi lelahnya kehidupan. 


Baca juga: 3 Jenis Proses Pengolahan Biji Kopi, Hasilkan Rasa yang Berbeda-Beda

Saat ini banyak beragam jenis kopi yang beredar dipasaran. Mulai dari kopi hitam pekat yang pahit hingga kopi creamy yang rasanya manis. Namun, Genhype juga perlu tahu jika kenikmatan kopi tak hanya terletak pada jenis kopinya saja, tapi juga pada susu yang digunakan. Susu dapat membuat cita rasa kopi menjadi lebih light dan menggugah selera.

Akan tetapi, kalian juga perlu memerhatikan susu yang dipilih. Nah, bagi Genhype yang mungkin ingin meracik kopi sendiri ada baiknya kalian mengetahui tips memilih susu untuk kopi supaya tidak salah pilih dan justru merusak rasa. Apa saja tipsnya? Berikut adalah penjelasannya. 
 

Sumber foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Sumber foto: Pexels/Andrea Piacquadio

 

Rasa 

Bagi Genhype yang menyukai kopi espresso yang pekat, susu dengan kekentalan tinggi seperti susu segar dan susu skim bisa menjadi pilihan untuk menambahkan tekstur yang kaya dan meningkatkan kekriman kopi. Namun, bagi Genhype yang ingin kopi dengan rasa susu yang lebih lembut dan tidak terlalu kuat, disarankan untuk memilih susu dengan kandungan lemak rendah seperti susu almond. 


Diet dan Alasan Kesehatan

Jika Genhype sedang menjalani diet dan mengurangi lemak, disarankan untuk memilih susu dengan kandungan rendah lemak atau skim. Namun, jika Genhype sulit mencerna laktosa atau alergi terhadap susu sapi, susu nabati seperti kedelai, almond, dan oat dapat menjadi pilihan. Jadi, kalian tetap bisa minum kopi tanpa harus mengorbankan kesehatan. 


Kandungan susu

Kandungan dalam susu memiliki pengaruh pada rasa dan tekstur kopi yang dihasilkan. Misalnya, karbohidrat dalam susu memengaruhi tingkat manisnya. Sebelum dipanaskan, susu mengandung dua jenis gula, yakni galaktosa dan laktosa. Namun, setelah dipanaskan, keduanya berubah menjadi sukrosa yang dapat menambah rasa manis pada kopi.

Tidak hanya itu, kandungan protein dalam susu juga harus diperhatikan. Jika Genhype menginginkan kopi dengan foam yang banyak, perhatikan kandungan proteinnya. Semakin tinggi kandungan proteinnya, maka semakin banyak foam yang dihasilkan ketika susu dipanaskan. Sebaliknya, semakin rendah kandungan proteinnya, foam yang dihasilkan juga akan semakin sedikit.

Selain itu, kandungan lemak dalam susu juga memiliki pengaruh pada rasa malt atau kekriman yang ditambahkan pada kopi setelah susu dicampurkan. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Nothing Rilis Phone (2a) dengan Prosesor MediaTek Dimensity 7200 Pro dan RAM 20 GB

BERIKUTNYA

Berbagai Teknologi Ini Bantu Atasi Kesuburan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: