Candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Tomas Malik)

Cek Destinasi & Event untuk Mengisi Libur Panjang Akhir Pekan

31 May 2023   |   08:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Seiring dengan peryaan Hari Lahir Pancasila dan Hari Raya Waisak yang jatuh pada 1 dan 4 Juni 2023, pemerintah menetapkan 2 Juni sebagai cuti bersama. Kondisi ini membuat masyarakat memiliki libur selama 4 hari. Untuk mengisi liburan, ada beragam ajang dan tempat wisata yang bisa didatangi di dalam negeri.

Keputusan penetapan hari libur nasional dan cuti bersama pada Juni 2023 terdapat dalam SKB No. 1006/2022, No. 3/2002, dan No. 3/2022 yang ditandatangani oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi.

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Wisata & Akomodasi Menginap untuk Liburan Singkat Harpitnas

Dalam SKB tersebut, Juni menjadi bulan kedua yang memiliki tanggal merah terbanyak setelah April. Pada bulan ini, pemerintah menetapkan libur nasional sebanyak tiga hari dan cuti bersama mencapai satu hari. Libur nasional akan terjadi pada 1 Juni untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

Kemudan, 4 Juni untuk memperingati Hari Raya Waisak 2567 BE dan 29 Juni guna memperingati Hari Raya Iduladha 1444 hijriah. Sementara itu, cuti bersama terjadi pada 2 Juni untuk merayakan Hari Raya Waisak 2567 BE.

Nah, bagi kamu yang hendak menghabiskan waktu libur pada bulan ini, terutama dari 1 sampai 4 Juni, berikut sejumlah ajang dan destinasi yang bisa menjadi tujuan dirangkum dari berbagai sumber versi Hypeabis.id.


1. Java Jazz Festival

Java Jazz Festival adalah ajang pertama yang dapat menjadi tujuan Genhype untuk menghabiskan waktu libur panjang akhir pekan ini. Acara musik jazz ini akan berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran pada 2 – 4 Juni 2023.

Di ajang ini, kalian dapat menyaksikan penampilan musisi dari dalam dan luar negeri. musisi dalam negeri seperti Ariel feat Bunga Citra Lestari, Ardhito Pramono, Andien, Cakra Khan, Dikta Wicaksono, Fiersa Besari, dan sebagainya.

Sementara musisi internasional, seperti Cory Wong, Max, Stephen Sanchez, The Chicago Experience feat Danny Seraphine & Jeff Coffey, Brian Simpson, Joey Alexander, Bob James Trio, Arpi Alto, Grace Kelly, dan sebagainya.


2. Teater Monolog Drupadi

Genhype yang suka dengan seni pertunjukan, Teater Monolog Drupadi bisa menjadi pilihan untuk mengisi libur panjang pada pekan ini. Pertunjukan teater ini akan diselenggarakan di Gedung Kesenian Jakarta pada 3 Juni 2023.

Pementasan ini akan melibatkan puluhan seniman muda yang berbasis di Bali. Mereka telah berlatih selama berbulan-bulan untuk mengadakan pertunjukan yang berangkat dari kisah dalam epos Mahabharata.

Kisah Dewi Drupadi dalam lakon yang ditulis sastrawan Putu Fajar Arcana ini berbeda dengan kisah-kisah yang pernah dipentaskan. Drupadi diposisikan sebagai sebuah isu dan gagasan tentang perempuan yang melawan setelah begitu banyak penderitaan yang dia jalani selama berabad-abad.

Beberapa waktu belakangan pemberitaan tentang perempuan yang dilecehkan seolah tanpa henti membombardir keseharian masyarakat. Pentas ini disebut ingin menghubungka dunia sastra dan teater dengan isu-isu aktual, terutama perempuan, yang ada di sekitar masyarakat.


3. Ciwidey

Genhype dapat memilih Ciwidey, Jawa Barat, untuk menghabiskan waktu libur jika rindu dengan suasana alam setelah bekerja seharian penuh di Jakarta. Di tempat ini, udara masih segar dan pemandangan alam yang asri dapat menjadi ajang untuk healing.

Di tempat ini juga terdapat beragam tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan. Tempat wisata itu seperti Kawah Putih, Kawah Rengganis, perkebunan teh Rancabali, pemandian air panas Cimanggu dan Ciwalini, Ranca Upas, Bukit Jamur, dan sebagainya.


4. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah destinasi wisata yang dapat menjadi tujuan untuk menghabiskan libur panjang pada akhir pekan ini. Di tempat yang dinobatkan sebagai salah satu keajaiban dunia itu, Genhype dapat menyaksikan Festival Lampion Waisak.

Festival itu akan menyajikan kegiatan pelepasan lampion di lapangan Marga Utama Candi Borobudur. Pelepasan lampion ini dapat disaksikan oleh masyarakat umum. Selain itu, Genhype juga dapat menikmati beragam kuliner khas di sekitar Candi Borobudur yang tidak boleh dilewatkan.


5. Dieng

Dieng dapat menjadi destinasi lainnya yang bisa menjadi pilihan bagi Genhype untuk mengisi libur panjang dari 1 sampai 4 Juni 2023. Salah satu daerah di Jawa Tengah itu menyajikan pemandangan alam yang tidak akan pernah dilupakan dan juga beragam destinasi wisata.

Bukit Sikunir, Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Museum Kailasa, Kawah Candradimuka, adalah contoh destinasi yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan ketika berkunjung ke tempat ini.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Camping di Bogor buat Liburan Akhir Pekan

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Shawol Merapat, SHINee Siap Comeback Lewat Konser Tahun Ini

BERIKUTNYA

Cek Jadwal VCT Valorant Challengers Indonesia Split 2 di Mall Taman Anggrek Mulai Hari Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: