Nintendo Switch (Sumber gambar: Ehimetalor Akhere/Unsplash)

5 Rekomendasi Game Sport Interaktif di Nintendo Switch, Olahraga Jadi Menyenangkan

30 May 2023   |   08:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Bermain game telah menjadi kegiatan yang banyak dilakukan orang di seluruh dunia. Indonesia menjadi salah satu ekosistem terbesar dengan pasar penggemar game yang relatif tinggi. Data Peta Ekosistem Industri Game Indonesia 2021 menyebutkan,  jumlah pemain game Indonesia mencapai 170 juta orang.

Selain menghilangkan rasa penat, bermain game juga dikenal bermanfaat untuk melatih konsentrasi dan mental. Kecanggihan teknologi pengembang game membuat hiburan ini semakin masif. Game dibuat semakin interaktif dan mendukung kebutuhan gaya hidup.

Baca juga: 5 Rekomendasi Game AAA untuk PC & Konsol, Elden Ring sampai Hogwarts Legacy

Misalnya saja, konsol game Nintendo Switch yang banyak menghadirkan game interaktif berbasis sosial dan olahraga. Dengan bagian Joy Con yang bisa dilepas pasang, fitur game termanfaatkan untuk mendukung beragam kegiatan olahraga interaktif bermain bersama teman.

Beberapa tahun belakangan, Nintendo Switch merilis beragam game interaktif yang bisa mendukung aktivitas olahraga dan dimainkan bersama teman. Berikut rekomendasi game sport interaktif di Nintendo Siwtch yang bisa Genhype coba:
 

1. Nintendo Switch Sports

Nintendo Switch Sports (Sumber gambar: Nintendo)

Nintendo Switch Sports (Sumber gambar: Nintendo)

Nintendo Switch Sports menjadi salah satu game interaktif yang ditujukan untuk simulasi olahraga. Game ini dirancang oleh Kazuhiro Yoshikawa dan dirilis pada 29 April 2022. Menariknya, game ini dapat dimainkan dengan mode lebih dari satu pemain. Caranya, setiap orang yang bermain Nintendo Switch Sports diharuskan memegang satu joy con dan melakukan permainan setiap instruksi.

Game yang masuk dalam nominasi The Game Award untuk kategori Game Keluarga Terbaik  ini dapat memainkan berbagai mode olahraga. Beberapa di antaranya adalah Voli, Bowling, Sepak Bola, hingga Tennis. Game olahraga ini dapat dimainkan hingga lebih dari delapan orang dalam satu ruang game. Nintendo Switch Sports cocok dimainkan bersama teman atau keluarga.
 

2. 1-2 Switch

1-2 Switch (Sumber gambar: Nintendo)

1-2 Switch (Sumber gambar: Nintendo)

1-2 Switch termasuk dalam game interaktif paling populer di Nintendo Switch. Sudah rilis sejak 2017, game bergenre party ini dimainkan dengan joy can sebagai pengontrol. Pemainnya harus saling berhadapan secara langsung untuk memainkan game ini. Itulah mengapa game yang dikembangkan Nintendo Entertainemnt Planning & Development ini hanya dapat dimainkan oleh dua orang yang memegang joy can saja.

1-2 Switch tak sepenuhnya game olahraga. Beberapa mode game olahraga yang terselip dalam game ini pun dibuat lebih ringan sesuai dengan tujuan game party. Terdapat sekitar 28 game mini yang tersemat dalam 1-2 Switch, antara lain Ping Pong, Copy Dance, Sword Fight, Samurai Training, dan lainnya. Game ini cocok untuk Genhype mainkan bersama teman loh!
 

3. Ring Fit Adventure

Ring Fit Adventure pertama kali dipublikasikan Nintendo pada 18 Oktober 2019. Game ini juga masuk dalam nominasi The Game Award untuk Game Keluarga Terbaik. Genre game ini dibuat khusus untuk mendorong aktivitas olahraga yang menghibur. Menariknya, Ring Fit Adventure dibuat dengan pengembangan cerita yang menarik. Sehingga, pemain tak akan bosan melakukan aktivitas olahraga ditemani jalan cerita game yang menyenangkan.

Pemain akan banyak melakukan latihan kardio di mana level game akan terus meningkat dan membuat kalori semakin terbakar. Game ini dimainkan dengan menggerakan bagian tangan dan kaki yang sudah terhubung dengan aksesoris khusus Leg Straps dan Ring Con. Aksesoris tambahan ini akan membantu game mendeteksi ketepatan gerakan pemainnya.
 

4. Mario and Sonic at the Olympic Games Tokyo

Dua karakter animasi populer, Mario dan Sonic dipertemukan dalam gelaran olimpiade. Begitulah konsep unik di balik game olahraga yang rilis untuk memainkan Olympic Game Tokyo yang berlangsung 2020 lalu. Game yang dirancang Takao Hirabayashi ini resmi meluncur pada 2019 untuk Nintendo Switch dan Android.

Permainan olahraga dapat dimainkan dengan mode multiplayer, di mana pemainnya harus menaklukan lawan di setiap cabang olahraga. Beberapa cabang olahraga yang akan dipertandingkan adalah atletik, sepak bola, bela diri, dan lainnya. Game keluarga ini bisa dimainkan hingga jumlah delapan pemain.
 

5. Instant Sports Plus

Instant Sports Plus (Sumber gambar: Nintendo)

Instant Sports Plus (Sumber gambar: Nintendo)

Instant Sports Plus menjadi salah satu game keluarga yang berfokus pada permainan olahraga musim panas. Nuansa laguna biru, pohon palem, hingga pasir dan sorotan sinar matahari membuat visualisasi game ini hangat dan menyenangkan. Untuk permainannya, game ini berisi banyak mini games yang mirip dengan Nintend Switch Sports dan 1-2 Switch.

Rilis sejak April 2022, game ini bisa dimainkan bersama hingga total 4 pemain secara bersamaan. Instant Sports Plus memiliki sekitar 15 mini games berbasis aktivitas olahraga seperti jet ski, bowling, tenis meja, dan lainnya. Beberapa mini game di Instant Sports Plus dapat dimainkan secara beregu atau tim. Pemain bisa mengkustomisasi kostum karakter sesuai dengan selera.

Baca juga: Rekomendasi Game Simulator untuk PC, Sensasi Jadi Supir Truk sampai Pilot

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Kolaborasi dengan RM BTS, Colde Rilis Video Klip Lagu Don’t Ever Say Love Me

BERIKUTNYA

4 Karya Inovatif Pemenang Lexus Design Award 2023, Salah Satunya Jaket yang Bisa Ubah Kabut jadi Air Minum

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: