Tahun ini Pinoy Fiesta dihelat di Sekolah Bina Bangsa, Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Minggu, (28/5/23). Ilustrasi festival di Filipina (sumber gambar Unsplash/ Hitoshi Namura)

Kenalkan Budaya Filipina ke Masyarakat, Pinoy Fiesta 2023 Dihelat di Jakarta

28 May 2023   |   16:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Komunitas warga Filipina di Indonesia kembali semringah. Sebab, setelah tiga tahun terkungkung pandemi mereka kembali bisa menyelenggarakan fiesta. Ya, dalam kalender orang Filipina atau Pinoy selalu ada pesta unik yang diselenggarakan tiap tahun yang mengundang semua orang untuk bergabung.

Tak hanya itu, hampir setiap barrio atau desa di Filipina juga memiliki pesta yang dirayakan setahun sekali. Oleh karena itu selalu ada fiesta yang diadakan di seluruh negeri Filipina, termasuk saat mereka merantau ke negeri orang, khususnya Indonesia.

Baca juga: Profil Maria Ressa, Jurnalis Filipina Penerima Hadiah Nobel Perdamaian

Tahun ini Pinoy Fiesta dihelat di Sekolah Bina Bangsa, Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Minggu, (28/5/23). Semarak dan kehangatan komunitas orang Pinoy pun tergambar jelas dalam festival yang mengambil tajuk Balik Fiesta, Balik Saya atau Kembali Fiesta, Kembali Meriah itu.

Duta Besar Filipina untuk Indonesia H.E. Gina A. Jamoralin, saat membuka gelaran fiesta mengatakan bahwa perhelatan tersebut akan terus dilakukan setiap tahunnya di Indonesia. Dia berharap dengan diadakannya festival ini dapat mempererat hubungan antara komunitas Filipina dengan masyarakat Indonesia.

"Selain untuk memperkenalkan kebudayaan Filipina festival ini juga untuk memperkenalkan varian produk dan makanan khas Filipina ke Indonesia karena ada sekitar empat ribuan orang Pinoy di sini agar nantinya dapat meningkatkan nilai ekonomi warga," papar H.E. Gina A. Jamoralin.

 

Duta Besar Filipina untuk Indonesia H.E. Gina A. Jamoralin, (dua dari kiri)  dan panitia Pinoy Fiesta 2023 (sumber gambar/ Hypeabis.id/Prasetyo Agung)

Duta Besar Filipina untuk Indonesia H.E. Gina A. Jamoralin, (dua dari kiri) dan panitia Pinoy Fiesta 2023 (sumber gambar/ Hypeabis.id/Prasetyo Agung)

Adapun, acara penyelenggaraan fiesta tahun ini juga dimulai dengan misa, atraksi tari-tarian dan nyanyian khas Filipina. Selain untuk memperkenalkan kuliner, kemeriahan dan solidaritas komunitas orang Pinoy, festival ini juga bertujuan untuk memanggungkan budaya Filipina ke panggung dunia.

Betty Abalos, Ketua Panitia Pinoy Fiesta 2023 pun berharap dengan diadakannya pesta tahuna tersebut keturunan orang-orang Filipina di Indonesia bisa kembali mengenal akar budaya mereka. Menurutnya, saat ini semakin sedikit anak-anak keturunan Filipina yang mengetahui jenis permainan tradisional hingga kuliner leluhur mereka.

"Bulan ini di Filipina juga ada festival serupa yang diselenggarakan di setiap provinsi. Kegiatan ini memang bagian dari promosi pariwisata yang patut dikunjungi juga oleh orang Indonesia karena tiap kota di sana juga  memiliki atraksi unik," kata Abalos saat ditemui awak media.

Sekedar informasi, Pinoy Fiesta merupakan agenda tahunan yang diadakan komunitas Filipina di Indonesia. Tahun ini merupakan perayaan ketiga festival tersebut yang dihadiri kurang lebih 800 orang komunitas Pinoy di Tanah Air yang merindukan kampung halaman mereka. 

Menurut statistik pemerintah Filipina terdapat sekitar 4.000  lebih ekspatriat Filipina yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Mereka memiliki profesi di bagian keuangan, insinyur, marketing, pendidik dan lain-lain dengan dominasi terbesar di Jakarta.

Fiesta Pinoy juga mengajak masyarakat Indonesia yang tertarik untuk berkumpul, saling mengenal dan makan bersama orang Pinoy. Acara ini juga diramaikan dengan Bazaar yang memperkenalkan aneka makanan khas Filipina, souvenir dan juga atraksi serta beragam games yang bisa diikuti pengunjung dengan gratis.

Baca juga: Trese, Serial Animasi Filipina Sudah Tayang di Netflix

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Pameran Reformas!h In Absentia: Menyelami Momen-Momen Bersejarah Mei 1998

BERIKUTNYA

7 Tip Bikin Tumpeng Anti Meleyot & Retak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: