Ilustrasi lagu. (Sumber gambar: Charlesdeluvio/Unsplash)

Cara Membuat AI Cover Song, Mengubah Lagu dengan Sampel Suara Orang Lain

26 May 2023   |   08:14 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Pasang surut tren dalam dunia media sosial terus terjadi. Kali ini, tren mengubah lagu dengan menggunakan sampel suara orang lain sedang ramai digandrungi kalangan Gen Z. Mereka mengunggah cover lagu dengan suara orang lain ini di TikTok, Instagram, hingga YouTube.

Beberapa diantaranya berawal dari keisengan hngga akhirnya klip lagu-lagu ini meramaikan konten mediashare para streamer di YouTube. Rupanya, tren ini pengubah lagu atau cover song ini menggunakan teknologi artificial intelligence (AI), sehingga sering disebut AI Cover Song. Teknologi AI ini menjadi basis dari aplikasi generator atau penghasil suara hanya dengan memasukan sampel suara saja.

Baca juga: Bos ChatGPT Minta AI Diregulasi, Cek Perkembangan Aturannya di Berbagai Negara 

Meski hanya berawal dari keisengan, AI Cover Song ini ramai dan dinilai menghibur oleh para netizen. Tren ini naik daun setelah akun TikTok dengan nama @dhamz._ yang mengunggah AI Cover Song dengan sampel suara Presiden Joko Widodo menyanyikan hits grup K-Pop FIFTY FIFTY berjudul Cupid pada April 2023 lalu.

Bahkan, sampul cover Presiden Joko Widodo menyanyikan lagu Cupid diilustrasikan dalam unggahan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2023 lalu.
@dhamz._ nge test doang ???????? #fyp #aicover #jokowi #cupid ? ANTISAD V5 Laith RMX - OCTLaithRMX.act [GX]
Semakin menarik, AI Cover Song yang menyebar di media sosial ini kian ramai. Selain lagu berjudul Cupid, penggunaan suara Presiden Joko Widodo untuk meng-cover lagu berjudul Asmalibrasi juga ditonton lebih dari 167.000 user di TikTok.

Bermula dari tren tersebut, akhirnya kian banyak netizen yang membuat AI Cover Song dengan sampel suara lainnya. Misalnya, lagu bertajuk To The Bone dari Pamungkas dengan sampel suara Justin Bieber atau tembang dari NewJeans berjudul Hype Boy dengan sampel suara Bruno Mars.

Teknologi AI mampu mengumpulkan dan memadankan data dari sampel suara orang lain ke dalam audio lainnya dengan hasil baru. Tak sedikit yang mulai bertanya mengenai cara membuat AI Cover Song. Saat ini, aplikasi untuk membuat cover lagu berbasis teknologi AI sudah banyak menyebar di internet. Bahkan aplikasi ini bisa diakses langsung secara online tanpa perlu mengunduh terlebih dahulu.


Cara Membuat AI Cover Song:

  1. Buka situs voice generator, seperti Voice.ai atau Voicify.ai.
  2. Registrasi akun kemudian klik mulai.
  3. Pilih sampel suara yang ingin digunakan. Aplikasi menyedian beberapa sampel suara tokoh publik atau penyanyi terkenal, seperti Ariana Grande, Michael Jackson, Drake, dan lainnya.
  4. Pengguna bisa memasukan sampel suara sesuai keinginan sendiri dengan menekan tombol Record atau mengunggah data suara.
  5. Masukkan lagu yang akan di-cover dengan cara meletakkan tautan lagu dari platform YouTube atau mengunggah lagu sesuai keinginan.
  6. Pengguna bisa memoles hasil cover lagu dengan  efek suara lainnya dengan mengakses penuh fitur aplikasi. (Beberapa aplikasi mewajibkan biaya berlangganan)
  7. Lakukan pratinjau lagu setelah proses edit.
  8. Unduh lagu ke perangkat.
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cerita Sutradara Shalahuddin Siregar Berikan Sudut Pandang Lain dari Dalam Pesantren

BERIKUTNYA

UNESCO Tetapkan 4 Global Geopark Baru dari Indonesia

Komentar

Syabil Assyafiq

Syabil Assyafiq

26 Jul 2023 - 18:46

Halo semuanya aku freyaa


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: