Program BWB Asia mendatangkan pemain bola basket dari seluruh Asia dan Oseania (Sumber gambar: NBA Indonesia)

Cek Jadwal Gelaran Basketball Without Borders Asia Ke-13 di Arab Saudi

22 May 2023   |   15:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Basket lovers masuk! National Basketball Association (NBA), International Basketball Federation (FIBA), dan Departemen Budaya dan Turisme (DCT) Abu Dhabi mengumumkan gelaran Basketball Without Borders (BWB) Asia edisi ke-13 akan diselenggarakan pada 2- 5 Juni di New York University Abu Dhabi.

Managing Director NBA Europe & Middle East, Ralph Rivera, mengatakan BWB Asia edisi ke-13 merupakan program pengembangan olahraga bola basket global dan cara menjangkau komunitas NBA. Penyelenggaraan di Abu Dhabi merupakan yang pertama kali di Teluk Persia itu.

Program itu akan menghadirkan laki-laki dan perempuan pemain bola basket paling berbakat dalam kelompok usia di bawah 18 tahun dari seluruh Asia. Mereka akan belajar secara langsung dari para pemain, mantan pemain, legenda, dan pelatih dari NBA, WNBA, dan FIBA.

“Mereka juga akan berkompetisi dengan para pemain sejawat dari wilayah yang sama,” katanya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id.

Baca juga: Keren, Timnas Basket Putri RI Boyong Medali Emas SEA Games 2023 untuk Pertama Kalinya

Rivera berharap program BWB Asia edisi ke-13 dapat mengembangkan pemain muda berbakat, mengingat selama lebih dari dua dekade ajang ini memiliki peran besar terkait hal itu. Menurutnya, terdapat lebih dari 100 orang lulusan program telah berkarier di NBA dan WNBA. 

FIBA National Federations & Sport Director, Zoran Radovic, mengatakan para pemain muda berbakat dari Asia dan Oseania dapat menunjukkan kemampuan yang dimiliki dan komitmennya terhadap olahraga basket di ajang ini.  

“Kami sangat berterima kasih kepada Departemen Budaya dan Turisme Abu Dhabi yang telah menerima inisiatif bersama dari NBA dan FIBA serta komitmen mereka terhadap program ini,” katanya. 
 

Kamp Elit Jr NBA

Tidak hanya itu, Kamp Elit Jr. NBA Abu Dhabi juga akan diselenggarakan di tempat yang sama dari 2-4 Juni 2023 bersamaan dengan BWB Asia 2023. Program ini akan mendatangkan 40 pemain bola basket laki-laki berbakat dari kelompok umur di bawah 15 tahun liga Jr. NBA Abu Dhabi. 

Mereka akan mengikuti program pengembangan kemampuan dasar dan kompetisi 5-on-5. Pada Januari lalu, NBA dan Departemen Budaya dan Turisme Abu Dhabi mengadakan musim kedua liga Jr. NBA Abu Dhabi yang mempertandingkan 450 laki-laki dan perempuan pemain bola basket berusia 11-14 tahun dari sekolah di seluruh UAE.

Untuk diketahui, BWB Asia 2023 bersama dengan Kamp Jr. NBA Abu Dhabi merupakan bagian dari kolaborasi multi-tahunan antara NBA dan Departemen Budaya dan Turisme Abu Dhabi. Pertandingan pra musim NBA Abu Dhabi 2023 antara Dallas Mavericks dan Minnesota Timberwolves akan diselenggarakan sebagai bagiannya pada 5 dan 7 Oktober 2023 di Etihad Arena, Pulau Yas, Abu Dhabi.

Selain itu, kolaborasi yang terjalin juga diwarnai dengan sejumlah acara interaktif untuk para penggemar bola basket dan akan menghadirkan sederet pemain, mantan pemain NBA. Lalu, sejumlah klinik NBA FIT untuk mempromosikan kesehatan dan kebugaran dan acara pameran Liga NBA 2K juga akan diadakan.

Secara total, jumlah peserta BWB sudah lebih dari 3.900 orang dari 134 negara dan wilayah sejak 2001. Dari total itu, 105 di antaranya yang merupakan mantan peserta telah bermain di NBA atau WNBA. NBA dan FIBA telah menggelar 67 kamp di 44 kota yang tersebar di enam benua.

Baca juga: Suga BTS Ditunjuk Jadi Duta NBA, Menggabungkan Basket dan K-Pop

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sering Gagal Diet? Begini Tip Konsisten dari Dokter Gizi

BERIKUTNYA

Sinopsis & Daftar Pemain Film Sosok Ketiga yang Tayang 22 Juni di Bioskop Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: