Sebanyak 32 tim nasional dari berbagai negara bertanding di ajang FIBA Basketball World Cup 2023. (Sumber gambar: Unsplash/JC Gellidon)

5 Fakta Menarik FIBA Basketball World Cup 2023, Indonesia Pertama Kali Menjadi Tuan Rumah

25 August 2023   |   10:29 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Ada kabar gembira bagi para pencinta basket di dalam negeri. Ajang FIBA Basketball World Cup 2023 resmi dibuka mulai hari ini. Indonesia sebagai salah satu dari 3 negara penyelenggara FIBA 2023 ini memiliki sejumlah fakta menarik.

Ajang bergengsi olahraga bola basket di dunia itu akan diselenggarakan dari 25 Agustus sampai 10 September 2023 secara keseluruhan dari babak fase grup sampai dengan final. Sebanyak 32 tim nasional bertanding di perlombaan ini.

Tim-tim yang menjadi peserta terbagi menjadi delapan grup dengan satu grup diisi oleh 4 tim nasional. Di Indonesia, tim yang akan bertanding adalah negara yang masuk dalam Grup G dan Grup H ajang tersebut.

Baca juga: Cek Jadwal FIBA Basketball World Cup 2023 di Indonesia

Mereka akan bertanding menjadi yang terbaik di grup demi lolos ke babak selanjutnya dan berujung menjadi juara dunia. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah fakta menarik tentang pertandingan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 tersebut.


1. Tidak Ada Tim Nasional Bola Basket Indonesia

Indonesia memang menjadi salah satu dari tiga negara yang menjadi penyelenggara pertandingan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023. Namun, tim nasional Garuda tidak menjadi bagian dalam 32 negara tersebut.

Kondisi tersebut berbeda dengan dua negara lainnya yang juga menjadi penyelenggara, yakni Jepang dan Filipina. Keduanya tercatat menjadi peserta dalam ajang Piala Dunia tersebut. Filipina menempati Grup A sementara Jepang berada di Grup E.


2. Pertama Kali Digelar di Indonesia

Penyelenggaraan ajang Piala Dunia Bola Basket FIBA di Indonesia merupakan untuk yang pertama kalinya dalam sejarah meskipun Garuda harus berbagai dengan negara lain seperti Filipina dan Jepang. Dalam penyelenggaraannya, ada delapan tim yang akan berlaga.

Tim nasional yang akan bertanding dalam fase grup di Indonesia adalah negara yang bergabung di Grup G dan Grup H. Negara yang ada di Grup G adalah Iran, Spanyol, Pantai Gading, dan Brasil. Sementara itu, negara yang berada di Grup H adalah Kanada, Latvia, Libanon, dan Prancis.

Baca juga: Menengok 6 Fasilitas Indonesia Arena Untuk FIBA Basketball World Cup 2023

Sejumlah negara yang ada di Grup G dan H memiliki peringkat 10 besar dalam daftar FIBA. Prancis yang tergabung dalam Grup H adalah negara yang menempati posisi kedua. Masih dalam grup yang sama, yakni Kanada berada di peringkat ketujuh.

Selain itu, tim nasional dengan peringkat 10 besar juga ada di Grup G, yakni Spanyol yang menempati posisi keenam dalam peringkat FIBA.


3. Bertabur Bintang NBA

Fakta lainnya dari pertandingan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 adalah sejumlah bintang NBA yang akan ikut serta. Kondisi ini membuat para pencinta olahraga bola basket di dalam negeri bisa menyaksikan mereka bertanding.

Rudy Gobert dari Prancis adalah salah satunya. Sang pemain bergabung di tim Minnesota Timberwolves dan berposisi sebagai center. Berusia 31 tahun, pemain dengan tinggi 2,16 meter itu telah memiliki pengalaman selama 10 tahun.

Selain Gobert, pemain NBA yang ada dalam tim nasional Prancis adalah Nicolas Batum dari tim Los Angeles Clippers, dan Evan Fournier dari New York Knicks.

Dari tim Brasil terdapat Raul Neto yang saat ini menjadi bagian dalam tim Cleveland Cavaliers. Sementara itu, dari Kanada ada Rj Barrett di New York Knicks; Kelly Olnyk dari Utah Jazz, dan Dillons Brooks dari tim Houston Rockets.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by FIBA (@fiba)


Kemudian, ada juga pemain NBA Luguntz Dort dari Oklahoma City Thunder, Shai Gilgeous-Alexander yang bermain untuk Oklahoma City Thunder; dan Dwight Powell yang bermain untuk Dallas Mavericks. Dari Latvia, pemain Oklahoma City Tunder, yakni Davis Bertans juga akan berlaga.


4. Musisi Nasional & Internasional Akan Meramaikan Pembukaan

Fakta lainya tentang FIBA Basketball World Cup 2023 adalah pembukaan ajang ini akan diramaikan oleh sejumlah musisi ternama Indonesia. Salah satu musisi yang diberitakan akan meramaikan ajang tersebut adalah Agnes Monica atau kerap disebut Agnez Mo.

Selain itu, musisi lainnya yang diberitakan akan meramaikan pembukaan ajang tersebut adalah penyanyi asal Amerika Serikat, yakni Ciara Princess Harris.


5. Pertandingan Seru Antar Jawara

Hari pertama penyelenggaraan kejuaraan Piala Dunia Bola Basket FIBA pada 25 Agustus akan menyajikan pertandingan seru antara Prancis melawan Kanada pada pukul 20.30 WIB. Kedua tim masuk dalam posisi 10 besar peringkat FIBA.

Prancis tercatat berada di posisi kedua, sedangkan Kanada di peringkat tujuh. Mereka akan berusaha meraih poin penuh demi melancarkan jalan menuju babak selanjutnya.

Baca juga: FIBA World Cup 2023 Siap Digelar, Cek Informasi & Cara Beli Tiketnya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Waspada, Tools Berbasis AI Bisa Curi Password dari Suara Ketikan Tombol Keyboard 

BERIKUTNYA

Menengok 6 Fasilitas Indonesia Arena Untuk FIBA Basketball World Cup 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: