Hindia (Sumber gambar: Sun Eater)

Ungkapan Rasa Kurang Percaya Diri Solois Hindia dalam Single Perkara Tubuh

22 May 2023   |   13:58 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Penyanyi Baskara Putra (Hindia) baru saja merilis lagu berjudul Perkara Tubuh. Single ini merupakan lagu ketiga yang menjadi bagian dalam album penuh kedua sang solois, Lagipula Hidup akan Berakhir, yang akan dirilis pada Juli 2023 mendatang. Sebelumnya, Hindia telah merilis lagu Janji Palsu dan Masalah Masa Depan.

Seperti judulnya, lagu Perkara Tubuh bercerita tentang pergulatan seorang Baskara Putra yang sempat merasa insecure dan tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya. Dalam menulis lirik lagu ini, dia juga dibantu oleh rekannya yakni Kareem Soenharjo.

Baca juga: Tampil dengan Nama Baru, Kris Dayanti Rilis Single Remake Ku Tak Sanggup

"Lagu ini tentang ketidaknyamanan dan ketidakberdayaan saya sendiri dengan tubuh saya. Memiliki kepercayaan diri adalah hal yang sangat sulit, dan saya memiliki rasa hormat yang tinggi untuk mereka yang bisa nyaman dengan tubuh masing-masing," katanya dalam keterangan resminya.

Berbeda dengan dua single sebelumnya Janji Palsu dan Masalah Masa Depan yang diproduseri oleh Enrico Octaviano, single ketiga ini merupakan garapan Kareem yang juga dikenal dengan nama panggung BAP. serta BAPAK. yang merupakan produser utama lainnya dalam penggarapan album Lagipula Hidup akan Berakhir.
 

Hindia (Sumber gambar: Sun Eater)

Hindia (Sumber gambar: Sun Eater)

Proses pengerjaannya pun berbeda, yakni dengan memilih materi musik yang sudah ada di arsip Kareem yang dinilai cocok dengan topik yang ingin diangkat. Dengan kata lain, instrumentasi dan format lagu ini selesai jauh lebih dulu dibandingkan lirik dan temanya.

"Mendapatkan sudut pandang yang spesifik untuk membicarakan topik ini butuh waktu yang cukup lama, yaitu satu tahun lebih dari pertama kali musik lagu ini selesai," kata Hindia.

Dari segi produksi, beat minimalis yang diolah Kareem membuat lirik lagu anyar Hindia ini terdengar semakin jelas dan intim seolah-olah sedang mencurahkan isi hatinya mengenai serangkaian kegelisahan yang dirasakan terhadap tubuhnya sendiri, mulai dari yang berkaitan dengan penampilan hingga yang lebih dalam dan meresahkan.

Alhasil, lagu Perkara Tubuh pun menjadi terdengar unik di antara diskografi Hindia sejauh ini, sehingga menjadi pilihan yang cocok sebagai salah satu single dari album Lagipula Hidup akan Berakhir.

“Menurut saya, ini salah satu lagu yang dengan jelas memperlihatkan perbedaan album pertama dan album kedua dari sudut pandang menanggapi sebuah perasaan,” ucap Hindia.
 

Hindia juga tak menampik ketika mendengarkan lagu Perkara Tubuh mungkin pada awalnya akan terasa sulit didengar bagi beberapa orang yang mengalami hal serupa dengannya di lagu ini, sebagaimana dia pun mengaku sempat merasakan kesulitan dalam mengutarakan apa yang dirasakannya.

Namun, di sisi lain, lirik dalam lagu ini juga bisa menjadi sebuah pesan positif yang mengingatkan siapa pun yang merasakan ketidakpercayaan diri itu kalau mereka tidak sendirian. Dengan demikian, lagu Perkara Tubuh yang terdengar berbeda ini masih mengandung ciri khas lagu-lagu terbaik Hindia, yakni bersifat personal namun dapat memberikan katarsis bagi pendengarnya.

“Sulit mengakui bahwa ketidakpercayaan diri itu semua ada di diri saya. Saya jadi makin mawas dengan semua hal itu setelah menulis ini," kata pria yang juga menjadi vokalis dalam grup band .Feast itu.

Selain lagu, Hindia juga merilis video klip dari lagu Perkara Tubuh. Klip tersebut disutradarai oleh Hanief Bagus dan dibintangi oleh Margareta Marisa Hartono, Nadya “Sailormoney” Syarifa, Abdul Razzak Jauhar Usamah serta Hindia.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Mengenal Produk Unggulan Wellness Tourism Indonesia di Kalangan Turis Lokal dan Mancanegara

BERIKUTNYA

Mencicipi Lezatnya Kuliner Prancis dengan Cita Rasa Otentik di Restoran Le Quartier

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: