SenyuMuseum merancang program reaktivasi museum lewat gelaran Exposisi Batavia agar dapat dimaksimalkan potensinya untuk edukasi publik. (Sumber gambar: Jakarta.go.id)

Yuk Nikmati 5 Program Unik di Festival Exposisi Batavia di Museum Bahari 

20 May 2023   |   16:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Menikmati akhir pekan dengan mengunjungi museum memang belum menjadi bagian gaya hidup masyarakat. Padahal sebagai bangunan cagar budaya, museum merupakan tempat untuk menggali berbagai macam ilmu pengetahuan yang mungkin tidak didapat di bangku sekolah.

Selain menjadi ruang memori kolektif, museum juga memiliki peranan penting untuk menyingkap tabir masa lalu guna melihat masa depan lewat berbagai koleksi di dalamnya. Namun, karena pengelolaannya belum maksimal museum pun akhirnya dianggap sambil lalu oleh masyarakat.

Baca juga: Reaktivasi Cagar Budaya, SenyuMuseum Hadirkan Festival Musik hingga Kulineran

Menyikapi hal itu, sebuah entitas konsultan bernama SenyuMuseum pun merancang program reaktivasi cagar budaya agar dapat dimaksimalkan potensinya untuk edukasi. Salah satunya lewat festival Exposisi Batavia yang nantinya digelar di Museum Bahari, Jakarta pada 17-18 Juni 2023.

Museum Bahari dalam sejarahnya adalah sebuah komplek bangunan yang sempat dimanfaatkan sebagai gudang rempah-rempah. Didirikan oleh Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC), bangunan ini merupakan titik nol dari Batavia yang saat ini menyajikan koleksi terlengkap mengenai informasi sejarah kemaritiman di Tanah Air.
 
 


Lewat gelaran ini publik pun akan diajak untuk napak tilas mengenai kejayaan kota Batavia di masa lampau. Tak hanya itu, mengusung tema dalam bentuk karya seni kolaboratif masyarakat juga akan diajak menikmati kuliner, musik, dan arsitektur yang dikemas dengan berbagai program unik selama festival berlangsung.

Nah, biar enggak penasaran yuk simak beberapa gelaran yang akan dihelat di Festival Exposisi Batavia dirangkum dari sumber resmi dalam ulasan berikut yuk Genhype.


1.Symphoseum 

Sesuai namanya Symphoseum atau Simfoni di Museum merupakan festival musik klasik dengan berbagai format mulai dari solo, kuartet, string orchestra, hingga paduan suara. Festival musik klasik ini akan diadakan di salah satu ruangan bekas penyimpanan rempah yang beralaskan lantai kayu yang masih asli sejak 1771.

Wilbert Deil, salah satu penggagas gelaran Exposisi Batavia mengatakan  berbagi ruangan terbengkalai di Museum Bahari memang memiliki kualitas audio yang bagus. Oleh karena itu salah satu ruangan di sana nantinya akan digunakan untuk menyelenggarakan orkestra tersebut.

"Ruangan gudang rempah-rempah ini memiliki ketebalan dinding 60-80 cm sehingga sangat mendukung untuk gelaran orkestra karena cukup kedap dan tidak terganggu suara dari luar," paparnya belum lama ini di Pos Bloc, Jakarta.


2. Eksposeum 

Adapun kegiatan menarik lain yang dapat diikuti adalah Eksposeum atau Eksposisi Arsitektur di Museum. Adapun dalam gelaran ini pengunjung akan diajak menikmati instalasi–instalasi seni edukatif mengenai perkembangan langgam arsitektur di Hindia Belanda hingga Indonesia modern oleh Samitrayasa.

Tujuan dari Eksposeum adalah untuk membawa gairah pada Museum Bahari dalam konteks arsitektur dengan tujuan aktivasi, apresiasi, dan relevansi. Selain itu, dalam perhelatan ini akan ada juga peluncuran buku yang mendokumentasikan karya dari alm. Bian Poen, salah satu arsitek dan dosen seni arsitektur ternama di Indonesia.

Tak hanya itu, Exposisi Batavia juga akan menghadirkan mockup ruangan museum dengan standar kualitas pameran serta penjenamaan yang baru sebagai gambaran pengembangan museum pasca acara ini. Pengunjung akan mendapatkan pengalaman imersif ketika menikmati pameran di ruangan tersebut dengan berbagai karya yang dipacak di dalamnya.


3. Museum Light Up 

Adapun ,dalam perhelatan ini juga ada acara Museum Light Up yang akan menghadirkan tamu spesial seperti grup band Mocca & Andien yang akan menyulap area museum menjadi malam cantik dalam gelaran konser serta menghibur para pengunjung yang menikmati festival Exposisi Batavia.

Tak hanya itu, nama besar di dunia kuliner Indonesia Sisca Soewitomo juga turut mempersembahkan racikan terbaiknya di Expo Gala yang akan dikemas secara full course menu dengan sentuhan gala dinner bersamaan dengan penampilan Tompi. Bukan hanya sajian makan malam, para pengunjung juga akan disambut oleh jamuan berupa cocktail party.


4. Expo Music

Kemudian ada juga deretan musisi ibukota yang akan menyajikan karya-karya terbaiknya di Plaza Spice Garden lewat gelaran Expo Music. Dalam acara ini pengunjung akan merasakan sensasi pertunjukkan yang dipadukan dengan keindahan arsitektur Hindia Belanda. 

Sambil  menikmati suasana malam kota Jakarta mereka juga akan dihibur dengan lantunan musik dari musisi-musisi ternama Indonedsia seperti NonaRia, Irama Pantai Selatan, Vira Talisa, Deredia, Mondo Gascaro, Tompi, dan masih banyak lagi.


5. Expo Cerita 

Tema kota juga akan menjadi gerbang lobby utama dari acara besar Exposisi Batavia. Salah satunya dengan menyulap area Plaza utama di Museum Bahari yang akan dijadikan sebagai pasar UMKM serta area kesenian kebudayaan Betawi. Oleh karenanya, festival yang telah dikurasi oleh Indonesia Hidden Heritage ini pun sangat sayang untuk dilewatkan terutama bagi pencinta seni.

Nah, itulah dia Genhype 5 program seru yang bakal dihelat di Festival Exposisi Batavia. Bagi kalian yang tertarik untuk menikmati acara tersebut dapat membeli tiketnya, dibanderol dari Rp175.000 hingga Rp850.000 dengan mengunjungi laman resmi yang bekerjasama dengan SenyuMuseum.

Baca juga: 4 Tempat Nongkrong Seru di Cikini, dari Museum hingga Kafe

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Daftar Negara Bersalju di Asia untuk Liburan Musim Dingin

BERIKUTNYA

Menikah, Intip Cantiknya Enzy Storia Dalam Balutan Busana Khas Minang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: