Worldwide Developers Conference 2023 (Sumber gambar: Apple)

Apple Gelar Worldwide Developers Conference 2023, Apa Saja yang Akan Dibahas?

30 March 2023   |   18:47 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Raksasa teknologi, Apple mengumumkan segera menyelenggarakan Worlwide Developers Conference (WWDC) mulai 5-9 Juni 2023. Agenda ini menjadi ajang tahunan yang diselenggarakan Apple untuk mengumpulkan developer di seluruh dunia dalam ruang online, dengan pertemuan tatap muka khusus pada 5 Juni 2023 di Apple Park.

Acara ini menjadi wadah bagi developer dan para siswa untuk merayakan pengalaman mereka di Apple Park California, Amerika Serikat. WWDC 2023 ini akan menyoroti kemajuan terbaru dalam iOS, iPadOS, macOS, watchOS, dan tvOS. Acara yang dihadiri oleh semua pengembang secara gratis ini menjadi bentuk komitmen berkelanjutan Aple untuk mendorong developer pembuat aplikasi yang inovatif.

Acara ini memberi akses ke developer untuk saling mengenal dan mencari wawasan dari para teknisi Apple mengenai teknologi atau alat baru yang tengah dikembangkan di Apple. Presiden Hubungan Pengembang Seluruh Dunia Apple, Susan Prescott mengatakan, jika WWDC menjadi salah satu ajang favorit Apple untuk berkesempatan mengenal pengembang berbakat di luaran sana.

“Ini merupakan kesempatan untuk terhubung dengan pengembang berbakat dari seluruh dunia yang membuat komunitas ini begitu luar biasa,” kata Susan Prescott dikutip dari situs resmi Apple Kamis (30/3). Susan menjelaskan, banyak karyawan teknisi dan pengembang yang tidak sabar untuk melihat banyak  kejutan di event penting Apple ini.

 

Apple Park (Sumber foto Youtube)

Apple Park (Sumber foto Youtube)


Dalam presentasi yang dibagikan State of Union, program WWDC 2023 ini memilliki banyak sesi lab pribadi dan peluang besar untuk terlibat langsung dengan insinyur Apple serta developer lainnya. Baik developer dan pelajar bisa mendapat kesempatan langsung hadir di Apple Park untuk menyaksikan komunitas online global secara tatap muka.

Sayangnya, tidak semua developer dan pelajar bisa mendapat akses masuk ke gelaran offline ini. Tempatnya akan dibatasi untuk kapasitas tertentu saja bagi yang sudah mendaftar hadir di situs aplikasi developer Apple. WWDC23 membuka kesempatan untuk mendukung pengembang siswa melalui Swift Student Challenge yang dibuka hingga 19 April mendatang.

Lewat WWDC 2023,  peserta dapat belajar mengenai program Apple dalam meningkatkan pengembangan pembuatan kode untuk segala usia yang berminat mempelajarinya. Terdapat juga bantuan Swift Playgrounds yang merupakan aplikasi pembelajaran bahasa pemrograman Swift secara internatif dan menyenangkan yang dibuat khusus pada iPad dan Mac.

Swift Playground dapat menempatkan siswa dari seluruh dunia yang diundang untuk membuat aplikasi kesukaan dengan topik pilihan mereka masing-masing. Pengajuan untuk tantangan di Swift Student Challenges ini sudah dibuka hingga bulan depan, dengan cara mengirimkan karya melalui situs Swift Student Challenge.

Sebagaimana diketahui, Apple tengah getol mengembangkan teknologi terbarunya untuk memenuhi ekspektasi pasar saat ini. WWDC 2023 menjadi salah satu jalan bagi pengembang bertukar pendapat dalam konferensi ini.

Baca juga: Apple Dikabarkan Garap iPhone Ultra, Seperti Apa Spesifikasinya?

Bocoran menyebutkan jika Apple sedang sibuk melakukan branding ulang penyematan kata Pro menjadi Ultra dalam seri iPhone Pro terbaru mereka di seri 15 nanti. Pengenalan untuk iOS 17 juga dikabarkan segera dikenalkan pada ajang WWDC 2023 mendatang.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Resep Dory Lemon Butter Ala Putrie Habibie, Bisa jadi Inspirasi Menu Buka Puasa & Sahur

BERIKUTNYA

Padu Padan Outfit Wanita yang Modis & Elegan untuk Ke Kantor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: