Ilustrasi buah-buahan. (Sumber foto: Pexels/Magda Ehlers)

5 Buah yang Berkhasiat Meredakan Asam Lambung

12 May 2023   |   16:49 WIB

Mengalami asam lambung memang tidak menyenangkan. Dalam beberapa kasus, rasa seperti terbakar di dada (heartburn) benar-benar menyakitkan. Asam lambung dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor mulai dari makanan dengan tingkat asam tinggi hingga stres

Meski orang dengan diagnosis asam lambung memiliki pantangan makan yang lebih ketat, bukan berarti kalian harus meninggalkan sejumlah makanan nikmat. Salah satunya adalah buah-buahan.

Baca juga: Manfaat & Efek Samping Susu bagi Pengidap Asam Lambung, Perhatikan Aturan Minumnya

Makanan super ini adalah bagian penting dari diet sehat. Buah-buahan biasanya rendah lemak dan kaya serat yang dapat melindungi dari gejala asam lambung berulang. Buah-buahan biasanya rendah lemak dan kaya serat yang dapat melindungi dari refluks asam.

Jika Genhype mengalami asam lambung, sebaiknya pilih buah yang tidak terlalu asam. Dalam kimia, pH adalah ukuran seberapa asam atau basa sesuatu. Saat memilih buah, semakin tinggi pH, semakin baik.

Nah, buah yang bagus untuk di konsumsi bagi penyakit asam lambung itu yang memiliki Ph yang tinggi atau mempunyai tingkat asam yang rendah. Dalam buah tersebut tidak bisa membuat asam lambung menjadi meningkat. 


1.    Pepaya 

Buah pepaya memiliki kandungan enzim papain di dalamnya. Enzim papain ini merupakan enzim protease yang dihasilkan dari getah buah pepaya dan berfungsi melancarkan proses pencernaan, khususnya penguraian protein. Papain membantu protein dipecah pecah dalam bentuk kencil yang berupa asam amino. Pepaya juga kaya vitamin c dan karoten.


2.    Pisang 

Pisang merupakan salah satu pilihan buah untuk penderita asam lambung, dengan kadar Ph sekitar 4,5-5,2. Mengonsumsi pisang mampu menetralisir asam lambung sekaligus untuk meringankan gejala mag. Pisang juga kaya akan kandungan kalium. Teksturnya yang halus dan gampang lumat mampu membantu memulihkan fungsi lambung. 


3.    Melon 

Melon yang memiliki sifat basa yang cukup tinggi dan magnesium di dalamnya menjadi salah satu kandungan utama dari obat antasida untuk meredakan gejala maag. Oleh karena itu, buah yang satu ini terbilang aman bagi yang mempunyai kondisi asam lambung yang tinggi. 

Melon juga mampu membantu memenuhi kebutuhan zat gizi pada tubuh. Dengan nutrisi dari buah yang aman bagi penderita asam lambung yaitu 7,8 gram karbohidrat, 0,4 gram lemak, 0,6 gram protein, dan  1 g serat. Sehingg asupan pada aneka ragam mineral dan vitamin turut melengkapi nutrisi di dalam buah melon.

Ada berbagai jenis buah melon yang aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung, antara lain melon, cantaloupe, dan semangka.


4. Beri

Terlepas dari keasamannya, beri tergolong aman bagi pasien yang menderita refluks asam dan GERD jika dimakan dalam jumlah sedang dan di samping makanan dengan alkalinitas yang lebih tinggi. Makanan asam yang sehat seperti madu dan beri dapat dinetralkan keasamannya dengan menyangganya dengan makanan yang lebih basa (kurang asam). Misalnya, beri menjadi lebih aman bagi penderita refluks asam jika ditambahkan dengan susu almond tanpa pemanis.

Buah beri kaya akan nutrisi dengan tingkat antioksidan tertinggi di antara buah segar mana pun. Beri juga bisa tinggi Ph, dan aman dikonsumsi jika kalian mengalami refluks asam - terutama blackberry, raspberry, dan stroberi. 
 

5. Air Kelapa

Air kelapa tanpa pemanis bisa menjadi pilihan bagus lainnya untuk penderita refluks asam atau GERD. Minuman ini merupakan sumber elektrolit bermanfaat yang baik, seperti potasium. Air kelapa murni juga meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh, yang sangat penting untuk mengelola refluks asam.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

4 Rekomendasi Taman di Jakarta untuk Isi Weekend Bersama Keluarga

BERIKUTNYA

6 Serial Terbaru Star Wars Tayang di Disney+ Hotstar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: