Ilustrasi (Photo by cottonbro from Pexels)

10 Novel Terlaris Sepanjang Masa, dari Don Quixote hingga The Da Vinci Code

18 February 2022   |   22:01 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Buku secara historis merupakan sumber informasi, pendidikan, dan hiburan yang paling penting dan paling banyak digunakan. Bahkan sekarang, di zaman internet dan televisi, buku tetap sangat populer, dengan jutaan pembeli setiap pekannya.

Di antara judul-judul buku populer, 10 di antaranya merupakan favorit para pembaca di seluruh dunia sepanjang masa.
 
Genhype mungkin pernah mendengar judul novel terkenal di bawah ini dan bahkan mungkin membaca beberapa di antaranya. Tetapi kalian mungkin tidak tahu bahwa judul novel berikut telah dibaca oleh puluhan juta bahkan ratusan juta pembaca lainnya.

Baca jugaNovel Sekolah Sihir 'The Golden Enclaves: The Scholomance 3' Tembus Best Seller

Teruslah membaca untuk mencari tahu, mungkin ada favorit Genhype di daftar 10 novel terlaris sepanjang masa berikut ini:

 
Don Quixote. (Dok. Ecco)

1. Don Quixote oleh Miguel de Cervantes

Tahun terbit: 1612
Total terjual: 500 juta kopi

Novel paling populer sepanjang masa, Don Quixote, adalah bukti betapa hebatnya karya sastra yang tidak memiliki tanggal kedaluwarsa. Buku ini bercerita tentang seorang Hidalgo, Alonso Quixano, yang membuktikan bahwa sifat seorang ksatria tidak akan pernah mati.



 
A Tale of Two Cities. (Dok. Open Road Media)

2. A Tale of Two Cities oleh Charles Dickens

Tahun terbit: 1859
Total terjual: 200 juta kopi
Genhype pasti pernah mendengar kisah-kisah legendaris karya Dickens seperti Oliver Twist (1838), David Copperfield (1850), dan Great Expectations (1861). Namun buku yang satu ini adalah penentu nasib penulis Inggris tersebut. A Tale of Two Cities bercerita tentang Manette, seorang dokter yang ditahan selama 18 tahun di Bastille, Paris, yang melanjutkan hidupnya di London setelah bebas. Buku ini jadi bacaan wajib di berbagai kelas sastra.



 
The Lord of the Rings. (Dok. Houghton Mifflin Harcourt)

3. The Lord of the Rings oleh J.R.R. Tolkien

Tahun terbit: 1954
Total terjual: 150 juta kopi
Serial novel fantasi terlaris, The Lord of the Rings, merupakan salah satu judul populer yang tidak pernah termakan usia. Cerita ini bahkan sudah diadaptasi dalam bentuk film, teater, video game, dan merchandise lainnya.





 
The Little Prince. (Dok. Alma Books)

4. The Little Prince oleh Antoine de Saint-Exupéry

Tahun terbit: 1943
Total terjual:150 juta kopi
The Little Prince, sebuah buku tentang apa yang terjadi ketika seseorang menjadi dewasa karya aristokrat Prancis Antoine de Saint-Exupéry ini telah diterjemahkan ke lebih dari 300 bahasa dan dialek. Ini adalah salah satu buku yang tak lekang oleh waktu karena membahas masa kanak-kanak, imajinasi dan proses pendewasaan yang tidak bisa dihindari. 



 
The Hobbit. (Dok. Houghton Mifflin Harcourt)

5. The Hobbit oleh J.R.R. Tolkien

Tahun terbit: 1937
Total terjual: 150 juta kopi
Novel yang relatif singkat ini menjadi prolog untuk karya J.R.R. Tolkien selanjutnya, The Lord of the Rings. Dalam The Hobbit, atau There and Back Again, kita mengikuti kisah protagonis Bilbo Baggins dan menemaninya berburu harta karun.





 
Harry Potter and the Philosopher's Stone. (Dok. Bloomsbury)

6. Harry Potter and the Philosopher's Stone oleh J.K. Rowling

Tahun terbit: 1997
Total terjual: 120 juta kopi
Dalam edisi pertama dari serial fiksi yang menggemparkan dunia, Harry Potter and the Philosopher's Stone—atau dikenal sebagai Harry Potter and the Sorcerer's Stone—bercerita tentang seorang bocakh laki-laki yang mengetahui bahwa bukan hanya dia seorang penyihir namun juga ikon terkenal di dunia sihir.




 
The Lion, The Witch and the Wardrobe. (Dok. HarperCollins)

7. The Lion, The Witch and the Wardrobe oleh C.S. Lewis

Tahun terbit: 1950
Total terjual: 85 juta kopi
The Lion, The Witch and the Wardrobe sejauh ini adalah novel paling populer dalam seri  The Chronicles of Narnia karya C.S. Lewis. Novel berseri ini mengikuti kisah empat kakak beradik saat mereka menjelajahi dunia baru yang dapat mereka akses melalui sebuah lemari ajaib.






 
She: A History of Adventure. (Dok. Forgotten Books)

8. She: A History of Adventure oleh H. Rider Haggard

Tahun terbit: 1887
Total terjual: 83 juta kopi
Ini mungkin novel terkenal yang belum pernah kalian dengar sebelumnya. She: A History of Adventure bercerita tentang seorang profesor dan rekannya dalam perjalanan yang disebabkan oleh pecahan tembikar kuno. Sementara buku ini kadang dikreditkan untuk pandangan progresif terhadap wanita pada masanya, buku ini juga menggarisbawahi gagasan superioritas rasial.




 
The Adventures of Pinocchio. (Dok. Sterling Children's Books)

9. The Adventures of Pinocchio oleh Carlo Collodi

Tahun terbit: 1881
Total terjual: 80 juta kopi
Genhype mungkin lebih mengenal kisah bocah kayu Pinocchio dari adaptasi film animasi karya Walt Disney. Namun, kisah ini sebenarnya berawal dari buku Carlo Collodi yang diterbitkan dalam bahasa Italia.





 
The Da Vinci Code. (Dok. Anchor)

10. The Da Vinci Code karya Dan Brown

Tahun terbit: 2003
Total terjual: 80 juta kopi
Novel fiksi thriller karya Dan Brown ini menjadi sensasi ketika pertama kali diterbitkan, meski sebenarnya novel ini merupakan novel kedua yang menampilkan tokoh protagonis, simbolog Robert Langdon. Buku pertama dari seri ini adalah Angels & Demons, dan keduanya diadaptasi menjadi film yang dibintangi oleh Tom Hanks.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

83 Seniman Pamer Karya dalam Magic: The Gathering Virtual Art Exhibition

BERIKUTNYA

Mobil Listrik Sport Ini Jadi Safety Car MotoGP 2022 Mandalika

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: