Konser tunggal Sheila On 7 bertajuk Tunggu Aku di Jakarta di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu 2812023. (Sumber gambar: Hypeabis/Fanny Kusumawardhani)

5 Lagu Sheila On 7 yang Tak Terlupakan

08 May 2023   |   18:43 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Pencinta musik pop generasi 2000an pasti tidak asing dengan grup band Sheila On 7. Ya, band pop-rock yang berasal dari kota istimewa Yogyakarta ini masih aktif sejak pertama kali debut pada 1996. Dengan pengaruh musik pop-rock dan blues, Sheila on 7 telah menciptakan banyak lagu yang populer di Indonesia.

Lagu-lagu mereka seringkali mengandung pesan-pesan positif dan menggugah, dan melodi yang mudah diingat serta cocok untuk dinyanyikan bersama. Grup band ini bermula dari sekelompok murid SMA, yang terdiri dari Akhdiyat Duta Modjo (Vokal), Eross Candra (gitar), Sakti (gitar), Adam Muhammad Subarkah (bass), dan Anton (drum).

Dimana  Adam dan Sakti membentuk grup band yang awalnya bernama WHY Gank. Kemudian Duta bergabung sebagai vokalis setelah diundang oleh Adam untuk bergabung. Setahun kemudian, grup band vakum dan bertemu dengan Eross, yang kemudian menjadi anggota baru. Setelah Eross bergabung, Anton juga ikut bergabung sebagai drummer.

Baca juga: 5 Album Terpopuler Sheila on 7 yang Bikin Kangen

Pada saat latihan bersama, mereka memutuskan untuk mengganti nama grup band mereka menjadi SheilaGank dan resmi dibentuk pada tanggal 6 Mei 1996. Namun, kemudian mereka memutuskan untuk mengganti nama mereka menjadi Sheila on 7, terinspirasi dari teman  Adam dan Duta yang bernama Sheila, sementara "On 7" merujuk pada tujuh tangga nada, yaitu do-re-mi-fa-so-la-si.

Album pertama Sheila on 7 dirilis pada tahun 1999. Sejak awal berdirinya, grup band ini telah beberapa kali mengalami perubahan formasi. Album pertamanya yang bertajuk Sheila on 7, dirilis pada tahun 1999 dan langsung sukses di pasaran. Album ini memuat hits seperti Dan, J.A.P, Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki, dan Kita. Kesuksesan album ini membuat Sheila on 7 semakin dikenal di Indonesia dan memperoleh banyak penggemar.

Setelah album pertama, Sheila on 7 merilis album-album berikutnya seperti 07 Des, Pejantan Tangguh, Berlayar, dan Musim Yang Baik. Lagu-lagu mereka seperti Sephia, Tunjukan Padaku, Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki, dan Melompat Lebih Tinggi menjadi sangat populer dan terus diputar di berbagai stasiun radio dan acara televisi di Indonesia.

Pada Oktober 2004, Anton dikeluarkan dan digantikan oleh Brian. Sedang Sakti keluar pada 2006 dan Brian kemudian diangkat menjadi drummer tetap. Namun pada 2022, Brian keluar dari grup band tersebut. Saat ini, personel Sheila on 7 terdiri dari Duta, Eross, dan Adam.

Keberhasilan Sheila on 7 dalam menciptakan lagu-lagu yang populer dan menyentuh hati, membuat mereka memenangkan banyak penghargaan di Indonesia. Mereka telah menerima berbagai penghargaan, seperti Anugerah Musik Indonesia (AMI) dan MTV Indonesia Awards.  

Pada 2018, mereka berhasil meraih penghargaan Indonesian Choice Awards untuk Band/Group/Duo of the Year  dan Song of the Year "Film Favorit". Baik di dalam maupun luar negeri, mereka juga masih tampil.

Setelah sebelumnya sukses menggelar konser bertajuk Tunggu Aku di Jakarta akhir Januari lalu, kini Sheila on 7 akan mengadakan konser di kota kelahirannya, Yogyakarta. Konser yang berlangsung pada 27 Mei ini akan bertempat di Indra Prasta Grand Ballroom, Sahid Raya Hotel & Convention Yogyakarta.

Seiring waktu, Sheila on 7 tetap eksis dan menjadi salah satu band legendaris di Indonesia. Lagu-lagu mereka terus diputar di radio dan masih sangat populer di kalangan masyarakat. Meskipun telah ada pergantian personel, keberadaan Sheila on 7 tetap dirasakan dan lagu-lagu mereka terus menjadi inspirasi bagi banyak orang di Indonesia. Berikut 5 lagu yang tak terlupakan sepanjang masa dari Sheila on 7.


1. Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki (Sheila on 7, 1999)

Apa yang terjadi  bila kalian berhasil menemukan belahan hati yang dicintai. Pasti tidak ingin kehilangannya kan? Begitulah bila kita meresapkan lagu ciptaaan Eross Chandra ini. Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki cocok dinyanyikan ketika kalian dilanda perasaan penuh sayang dengan kekasih, liriknya membuat kalian bersyukur akan kehadiran seseorang yang merubah hari.


2. Sephia (Kisah Klasik untuk Masa Depan, 2000)

Lagu yang dirilis pada tahun 2000 ini pernah menjadi salah satu hits besar pada masanya. Lagu Sephia memiliki makna yang dalam, yakni tentang cinta yang melampaui batas. Lirik lagu Sephia menggambarkan kisah perselingkuhan yang tidak akan menemukan jalan keluar

Liriknya "Selamat tidur kekasih gelapku, semoga cepat kau lupakan aku, kekasih sejatimu takkan pernah sanggup untuk melupakanmu," menggambarkan kepedihan perpisahan karena hubungan yang tak sehat. Sangking terkenalnya, Sephia pernah menjadi panggilan untuk pelakor saat itu.


3. Sahabat Sejati (Kisah Klasik untuk Masa Depan, 2000)

Lagu Sahabat Sejati yang dinyanyikan oleh Sheila on 7 bercerita tentang persahabatan yang erat dan tulus yang saling mendukung dan menyayangi.  Mengajak pendengarnya untuk menghargai dan merayakan persahabatan yang sejati, lagu ini juga mengingatkan bahwa persahabatan adalah sebuah anugerah yang harus dijaga dan dirawat dengan baik.

Lirik lagu ini menggambarkan kesetiaan dan kepercayaan yang ada dalam persahabatan sejati, seperti " Aku raja kaupun raja, aku hitam kaupun hitam, arti teman lebih dari sekedar materi," dan " Pegang pundakku jangan pernah Lepaskan”.

Lagu Sahabat Sejati juga memberikan makna bahwa persahabatan adalah hubungan yang saling menghargai, mendukung, dan menerima satu sama lain apa adanya, tanpa syarat atau pamrih dalam lirik "Ku slalu membanggakanmu, kaupun slalu menyanjungku, aku dan kamu darah abadi."

Dalam keseluruhan lagu, Sheila on 7 juga mengajak pendengarnya untuk mempertahankan persahabatan sejati yang telah terjalin, dan selalu menghargai dan merayakan persahabatan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.  Dengan makna yang begitu dalam dan positif, lagu Sahabat Sejati menjadi salah satu lagu yang sangat inspiratif dan bermakna untuk didengarkan oleh semua orang, terutama oleh mereka yang memiliki persahabatan yang erat dan tulus.


 4. Buat Aku Tersenyum (07 Des, 2002)

Buat Aku Tersenyum yang diciptakan oleh Sakti mengandung makna yang cukup dalam. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang merasa terpuruk dan tidak bahagia, namun kemudian menemukan kebahagiaan dan harapan dalam dirinya sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain.

Lirik lagu ini menyiratkan bahwa kebahagiaan sejati tidak bisa dicari dengan cara-cara materi atau harta benda, namun justru dapat ditemukan dalam sederhana kehidupan dan dalam kasih sayang yang diberikan oleh orang-orang terdekat. Seperti dalam bait " Karena dirimulah yang sanggup mengerti aku, dalam susah ataupun senang.”

Lagu Buat Aku Tersenyum juga menyiratkan bahwa terkadang kita butuh seseorang untuk menyadarkan kita dari keterpurukan, seperti dalam bait lagu " Bila 'ku lelah tetaplah di sini, jangan tinggalkan aku sendiri, bila 'ku marah biarkan kubersandar, jangan kau pergi untuk menghindar." Duh, romantisnya.


5. Yang Terlewatkan (Menentukan Arah, 2018)

Penyesalan selalu menyesakkan. Lagu yang diciptakan Eross untuk album keenam Menentukan Arah ini pun menggambarkan hal tersebut dengan sempurna.
Lagu ini menceritakan sebuah rasa yang terlambat disadari oleh seseorang, dan saat ini dia merasa menyesal karena tidak memperhatikan atau menghargai pasangannya sebelumnya.

Lirik lagu dan ritmenya menggambarkan perasaan penyesalan dan rasa kehilangan yang mendalam. Salah satu liriknya berbunyi, “Kesalahanku melewatkanmu, hingga kau kini dengan yang lain, maafkan aku. Namun tak memulu soal penyesalannya, ada juga ketegaran dan mengiklaskan kenangan. Seperti dalam lirik di akhir lagu ini, “Jika berulang kembali, kau tak akan terlewati. Segenap hati ku cari, dimana kau berada.”

Sembari menikmati lagu-lagu tak terlupakan dan penuh makna dari Sheila on 7, Genhype dapat melihat-lihat sejumlah aksi panggung living legend tersebut dalam dokumentasi fotografi Hypeabis.id yang dapat diakses dalam kanal Kilas Foto. Begitu juga dengan rangkaian konser musik lainnya. 
 

Kilas Foto

Kilas Foto


Baca juga: Cek 7 Lagu Galau Sheila on 7, Cocok Jadi Playlist Patah Hati

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Siap-siap, Kim Soo-hyun Bakal Sapa Penggemar Lewat Fan Meeting di Jakarta Akhir Pekan Ini

BERIKUTNYA

Enggak Cuma Andalkan Rem Tangan, Begini Cara Aman Parkir Kendaraan di Tanjakan atau Turunan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: