Tertawa membuat tubuh lebih sehat (Sumber gambar: pexels/ Elevate)

Asal Usul Hari Tawa Sedunia & Manfaatnya Bagi Kesehatan

07 May 2023   |   20:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

2. Kesehatan Jantung & Kardiovaskular

Kegiatan tertawa juga ternyata memiliki manfaat baik bagi jantung dan sistem kardiovaskular dalam tubuh seseorang. Seperti yang telah disebutkan, sistem sirkulasi darah seseorang yang membaik saat tertawa menjadi alasannya.

Sirkulasi dapat menjadi lebih baik lantaran jantung seseorang akan terlatih saat tertawa. Kemenkes menuliskan otot diafragma seseorang dapat terlatih dan terjadi kontraksi otot perut serta bahu ketika seseorang tertawa. Kondisi ini dapat membuat sensasi relaks muncul.


2. Daya Tahan Tubuh & Bakar Kalori

Tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh lantaran aktivitas itu dapat meningkatkan kadar saliva immunoglobulin A. Komponen dalam tubuh ini memiliki fungsi antibodi yang penting guna melawan serangan infeksi dan bakteri berbahaya bagi tubuh.

Sementara itu, tertawa juga dapat membuat seseorang mengurangi kadar kalori dalam tubuh. Kemenkes menuliskan sebanyak 10 – 40 kalori akan dibakar oleh tubuh setiap hari ketika seseorang tertawa selama 15 menit.

Jantung dan otot sekitar dada dan perut seseorang akan bekerja 10 – 20 persen lebih keras saat seseorang tertawa. Dengan begitu, maka kalori yang ada dalam tubuh akan terbakar mengingat kerja jantung dan otot membutuhkan energi.
 

4. Memperbaiki Daya Ingat

Kementerian Kesehatan menuliskan bahwa sebuah studi di Universitas Loma Linda, Kalifornia,  Amerika Serikat mengungkapkan tertawa dapat memperbaiki daya ingat seseorang. Penelitian yang melibatkan banyak orang dengan usia yang berbeda-beda menunjukkan seseorang dapat lebih mudah mengerjakan sebuah soal sesudah menonton video lucu.

Kondisi itu dapat terjadi karena humor dan tertawa dapat merangsang gelombang gamma dalam otak, sehingga memperkuat kemampuan seseorang dalam berpikir.

Baca juga: Inilah 5 Resep Rahasia Sehat & Bahagia Luna Maya

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Cek Jadwal Timnas Esports di SEA Games 2023, Mulai Game Valorant hingga Mobile Legends

BERIKUTNYA

3 Musisi dari Indonesia, Thailand, & Korea Ini Bakal Gelar Konser di Jakarta, Siapa Saja Mereka?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: