Maliq & D'Essentials. (Sumber gambar: Jagjag dan Northstar Entertainment)

Maliq & D'Essentials Siapkan Pertunjukan Spesial untuk Konser Ulang Tahun ke-20

07 May 2023   |   07:14 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kurang dari dua minggu, grup musik Maliq & D'Essentials akan menggelar konser tunggal merayakan hari jadi yang ke-20 tahun. Konser tersebut akan dihelat pada 14 Mei 2023 di Hall B3 dan C3 JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Dalam konsernya nanti, Maliq & D'Essentials akan menyuguhkan pertunjukan musik spesial untuk para penggemarnya.

Konser tunggal perdana ini tentu bukanlah penantian biasa bagi penggemar maupun bagi Maliq & D'Essentials sendiri. Sang vokalis, Angga Puradiredja, mengatakan selain membawakan konsep panggung yang diharapkan bisa mempresentasikan masa lalu dan sekarang dengan maksimal, mereka juga tak main-main dalam menentukan daftar lagu untuk konser nanti. 

Baca juga: Konser 20 Tahun Maliq & D'Essentials Dihelat Mei 2023, Simak Cara Beli Tiketnya

Oleh karena itu, para personel pun melakukan latihan secara intens serta mempersiapkan mental agar semua yang direncanakan bisa terkoneksi dengan baik pada perhelatan konser nanti. 

“Kami fokus jangan sampai dragging dari mulai pembukaan, pertengahan, gimmick, hingga ending. Kami ingin mengoptimalkan konser ini dengan memilih lagu-lagu yang menurut kami enak, sering diminta, dan jarang dibawakan,” kata Angga dalam keterangan resminya.

Angga juga menuturkan dalam konser ini, pihaknya ingin mewujudkan apa yang banyak orang bayangkan tentang karier band selama ini. "Harapannya lewat konser ini penonton bisa pulang membawa cerita yang indah, mendapatkan rasa yang lebih hangat, punya bayangan dan rasa yang baru, serta lebih cinta lagi sama kami," jelasnya.
 

Dia pun memastikan pesona Maliq & D'Essentials yang atraktif setiap membawakan lagu-lagu di atas panggung dengan koreografi yang ikonik tetap akan hadir dalam pertunjukan kali ini. Hanya saja, di konser nanti, akan terjadi penyesuaian akibat perubahan aransemen musik lagu-lagu yang bakal dibawakan.

Diakui oleh Angga konser ini menjadi penutup 20 tahun catatan bermusik yang pernah tercipta oleh Maliq & D'Essentials untuk menyambut lembaran yang baru. Sebelum memasuki era yang berikutnya, band pun siap mengenang energi zaman dulu ketika baru pertama terbentuk, semangat berjuang yang sangat berkesan, melalui sebuah persembahan konser spesial.

“Sekarang kami melihat sudah banyak perbedaan dari 20 tahun yang lalu. Kami juga siap untuk mengembangkan hal-hal di luar Maliq yang tetap bermuara di musik. Kami melihat lewat musik kami berkembang sebagai manusia, sebagai musisi, maupun entrepreneur. Kita lihat setelah konser ini seperti apa,” ucap Angga.

Tak hanya berenam, dalam konsernya nanti, Maliq & D'Essentials juga akan menampilkan tamu spesial yakni musisi Indra Lesmana, termasuk mengajak dua pemain tambahan yang akan menemani Ilman dalam set keyboard. Selain itu, band juga akan menyiapkan string section demi menambah kemegahan pertunjukan.

 

Maliq & D'Essentials (Sumber gambar: Jagjag dan Northstar Entertainment)

Sebagai informasi, Maliq & D'Essentials merupakan grup musik beraliran jazz yang dibentuk pada 2002. Nama Maliq  merupakan kependekan dari Music And Live Instrumental Quality. Sejak penampilan pada pergelaran Jakarta International Jazz Festival 2005, popularitas mereka sebagai grup musik semakin meningkat terutama di kalangan anak muda Jakarta.

Maliq & D'Essentials awalnya digawangi oleh 9 personel. Perjalanan karier mereka sebagai musisi diawali dengan menjadi band cafe di sebuah pub kecil dalam hotel berbintang lima di Jakarta, di mana mereka memainkan musik-musik yang pada waktu itu belum terlalu lazim diusung di kalangan anak muda pada umumnya.

Kini setelah 15 tahun berdiri, mereka semakin kompak meski hanya menyisakan 6 personel yang terdiri dari Angga Puradiredja (vokal), Rivani Indriya Suwendi (vokal), Dendy Sukarno (bass), Widi Puradiredja (drum), Arya Aditya Ramadhya (gitar), dan Ilman Ibrahim (keyboard & piano).

Meski kerap dianggap sebagai grup musik jazz, karya-karya yang diusung Maliq & D'Essentials sejatinya menyentuh berbagai jenis genre seperti soul, funk, rock, blues, dan lain-lain. Mereka kerap menyebutnya sebagai Organic Music atau musik yang organik.

Selama 20 tahun berkarier, Maliq & D'Essentials telah merilis sejumlah album, yakni 1st (2005), Free Your Mind (2007), The Beginning Of A Beautiful Life (2010), Sriwedari (2013), Musik Pop (2014), Senandung Senandika (2017), dan beberapa album mini, Mata Hati Telinga (2009), 25 Tahun Mcdonald's Indonesia (2017), dan Raya (2021).

Baca juga: Cek Agenda Konser Mei 2023, Ada Sheila on 7 hingga Babymetal

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Jadi Olahraga Populer, Kenali Beberapa Tahapan Latihan Renang untuk Pemula

BERIKUTNYA

Rumor Konser Semakin Kuat, Billboard Coldplay Bermunculan di Tengah Kota Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: