Supertunica Raja Charles III. (Sumber gambar : Royal Uk)

Intip 5 Aksesoris Bersejarah yang Dipakai dalam Penobatan Raja Charles III

06 May 2023   |   15:54 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

3. Mantel Kekaisaran 

Mantel Imperial atau Mantel Kekaisaran dikenakan di atas Supertunica dan desainnya lebih mirip dengan jubah. Raja Charles III kembali menggunakan Mantel Kekaisaran yang sudah dibuat sebelumnya untuk penobatan Raja George IV pada 1821, dan juga dikenakan Raja George V, Raja George VI, dan Ratu Elizabeth II. Ini adalah jubah tertua yang digunakan dalam layanan penobatan.

Mantel Kekaisaran terbuat dari kain benang emas, emas, perak, dan sutra. Pinggirannya dilapisi emas batangan dan gespernya juga terbuat dari emas. 

Kain emas ditenun dengan membentuk simbok mawar, thistles, shamrocks, mahkota, elang, dan fleurs-de-lis. Gesper emas berbentuk elang melengkapi tampilannya dalam bentuk ampulla atau bejana yang akan menjadi tempat menyimpan minyak Krisma.

Mantel Kekaisaran dibuat oleh penjahit John Meyer pada 1821 dan Royal Goldsmiths untuk George IV. Rundell, Bridge dan Rundell memasok gesper elang emas.


4. Girdle

Juga dikenal sebagai Sabuk Pedang Penobatan terbuat dari kain emas, dan disulam dengan benang emas dengan arabesque dan gulungan. Itu dilapisi dengan sutra merah tua, dengan gesper emas yang dicap dengan lambang nasional (mawar, thistles, dan shamrocks) serta klip emas untuk memasang Pedang Persembahan Permata di tempatnya.

Selama layanan penobatan, sabuk pedang ditempatkan di sekitar Supertunica. Pedang Persembahan Permata kemudian diikat di pinggang Sovereign menggunakan Sabuk Pedang. Uskup Agung mempersembahkan pedang kepada paja sambil mengatakan bahwa itu harus digunakan untuk perlindungan kebaikan dan hukuman kejahatan. Pedang kemudian dipindahkan dan ditempatkan di altar di Westminster Abbey, sebelum sang raja disematkan dengan Mantel Kekaisaran.

Secara historis Sabuk Pedang disediakan baru oleh Worshipful Company of Girdlers untuk setiap penobatan. Raja Charles III memilih untuk menggunakan kembali Sabuk Pedang yang dibuat untuk penobatan kakeknya, Raja George VI, pada 12 Mei 1937.


5. Sarung Tangan Penobatan 

Raja Charles III memutuskan untuk menggunakan kembali Sarung Tangan Penobatan yang dibuat untuk kakeknya, Raja George VI, demi kepentingan keberlanjutan dan efisiensi. Sarung tangan itu dipersembahkan oleh Worshipful Company of Glovers, dibuat oleh Dents the Glovemakers, dan disulam oleh Edward Stillwell & Company pada 1937. 

Sarung tangan dipakai untuk memegang Tongkat Penguasa selama penobatan dan kemudian dilepas sebelum diproses ke Kursi Tahta. Pada upacara penobatan hari ini, Sarung Tangan Penobatan akan diberikan kepada Raja Charles III oleh Lord Indarjit Singh dari Wimbledon.

Sarung tangan terbuat dari kulit putih dan pergelangannya  disulam dengan benang logam emas, kawat dan spangles dalam bentuk lambang nasional termasuk Tudor rose, thistle, shamrock, daun ek, dan biji ek. Bagian belakang tangan dengan coronet adipati bersulam beludru merah di atas lambang keluarga Adipati Newcastle. Pergelangan tangan dilapisi dengan satin merah.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 
1
2


SEBELUMNYA

Cek 5 Fakta Menarik Film Horor Evil Dead Rise, Sudah Tayang di Bioskop Indonesia

BERIKUTNYA

Menengok Kari Termahal di Dunia untuk Penobatan Raja Charles III, Berlapis Daun Emas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: