Timnas Indonesia U-22 (Sumber gambar: instagram.com/PSSI)

Indonesia Kalahkan Myanmar, Berikut Klasemen Terbaru Grup A SEA Games 2023

04 May 2023   |   18:29 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Timnas Indonesia U-22 kembali meraih hasil positif pada laga lanjutan Grup A SEA Games 2023. Tim asuhan Indra Sjafri mampu menekuk Timnas Myanmar U-22 dengan skor meyakinkan 5-0. Hasil ini membuat Indonesia kembali merebut posisi puncak klasemen Grup A dari Kamboja.

Myanmar sebenarnya tampil cukup baik pada awal-awal pertandingan. Mereka mengambil inisiatif menyerang dan sempat merepotkan lini belakang Indonesia. Namun, tak butuh waktu lama bagi Indonesia untuk menemukan pola permainan terbaiknya.

Timnas Indonesia yang tampil mendominasi beberapa kali menciptakan peluang emas ke gawang Myanmar. Dominasi Indonesia akhirnya membuahkan gol pada menit ke-19. Gol pertama Garuda Muda tersebut diciptakan oleh Marselino Ferdinan.

Gelandang klub Belgia KMSK Deinze itu mencetak gol usai melepaskan tendangan setengah voli dari luar kotak pinalti. Phyo Thu, kiper Myanmar, telat mengantisipasi tendangan tersebut dan membuat Timnas Indonesia unggul sementara.

Sepuluh menit berselang, Indonesia berhasil menggandakan keunggulan setelah Shin Thant Aung melanggar Marselino Ferdinan di kotak penalti. Ramadhan Sananta yang dipercaya mengeksekusi penalti memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik dan membuat Indonesia unggul dengan skor 2-0.

Skor ini bertahan hingga babak pertama selesai. Pada babak kedua, Timnas Indonesia belum mengendurkan serangan mereka. Pesta gol bahkan terjadi pada babak kedua ini. Ada tiga gol yang berhasil dilesakkan tim Indonesia dan unggul dengan skor telak. Tiga gol tambahan ini diciptakan oleh Ramadhan Sananta, Fajar Fathur Rahman, dan Titan Agung.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PSSI (@pssi)



Dengan kemenangan besar ini, Indonesia cukup nyaman berada di puncak klasemen. Meraih dua kali kemenangan dari dua pertandingan membuat Indonesia kini mengoleksi enam poin. Sementara itu, Kamboja yang tadinya berada di puncak klasemen harus turun peringkat karena baru mengumpulkan empat poin dari dua pertandingan.

Myanmar yang baru mengalami kekalahan telak dari Indonesia masih berada di peringkat ketiga dengan raihan tiga poin. Namun, posisi Myanmar sedikit terancam dan berpotensi turun peringkat. Sebab, pada hari ini (19.00 WIB) Timor Leste dan Filipina juga akan bertanding. Jika Filipina mampu mengalahkan Timor Leste, mereka kemungkinan akan menggeser posisi Myanmar.

Saat ini Filipina baru meraih satu poin dari dua pertandingan yang sudah dilaluinya. Oleh karena itu, jika Filipina mampu mendapatkan tiga poin dari pertandingan malam ini, mereka akan menempati posisi ketiga dengan raihan empat poin. Bahkan, sangat mungkin menggeser Kamboja dari posisi kedua jika mereka pesta gol ke gawang Timor Leste.

Begitu pun sebaliknya, jika Timor Leste berhasil mengalahkan Filipina dengan skor yang meyakinkan, bukan tidak mungkin posisi Myanmar akan tergesar. Jika Timor Leste menang, mereka akan mendapatkan tiga poin dan menyamai perolehan Myanmar. Maka, tinggal hitung-hitungan gol untuk menentukan siapa yang berhak berada di posisi lebih baik untuk sementara waktu.

Berikut adalah hasil klasemen sementara Grup A cabor sepak bola SEA Games 2023 (per 04/05/2023 pukul 18.00 WIB)

Tim = Poin
1 Indonesia = 6
2 Kamboja = 4
3 Myanmar = 3
4 Filipina = 1
5 Timor Leste = 0


Reviu Pertandingan Grup A Cabor SEA Games


Sejauh ini, pertandingan di Grup A cabor sepak bola SEA Games terbilang cukup seru. Ada sejumlah pertandingan yang hasilnya cukup mengejutkan. Hal ini membuat persaingan di Grup A jadi lebih ketat dan sulit tertebak.

Timnas Indonesia sebagai salah satu tim yang diunggulkan di Grup A cukup bermain impresif sepanjang turnamen. Pada pertandingan pertama, Indonesia bertemu dengan Filipina. Pertandingan yang berlangsung pada 29 April lalu itu dimanfaatkan dengan baik oleh skuad Garuda Muda.

Tak tanggung-tanggung, Indonesia berhasil menekuk Filipina dengan skor 3-0. Tiga gol Garuda Muda ini diciptakan oleh Marselino Ferdinan, Irfan Jauhari, dan Fajar Fathur Rahman.

Kemudian, pada hari yang sama, Kamboja yang menjadi tuan rumah pada ajang SEA Games kali ini juga meraih hasil positif. Mereka berhasil mengalahkan Timor Leste dengan skor 4-0.

Namun, sayang seribu sayang, Kamboja gagal mempertahankan performa apiknya. Kamboja hanya mampu
bermain imbang saat melawan Filipina pada pertandingan keduanya pada Selasa (2/5). Filipina yang kalah dengan skor 3-0 saat melawan Indonesia di luar dugaan bisa menahan seri tim tuan rumah Kamboja.

Sementara itu, Timor Leste yang sudah kalah pada pertandingan pertama juga harus kembali menelan kekalahan pada laga keduanya. Timor Leste harus mengakui keunggulan Myanmar dengan skor tipis 1-0.

Adapun pada hari ini, Timnas Indonesia lagi-lagi berhasil meraih hasil positif. Tim asuhan Indra Sjafri ini mengalahkan Myanmar dengan skor 5-0 dan membuat Indonesia kokoh di puncak klasemen.

Walaupun demikian, posisi Timnas Indonesia U-22 bisa dibilang belum aman. Sebab, setelah pertandingan melawan Myanmar, tim asuhan Indra Sjafri ini masih harus menghadapi dua pertandingan lain yang tak kalah penting.

Setelah ini, Garuda Muda akan bersiap untuk melawan Timnas Timor Leste pada 7 Mei 2023. Pada pertandingan ini, Timnas Indonesia tidak boleh tergelincir. Kemenangan saat melawan Timor Leste akan membuka kesempatan menjadi juara Grup A.

Baca juga: Timnas Indonesia U-22 Targetkan Rebut Emas SEA Games 2023

Kemudian, pada laga terakhir, Timnas Indonesia U-22 akan melawan Kamboja pada 10 Mei 2023. Laga terakhir ini terbilang cukup berat. Sebab, Indonesia harus melawan tim tuan rumah yang dalam beberapa tahun terakhir ini, persepakbolaannya cukup mengalami kemajuan pesat.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Wirausaha Sosial, Yuk Daftar Kompetisi Ini & Rebut Hibah Hingga SGD250.000

BERIKUTNYA

HONNE Konfirmasi Konser di Jakarta Juli 2023, Cek Harga Tiketnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: