Timnas Indonesia U-22 (Sumber gambar: PSSI)

Timnas Indonesia U-22 Targetkan Rebut Emas SEA Games 2023, Pelatih Minta Pemain Tak Jemawa

06 April 2023   |   15:15 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Timnas Indonesia U-22 percaya diri menghadapi SEA Games 2023 di Kamboja. Tim Garuda Muda yang tergabung dalam Grup A memasang target tinggi pada turnamen ini. Tak tanggung-tanggung, mereka ingin membawa medali emas kembali lagi ke Indonesia setelah melakukanya terakhir kali pada SEA Games 1991.

Tim Garuda Muda memang sudah terlalu lama puasa gelar. Prestasi terbaik mereka adalah menjadi juara kedua pada SEA Games 2019. Namun, raihan positif itu tak berlanjut pada SEA Games edisi selanjutnya. Pada SEA Games 2021, Indonesia justru harus berpuas mendapatkan juara ketiga saja.

Baca juga: Timnas Indonesia Terhindar Grup Neraka di Sea Games 2023, Mampukah Lolos ke Final?

Pada SEA Games edisi kali ini, Indonesia akan tergabung di dalam Grup A bersama Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Dengan kekuatan penuh, Indonesia siap bersaing untuk lolos ke babak selanjutnya dan menjadi juara.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, Indonesia akan menurunkan skuad U-22 yang sudah siap temput. Meski situasi sepak bola nasional masih dibayangi ancaman sanksi FIFA, PSSI berharap Timnas Indonesia tetap dapat tampil pada ajang multievent Asia Tenggara tersebut.

“Bismillah. Tidak ada lawan yang mudah. Kita mesti berjuang keras untuk mdapat menuntaskan misi merebut emas SEA Games,” kata Erick dikutip Hypeabis.id dari laman resmi PSSI, Kamis (6/4/2023).

Erick berharap Indonesia bisa tampil maksimal pada ajang SEA Games 2023 ini dan kembali merebut Emas. Indonesia ingin kembali mengulang sejarah setelah terakhir kali melakukannya di Manila pada ajang SEA Games 1991.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PSSI (@pssi)



Sementara itu, Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri mengatakan skuad Garuda Muda sudah siap tempur mengarungi laga Grup A. Untuk melengkapi komposisi pemain, dirinya akan memanggil sejumlah pemain tambahan.

“Kami juga memanggil sejumlah pemain U-20 untuk ikut pemusatan latihan. Setelah melihat drawing, saya selalu bicara dengan pemain, siapa pun lawannya, kita harus fokus dan waspada,” ucapnya.

Menurut Indra, pihaknya tidak ingin meremehkan lawan-lawan yang akan dihadapinya pada Grup A. Sebab, sepak bola selalu punya kejutannya sendiri dan saat ini negara-negara di Asia Tenggara sudah banyak yang berbenah.

Di sisi lain, SEA Games juga termasuk kompetisi yang memiliki jadwal yang padat.Indra lantas menyoroti kemajuan Timnas Kamboja. Perkembangan kualitas sepak bola mereka sudah jauh lebih baik dibanding sebelumnya. Apalagi, mereka juga menjadi tuan rumah pada ajang ini.

Terlepas dari hasil drawing, Indra mengaku ingin fokus pada persiapan tim jelang ajang bergengsi di Asia Tenggara ini. Menurut dia, saat ini bukan waktu yang tepat untuk berandai-andai dan memiirkan hal terlalu jauh.

Pihaknya akan fokus menyelesaikan empat pertandingan pada babak penyisian grup terlebih dahulu. Setelah itu, mereka akan fokus pada semifinal. Selanjutnya, lolos final dan meraih hasil terbaik.

“Insyaallah dengan persiapan yang baik, tim U-22 bisa mencapai target yang diinginkan. Tentu mohon doa dari semua masyarakat Indonesia, mudah-mudahan apa yang kita impikan bisa tercapai, yakni medali emas,” tambahnya.

SEA Games 2023 akan digelar pada 5-17 Mei 2023. Namun untuk cabang olahraga sepak bola bakal dimulai lebih dulu pada 29 April 2023.

Baca juga: Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Tugas untuk Benahi Sepak Bola Indonesia Menumpuk

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Sutradara Beberkan 5 Hal Menarik dalam Drakor Call It Love

BERIKUTNYA

Suga BTS Ditunjuk Jadi Duta NBA, Menggabungkan Basket dan K-Pop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: