Film Ngeri-Ngeri Sedap (Sumber gambar: Instagram.com/ngeringerisedapmovie)

Bangga! Ngeri-Ngeri Sedap Tampil di Beijing International Film Festival 2023

30 April 2023   |   17:49 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Sudah sukses selama penayangan perdana pada Juni 2022, film Ngeri-Ngeri Sedap masih menjadi perbincangan. Walaupun telah dirilis hampir satu tahun yang lalu, film ini makin menunjukkan eksistensinya. Bahkan, film berdurasi 114 menit itu dilirik oleh para pencinta film dunia, lewat platform dan festival film internasional. 

Terbaru, film besutan sutradara Bene Dion dan hasil produksi Visionari Film Funds bersama Imajinari itu mejeng di Negeri Panda. Bukan sekedar tampil di layar bioskop, Ngeri-Ngeri Sedap diputar di ajang film berkelas seperti Beijing International Film Festival. Film ini memang telah malang melintang hingga diangkat dalam judul berbahasa Inggris bertajuk Missing Home. 

Baca juga: Film Ngeri-Ngeri Sedap Mewakili Indonesia di Ajang Oscar 2023, Begini Proses Seleksinya

Sesuai judulnya, film ini mengisahkan cerita kerinduan yang terkait dengan rumah atau tempat berpulang. Dengan premis sederhana, Bene Dion berhasil menyihir penonton secara emosional dengan sekelumit konflik yang menyentuh antara anak dan orang tua di dalam keluarga. 

Film ini juga mendapatkan respons yang positif dari para pencinta film dalam negeri. Hal ini terbukti dengan raihan total 2,8 juta penonton per Agustus 2022. Dengan jumlah tersebut, Ngeri-Ngeri Sedap termasuk dalam salah satu film terlaris di Indonesia sepanjang masa, menempati posisi ke-16. 

Menariknya lagi, film dengan penata musik Viky Sianipar ini menjadi satu-satunya film dari Asia Tenggara yang diputar untuk Beijing International Film Festival 2023. Siapa sangka, film yang ditayangkan pada 26 April 2023 itu berhasil menyedot atensi insan film Beijing hingga sineas internasional. Ini menandai langkah industri film Indonesia yang terus berdetak di kancah internasional. 
 

Ngeri-Ngeri Sedap membawa sejumlah nama dari kalangan aktor hingga komedian berdarah suku Batak. Mereka juga sudah kerap mejeng dalam dunia film Tanah Air. Sebut saja Arswendy Bening Swara yang berperan sebagai Pak Domu, Tika Panggabean memerankan Mak Domu, Boris Bokir sebagai Domu, Gita Bhebhita sebagai Sarma, Indra Jegel sebagai Sahat, serta Lolox sebagai Gabe, dan masih banyak pemeran lainnya.

Film yang diproduseri Dipa Andika ini berakar dari sebuah kerinduan orang tua dengan anak-anaknya yang merantau. Pak Domu dan Mak Domu, pasangan orang tua dari keluarga Domu sangat menginginkan anaknya berkunjung ke rumah di tanah kelahiran mereka. Tiga anak mereka, Domu, Gabe, dan Sahat sudah lama tak pulang karena kesibukan masing-masing. Mereka diminta pulang oleh orang tuanya dengan dalih ada acara adat yang harus dilakukan.

Namun, ketiganya merasa sangat sulit untuk menerima permintaan pulang dari keluarga di kampung. Alasannya, hubungan mereka dengan Pak Domu ternyata tak harmonis. Dengan segala cara Mak Domu akhirnya bisa memaksa ketiganya pulang dan berkumpul di rumah. Pasangan ini sepakat untuk berpura-pura bercerai, sehingga para anak terdesak pulang karena melihat suatu konflik.

Bene Dion bukan hanya duduk sebagai sutradara dalam film ini. Bisa dikatakan, Ngeri-Ngeri Sedap merupakan karya yang hampir komplet mengambil bagiannya. Film dengan genre komedi yang menyayat hati ini ditulis juga oleh komika tersebut.

Tak ayal, film tersebut menghantarkan komedian ini menjadi sutradara dan penulis skenario terbaik versi Festival Film Wartawan Indonesia 2022. Bahkan Bene Dion juga memenangkan kategori penyutradaran terpilih dan penulisan skenario asli terpilih pada ajang Piala Maya 2022.

Baca juga: Cek Daftar Lengkap Pemenang Piala Maya 2023 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Keseruan Ngopi sambil Main Bareng Kucing-Kucing Lucu di Kopi Cat Café by Groovy

BERIKUTNYA

Lucunya 3D Art Latte Berbentuk Kucing di Kopi Cat Cafe by Groovy, Begini Cara Buatnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: