Kopi Cat Cafe by Groovy (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Keseruan Ngopi sambil Main Bareng Kucing-Kucing Lucu di Kopi Cat Café by Groovy

30 April 2023   |   16:43 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Bagi para pecinta hewan, mungkin sudah tak asing lagi dengan pet cafe. Tempat itu umumnya menawarkan pengalaman bersantap sambil berinteraksi dengan hewan lucu dan menggemaskan. Hewan yang tersedia juga beragam mulai dari kucing, anjing, atau bahkan hewan unik seperti rakun dan kadal. 

Salah satu pet cafe yang ada di kawasan Jakarta adalah Kopi Cat Cafe by Groovy. Tempat ini memfasilitasi para pengunjungnya untuk bermain dan berinteraksi bersama kucing-kucing lucu dengan berbagai karakter unik. Juda Adisusanto, CEO Groovy, mengatakan bahwa menyayangi hewan peliharaan dapat memperpanjang usia, meredakan stres, bahkan memulihkan depresi. 

"Di kafe ini pengunjung bisa menikmati makanan ringan dan minuman dingin maupun hangat, bersama kucing-kucing nan lucu seperti sedang di rumah sendiri," ujarnya. 

Baca juga: Dari Mengeong hingga Menggeram, Kenali 7 Jenis Suara Kucing & Artinya
 

Kucing-kucing di Kopi Cat Cafe (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Kucing-kucing di Kopi Cat Cafe (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Saat ini ada sekitar 44 kucing, 20 di cabang Bintaro dan 24 di Kemang, Jakarta Selatan. Pengunjung bisa memegang, menyayangi, serta memberi snack kepada kucing yang ada. Kafe kucing juga bisa membuka pengalaman baru bagi para tamu untuk menyayangi kucing yang sehat, bersih, dan terawat, sambil menikmati aneka hidangan yang sederhana tapi unik.

Untuk memasuki cafe kucing, pengunjung harus memakai alas kaki yang sudah disediakan. Tak lupa menyemprotkan hand sanitizer sebelum masuk supaya area kucing tetap terjaga kebersihannya. Lilin, salah satu staf Kopi Cat Cafe Bintaro memaparkan kafe ini mulai beroperasi mulai jam 9 pagi sampai jam 9 malam.

"Semuanya ada 24 kucing, tapi keluarnya bergantian bisa sekitar 12-15 kucing, yang lainnya makan dan istirahat di kandangnya," katanya. 

Kucing Sphinx (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Kucing Sphinx (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Mulai pukul 8 pagi, kucing-kucing sudah di grooming yakni disisir bulunya, dipotong kukunya, dibersihkan kupingnya, dan dimandikan 2 minggu sekali. Kucing yang ada di sini beragam jenisnya, seperti british shorthair, munchkin, maine coon, persia, sphinx, scottish straight, ada juga kucing domestik asli Indonesia.

"Kucing maine coon yang namanya Bertha ini karakternya manja tapi dia enggak mau dipangku dan digendong," kata Lilin.
Ada juga Shy, kucing persia betina yang pemalu dan Nyai, kucing Sphinx betina yang cantik memakai sweater rajut.

Lebih lanjut Lilis memaparkan, semua kucing di sini sehat dan terawat dengan baik. Kalaupun ada yang mati, itu disebabkan usianya mulai menua. "Kucing-kucing yang sudah mati akan dikremasi dan abunya disimpan di kotak dan dipajang di kafe untuk mengenang mereka," kata Wina salah satu staf di pet cafe itu. 

Saat bermain bersama kucing-kucing, ada aturan yang harus diikuti pengunjung. Di antaranya tidak boleh membangunkan kucing tidur, tidak boleh menggunakan flash, berbicara dengan pelan, tidak boleh mengangkat atau menggendong kucing, tidak boleh memberikan makanan dan minuman manusia, dan tidak boleh menarik buntut, kumis, telinga, atau bulu kucing.

Untuk berkunjung ke Kopi Cat Cafe by Groovy pengunjung harus membuat reservasi melalui situs web. Harga tiket masuk dihitung per jam Senin-Jumat Rp60.000, Sabtu-Minggu dan libur nasional Rp70.000. Pengunjung juga bisa memesan minuman dan makanan dengan tema kucing yang unik dan menarik mulai dari kisaran harga Rp15.000-Rp80.000. 

Baca juga: 5 Mitos dan Fakta tentang Kucing yang Banyak Salah Paham

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Diperingati Setiap 1 Mei, Cek Sejarah dan Tema Hari Buruh Internasional 2023

BERIKUTNYA

Bangga! Ngeri-Ngeri Sedap Tampil di Beijing International Film Festival 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: