Cuplikan film Ngeri-Ngeri Sedap (Sumber gambar: Imajinari)

Film Ngeri-Ngeri Sedap Mewakili Indonesia di Ajang Oscar 2023, Begini Proses Seleksinya

13 September 2022   |   15:09 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Film Ngeri-Ngeri Sedap karya sutradara dan penulis skenario Bene Dion Rajagukguk terpilih untuk mewakili Indonesia mengikuti kompetisi Academy Awards ke-95, kategori Film Fitur Internasional (The International Feature Film Award). 

Film bergenre drama dengan sentuhan komedia ini dipilih oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022. Komite itu terdiri dari para profesional dan pengamat perfilman, yang menyeleksi daftar film lokal untuk maju ke Academy Awards yang berlangsung pada 12 Maret 2023 mendatang.

Komite tersebut beranggotakan sembilan tokoh perfilman yang diketuai oleh Deddy Mizwar. Nama-nama lain yang terlibat dalam penyeleksian film Indonesia untuk Oscar adalah Zairin Zain, Armantono, Casa David Luckmansyah, Garih Nugroho, Ilham Bintang, Niniek L Karim, Slamet Rahardjo, dan Yadi Sugandi. 

Baca juga: Angkat Kisah Keluarga Batak, Simak Fakta Menarik Film Ngeri-Ngeri Sedap 


Proses Seleksi 

Menurut Deddy Mizwar, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebuah film agar dapat mengikuti Piala Oscar. Salah satunya adalah film itu sudah pernah dipertunjukkan di bioskop selama seminggu secara berturut-turut, serta belasan lagi persyaratan teknis lainnya. 

Dia mengungkap komite yang dipimpinnya bekerja dalam tenggat waktu sebulan, setelah memberi undangan terbuka kepada sineas Indonesia yang ingin mendaftarkan filmnya untuk masuk seleksi Oscar Indonesia pada 5 Agustus 2022.

Terpisah, Zairin Zain selaku sekretaris dan pihak panitia penyelenggara seleksi, mengatakan bahwa total ada sebelas judul film yang dikirimkan oleh sutradara dan sineas Indonesia untuk mengikuti ajang Academy Awards tahun depan. 

"Total ada 11 film yang dikirim, saya tidak bisa merinci karena lupa. Seleksi ini sifatnya juga undangan terbuka atau open call," katanya pada Hypeabis.id, Selasa, (13/9/2022). 

Baca juga: Film Yuni Terpilih Wakili Indonesia di Piala Oscar 2022  

Setelah disaring, katanya, komite kemudian mempertunjukkan film-film hasil seleksi secara khusus di Studio XXI di Plaza Senayan, yang dimulai Senin (12/9) pagi hingga petang. Tahapan seleksi kemudian dilanjutkan dengan diskusi seluruh anggota juri.

Dari sembilan anggota komite, hanya Garin Nugroho dan Yadi Sugandi yang tidak dapat hadir dalam diskusi secara langsung. Kemudian tujuh dari sembilan anggota itu secara aklamasi memutuskan memilih film Ngeri-Ngeri Sedap untuk mewakili Indonesia di ajang Piala Oscar. 

"Inilah maksimal yang dihasilkan komite seleksi Oscars Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film itu bisa berjaya di ajang Oscar," kata Deddy. 
 

Film Fitur Internasional 

Sekadar informasi, setiap tahun Academy of Motion Picture Arts and Sciences memberikan penghargaan untuk film panjang yang diproduksi di luar Amerika Serikat yang sebagian besar berisi dialog non-inggris. 

Indonesia sendiri telah mengikuti ajang Academy Awards pertama kali untuk kategori Film Fitur Internasional Terbaik pada tahun 1987, lewat film Nagabonar yang disutradarai MT Risyaf dengan pemain utama Deddy Mizwar dan Nurul Arifin.

Kendati begitu, sejauh ini film Indonesia belum pernah ada yang berhasil memboyong pulang piala Oscar dari kompetisi  bergengsi yang diikuti film-film  di seluruh dunia tersebut.

Sementara itu, film Ngeri-Ngeri Sedap sendiri mengisahkan tentang latar belakang kehidupan keluarga suku Batak yang mengalami disrupsi dalam kehidupan modern di Indonesia.  Berdurasi 1 jam 54 menit film ini dibintangi oleh Arswendy Beningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir Manullang, Gita Bhebhita Butar-butar, Lolox, dan Indra Jegel. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kala Kesyahduan Canggu Terusik Bisingnya Kehidupan Malam

BERIKUTNYA

5 Potensi Kerusakan Ketika Mobil Terendam Banjir

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: