Ilustrasi berjemur di bawah matahari. (Sumber foto: Unsplash/Fleur Kaan)

Sinar Matahari Makin Terik, Ini Perawatan Wajah Sederhana yang Bisa dilakukan di Rumah

28 April 2023   |   14:48 WIB

Teriknya sinar matahari akhir-akhir ini membuat kulit terasa kering dan kusam sehingga membutuhkan perawatan lebih seperti pelembab hingga tabir surya. Menggunakan perawatan kulit yang sesuai dapat mengurangi risiko kulit terbakar bahkan potensi kerusakan kulit lainnya yang lebih fatal.

Merawat kulit kini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian masyarakat. Apalagi sudah banyak produk-produk yang menawarkan kemudahan dalam pemakaiannya sehingga perawatan kecantikan khususnya wajah dapat dilakukan dari rumah.

Baca juga:  Sering Tidak Disadari, Yuk Kenali Gejala Dehidrasi saat Cuaca Panas Melanda Indonesia

Di tengah peringatan kenaikan suhu dan paparan sinar matahari ekstrem, ada beberapa produk yang wajib dipakai untuk membantu perawatan wajah seperti berikut ini:


1. Sabun Cuci Muka

Produk pertama yang wajib dimiliki Genhype adalah sabun cuci muka atau facial wash sebagai tahapan awal perawatan wajah. Produk ini berfungsi untuk membersihkan kotoran atau debu yang menempel di wajah selama berkegiatan di luar rumah.

Pilihlah sabun yang sesuai kebutuhan wajah Genhype misalnya, tipe kulit yang berjerawat gunakan facial wash yang memiliki kandungan asam salisilat, alpha hydroxy acids (AHA), dan vitamin C. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu perawatan jerawat yang ada di wajah karena bermanfaat dalam meredakan kemerahan, menyamarkan bekas jerawat, dan meregenerasi kulit wajah.


2. Toner

Setelah menggunakan facial wash ada baiknya Genhype juga mengaplikasikan toner yang berfungsi untuk melembabkan wajah dan menghilangkan minyak atau sisa make up yang masih menempel.

Ada dua jenis toner yang perlu diketahui sebelum membelinya agar tetap sesuai dengan kebutuhan wajah, pertama, hydrating toner yang mengandung hyaluronic acid, gel lidah buaya, dan vitamin E. Fungsinya untuk melembabkan wajah supaya produk skincare yang digunakan selanjutnya dapat menyerap dengan lebih baik. Kedua, exfoliating toner yang digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan cocok dipakai saat membersihkan makeup. Toner jenis ini memiliki kandungan alpha dan beta hydroxy acids (AHA dan BHA).


3. Pelembab

Terkadang moisturizer dan pelembab dianggap produk yang sama tetapi sebenarnya dari segi manfaat keduanya adalah produk yang berbeda. Moisturizer cocok digunakan untuk wajah yang sedang dehidrasi sehingga mampu melembabkan dan menghidrasi kulit wajah secara bersamaan.

Sedangkan pelembab fokus pada skin barrier yang melindungi kulit dari serbuan debu lingkungan dan mencegah kandungan air di wajah menguap melalui pori-pori.

Kandungan pada moisturizer biasanya mengandung glycerin, lactid acid, lidah buaya, dan madu sementara pelembab mengandung lipid, asam lemak, minyak, dan butter.


4. Tabir Surya

Tabir surya atau sunscreen menjadi hal terpenting dari produk skincare yang wajib dipakai. Genhype disarankan untuk memilih sunscreen yang memiliki zinc oxide di dalamnya karena kandungan itu mampu melawan sinar UVA. Selain itu, kandungan ini mampu meredakan beragam masalah kulit dari yang terkecil seperti jerawat sampai terbesar seperti eksim.

Namun, ada juga hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli sunscreen, yakni kandungan SPF yang melindungi kulit dari bakaran sinar matahari. Minimal SPF yang dipakai adalah 30 sedangkan maksimalnya 50.

Baca juga: Kenali Kadar dan Fungsi SPF di Tabir Surya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

10 Rekomendasi Ucapan untuk Peringati Hari Puisi Nasional

BERIKUTNYA

Sinopsis & 4 Karakter Utama Citadel, Serial Spionase yang Dibintangi Priyanka Chopra

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: